Tutorial Make Up Mata, Dijamin Bikin Pangling!

riasan-mata-doktersehat

DokterSehat.Com – Tujuan menggunakan make up mata adalah untuk membuat tampilan mata yang lebih menarik. Bentuk mata seperti apapun dapat Anda ubah menjadi look yang Anda inginkan dengan tutorial make up mata yang tepat. Masih bingung bagaimana caranya membuat riasan mata untuk pemula? Berikut adalah langkah mudah untuk mendapatkan look make up mata cantik yang bisa bikin pangling!

Langkah 1: Alis

Salah satu bagian penting dalam riasan mata adalah bentuk alis Anda. Jika Anda adalah pemilik alis tebal maka Anda cukup menyisir alis Anda agar lebih rapi. Jika Anda memiliki alis yang tipis, Anda bisa menggunakan berbagai eyebrow product untuk mebuat alis Anda lebih tebal.

Beberapa jenis eyebrow product antara lain adalah pensil alis, eyebrow chalk, eyebrow pomade, dan masih banyak lagi. Bagi pemula, produk yang paling direkomendasikan adalah pensil alias.

Langkah 2: Base eyeshadow

Setelah alis Anda sudah mendapatkan bentuk yang diinginkan, sekarang saatnya masuk ke riasan mata di bagian kelopak mata. Sebelum melajutnya ke langkah selanjutnya, Anda harus mengaplikasikan eyeshadow base sebagai dasar.

Tujuan penggunaan base adalah agar eyeshadow lebih menempel di mata dan warna yang dihasilkan juga lebih pigmented. Anda bisa menggunakan eyeshadow primer maupun concealer sebagai eyeshadow base Anda.

Langkah 3: Eyeshadow

Langkah tutorial make up mata yang ketiga adalah aplikasi eyeshadow. Pilihlah warna dan jenis eyeshadow sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin look natural untuk sehari-hari, gunakan eyeshadow matte dengan warna-warna yang soft. Jika ingin look yang lebih mewah untuk acara formal, pilih eyeshadow dengan warna bold dan memiliki efek shimmering.

Langkah untuk menggunakan eyeshadow dimulai dari warna dasar yang diaplikasikan ke seluruh bagian kelopak mata. Selanjutnya, pilih warna eyeshadow yang lebih terang untuk bagian tengah kelopak mata. Jangan lupa juga untuk aplikasikan eyeshadow di bagian inner corner, outer corner, dan juga bawah mata agar riasan mata terlihat lebih hidup.

Langkah 4: Eyeliner

Setetelah selesai menggunakan eyeshadow, langkah selanjutnya adalah menggunakan eyeliner. Penggunaan eyeliner dengan bentuk yang benar bisa membuat mata yang sipit terlihat lebih lebar dan juga sebaliknya. Jadi, pilihlah bentuk eyeliner yang sesuai dengan bentuk mata Anda.

Produk eyeliner juga bercaman-macam mulai dari liquid eyeliner, gel eyeliner, dan eyeliner pencil. Eyeliner yang paling direkomndasikan untuk pemula adalah eyeliner jenis pensil.

Langkah 5: Maskara

Langkah tutorial make up mata selanjutnya adalah pengguaan maskara. Tujuan penggunaan maskara adalah untuk membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan lentik. Sebelum menggunakan maskara, Anda bisa menjepit bulu mata Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain menggunakan maskara, Anda juga bisa menggunakan bulu mata palsu untuk kesempatan tertentu.Jika ingin menggunakan bulu mata palsu, sebaiknya Anda menggunakannya sebelum menggunakan eyeliner. Setelah itu Anda cukup megaplikasikan maskara di bulu mata bagian bawah saja.

Langkah 6: Highlighter

Langkah terahir untuk mendapatkan riasan mata yang indah adalah menggunakan highlighter. Tujuan penggunaan highlighter adalah untuk mendapatkan look mata yang lebih lebar. Spot yang harus diaplikasikan highlighter adalah pada bagian inner corner, outer corner, dan juga brow bone.

Tips Make Up Mata Anti Gagal

Setelah mengetahui langkah-langkah mudah untuk mendapatkan riasan mata yang cantik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar make up mata Anda mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

  • Gunakan produk yang menurut Anda nyaman. Setiap produk make up memiliki cara pengaplikasian yang berbeda-beda. Meskipun terdapat produk yang umumnya direkomendasikan untuk pemula, Anda tidak perlu selalu terpaku pada rekomendasi tersebut. Coba semua bentuk produk dan pilihlah yang menurut Anda paling nyaman digunakan. Contohnya seperti pensil alis yang direkomdasikan untuk pemula, jika ternyata Anda lebih nyaman menggunakan pomade, maka gunakanlah pomade.
  • Sesuaikan look make up mata Anda dengan situasi. Bedakan antara riasan mata untuk sehari-hari dan untuk kesempatan tertentu. Bedakan juga make up mata yang cocok untuk acara di siang hari dan juga malam hari. Sesuaikan riasan mata dengan keseluruhan look make up Anda.
  • Gunakan brush yang sesuai. Umumnya make up mata membutuhkan beberapa brush dengan bentuk kecil dan sedang. Pilih brush yang sesuai jika ingin pengaplikasian produk lebih mudah.
  • Banyak berlatih dan mencoba berbagai macam look. Latihan merupakan hal yang penting dalam make up. Tapi ketika ingin berlatih tutorial make up mata, sebaiknya gunakan produk-produk dengan harga yang terjangkau saja.
  • Meskipun memilih produk dengan harga terjangkau, pastikan produk tersebut aman dan tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan Anda.