Terbit: 17 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat bekerja, berkumpul, atau bersantai, rasanya tidak lengkap jika kita tidak ditemani minuman. Melakukan aktivitas tanpa ditemani minuman rasanya seperti sayur kurang garam. Ada berbagai jenis minuman yang dapat kita pilih sebagai teman beraktivitas.

cokelat-atau-teh-doktersehat

Beberapa jenis minuman yang banyak dipilih adalah kopi dan teh. Teh sudah menjadi minuman yang sangat dekat dengan aktivitas kita. Dibandingkan dengan kopi, teh lebih memunculkan banyak bentuk produk. Kita dapat memperoleh teh dengan mudah dalam bentuk minuman jadi, kemasan atau dalam bentuk kering yaitu teh celup. Namun kini ada juga jenis minuman yang belakangan ini bersaing dengan teh yaitu minuman cokelat. Minuman ini cukup banyak tersedia dalam bentuk minuman jadi atau dalam bentuk kemasan sachet. Kira-kira jenis minuman mana yang lebih baik kita minum?

Sebenarnya kedua jenis minuman ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Teh memiliki banyak kandungan yang bersifat antioksidan, sedangkan cokelat memiliki kandungan yang mampu membuat mood kita semakin baik. Namun para pakar kesehatan pernah menguji efektivitas kandungan antioksidan pada kedua jenis minuman tersebut.

Penelitian yang dilakukan University’s New York State Agricultural Experiment Station di New York menunjukkan bahwa pada kandungan antioksidan yang diperoleh dari kakao (biji cokelat) adalah yang paling tinggi dari segi jumlah dan aktivitas antioksidannya. Kandungan antioksidan jenis fenolik atau flavonoid pada kakao adalah sebesar 611 mg. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan minuman anggur merah 340 mg dan teh jenis teh hijau sebesar 165 mg. Selain itu dibuktikan pula bahwa kandungan antioksidan pada kakao tergolong kuat dalam melawan radikal bebas yaitu senyawa yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Dibandingkan dengan teh kandungan antioksidan di minuman cokelat terbukti lebih unggul. Tapi jangan lupa, sebaiknya kita meminum cokelat tanpa terlalu banyak tambahan gula ya, agar manfaat dari cokelat dapat dirasakan maksimal oleh tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi