Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pada masa awal kehamilan, khususnya trimester pertama kehamilan merupakan masa yang penting bagi pembentukan organ tubuh janin. Agar janin dapat tumbuh dengan baik, maka ibu perlu memberinya makanan yang sehat. Namun, ibu juga perlu waspada pada beberapa makanan yang tampaknya aman, tetapi sebenarnya berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Apa saja?

Makanan yang Perlu Dihindari saat Awal Kehamilan

Makanan yang sebaiknya dihindari di trimester awal kehamilan

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil khususnya pada awal kehamilan, yaitu:

1. Ikan yang mengandung merkuri

Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, namun ikan laut yang mengandung merkuri justru berbahaya bagi ibu hamil. Merkuri dalam ikan dapat menyebabkan kerusakan otak janin sehingga menyebabkan pertumbuhan janin terganggu.

2. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan yang tidak dimasak dengan baik atau benar-benar matang dapat berisiko mengandung kuman atau bakteri yang berbahaya. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Karena itu ibu hamil yang gemar makan makanan mentah seperti sashimi sebaiknya menunda dulu keinginannya untuk menyantap makanan tersebut.

3. Susu mentah atau todak terpasteurisasi

Susu dan produk olahannya yang tidak diproses dengan pasteurisasi dapat mengandung kuman atau bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Listeriosis dapat menyebabkan kematian pada ibu dan janin. Gejala listeriosis umumnya tidak disadari oleh ibu hamil karena mirip dengan keluhan yang sering terjadi ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya pastikan keju, susu, dan yogurt yang akan dikonsumsi tercantum tulisan bahwa produk sudah dipasteurisasi.

4. Kafein dan alkohol

Mengonsumsi kafein terlalu banyak selama kehamilan dapat memicu dehidrasi, gangguan denyut jantung dan memicu kelahiran prematur. Demikian halnya dengan alkohol.

5. Makanan tinggi gula dan garam

Beberapa makanan tinggi gula, garam dan lemak seperti fastfood, makanan dengan zat pengawet tambahan, minuman soda, sebaiknya Anda hindari saat awal kehamilan. Makanan dengan kadar gula dan garam tinggi dapat memicu diabetes atau hipertensi gestasional yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi