Banyak Pria Malas Cuci Tangan Setelah BAB

kesalahan-mencuci-wajah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan meminta kita untuk mencuci tangan setelah buang air besar atau buang air kecil demi mencegah penularan kotoran dan kuman yang bisa saja menyebabkan datangnya penyakit. Sayangnya, masih banyak orang, khususnya kaum pria yang malas untuk mencuci tangan setelah buang air. Hal ini tentu akan membuat mereka lebih rentan untuk terkena datangnya penyakit.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh YouGov, dihasilkan fakta bahwa satu dari enam pria masih malas untuk mencuci tangannya setelah buang air besar di tempat kerja. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mewawancarai para partisipan tentang kebiasaan mencuci tangan setelah buang air besar ataupun buang air kecil di rumah, di tempat kerja, atau di tempat umum. Para partisipan juga diminta untuk memberitahu cara mereka mencuci tangan setelah buang air kecil.

Dibandingkan dengan wanita, pria ternyata cenderung lebih malas untuk membersihkan diri. Hanya 18 persen wanita yang mengaku malas tidak mencuci tangan setelah keluar dari toilet di tempat kerjanya atau toilet umum. Sementara itu, sekitar 30 hingga 32 persen pria tidak mencuci tangannya setelah buang air kecil ataupun buang air besar. Andaipun mereka mau mencuci tangan, biasanya hanya memakai air dan tidak memakai sabun.

Malas mencuci tangan dengan sabun bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya dalam hal meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan. Selain itu, kita juga akan lebih mudah menularkan bakteri atau kuman yang menyebabkan penyakit ke orang lain saat bersalaman atau kontak fisik lainnya. Beberapa jenis penyakit yang bisa saja muncul akibat kebiasaan malas mencuci tangan adalah diare, keracunan, dan gangguan pencernaan lainnya.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah buang air kecil atau buang air besar dengan sabun. Gunakan air mengalir dan tuangkan sabun dengan jumlah yang cukup. Setelahnya, gosok kedua belah tangan hingga mengeluarkan busa. Jangan lupa untuk membersihkan punggung tangan dan sela-sela jari secara bergantian. Setelahnya, cuci dengan air mengalir hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih atau tisu.