Malas-Malasan di Akhir Pekan Saja di Atas Tempat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengidap Clinomania

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat-wanita
pic credit: chad rogers

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk bermalas-malasan saja di tempat tidur, khususnya di akhir pekan dan libur panjang pergantian tahun seperti sekarang ini. Memang, bersantai di tempat tidur hanya dengan bermain ponsel, komputer, atau menonton televisi sangat nyaman untuk dilakukan. Namun, menurut pakar kesehatan, bisa jadi kebiasaan sering bermalas-malasan saja di atas ranjang ini adalah tanda dari masalah kesehatan bernama Clinomania.

Nama Clinomania berasal dari Bahasa Yunani berupa Clin yang berarti tempat tidur dan mania yang berarti kecanduan. Hal ini berearti, Clinomania bisa diartikan sebagai kecanduan rasa nyaman di atas kasur sehingga selalu ingin berada di atasnya dalam waktu yang lama. Meskipun kita tidak lagi tidur, kita tetap saja berada di atas kasur karena tidak ingin kehilangan kenyamanannya. Berikut adalah tanda-tanda jika kita mengidap Clinomania ini.

  • Terus berada di tempat tidur, apalagi jika seharian¬†sebelumnya kita melakukan berbagai hal yang sangat melelahkan.
  • Sangat bahagia saat berada di tempat tidur.
  • Tidur atau bermalas-malasan di atas kasur telah menjadi hobi kita yang dianggap sangat berharga meski kerap dilakukan.
  • Memilih untuk tetap tiduran dan malas-malasan di atas kasur sehingga rela membatalkan janji atau bahkan tidak melakukan hal-hal lain yang lebih produktif.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita Clinomania ini termasuk dalam orang-orang dengan gangguan psikologis karena membuat mereka tidak memiliki motivasi hidup atau bahkan bisa jadi tanda dari adanya depresi. Menurut pakar kesehatan, meskipun Clinomania tidak selalu adalah tanda dari depresi, namun penderita depresi hampir pasti akan mengalami Clinomania.

Jika anda merasa kebiasaan ingin bermalas-malasan di tempat tidur ini sudah berlebihan, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikolog terdekat agar bisa mendapatkan solusi untuk menjadi pribadi yang produktif kembali.