Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Produk mana yang lebih sering Anda berikan pada anak, jus buah, minuman buah atau minuman soda rasa buah? Ketiganya sama-sama menggunakan buah sebagai bahan bahan bakunya. Namun ternyata ada perbedaan kandungan gizi diantara ketiganya lo.

Mana yang Baik Untuk Anak, Jus, Minuman Buah atau Soda Rasa Buah?

Ada sangat banyak produk minuman berbahan dasar buah untuk anak-anak. Buah tidak hanya kaya rasa, namun juga memiliki kandungan gizi yaitu vitamin dan mineral. Hal inilah yang menyebabkan minuman berbahan baku buah banyak dipilih untuk anak-anak.

Dengan banyaknya olahan minuman buah tersebut kita tentu harus mengetahui mana jenis minuman berbahan baku buah yang baik diberikan kepada anak.

Untuk itu Nutrition Newsletters for Parent of Young Children dibawah US Departement of Agriculture membandingkan kandungan gizi dan komposisi yang ada dari berbagai jenis minuman yang berbahan baku buah jeruk. Hasilnya adalah:

1. Jus jeruk/ orange juice

Jus buah terbuat dari 100 persen buah asli. Kandungan gula dalam satu sajinya adalah 20 gram. Sedangkan kandungan vitamin C-nya mampu memenuhi 200% kebutuhan harian tubuh. Kandungan ini akan kita rasakan jika jus yang dibuat dari komposisi jus jeruk saja, bukan konsentrat jeruk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Minuman jeruk atau minuman rasa jeruk/ orange drink

Minuman jeruk hanya terbuat dari 5% jus buah asli. Dalam satu saji minuman jeruk terdapat 29 gram gula. Kandungan vitamin C-nya mampu memenuhi 70% kebutuhan vitamin C harian. Selain itu minuman buah jeruk mendapatkan tambahan penggunaan sodium sebesar 30 mg, komposisi yang ada pada minuman jeruk adalah air, sirup tinggi fruktosa, asam sitrat, asam askorbat serta pewarna makanan.

3. Minuman soda rasa jeruk

Minuman soda rasa jeruk memiliki kandungan gula yang paling tinggi yaitu 32 gram. Kandungan vitamin C pada minuman bersoda tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sama sekali atau 0%. Minuman bersoda rasa buah menggunakan 35 mg sodium dan kandungan komposisi yang sama dengan minuman jeruk dan mendapatkan beberapa tambahan bahan lain.

Dari data yang di atas, kita tentu sudah bisa melihat bahwa kandungan vitamin yang ada dari jus buah alami merupakan yang paling baik untuk anak.

Untuk itu kita harus cermat memerhatikan label kemasan dan keterangan tentang produk minuman berbahan baku buah sebelum memberikannya pada anak, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi