Terbit: 27 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika apa yang kita makan berpengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh. Sayangnya, kebanyakan orang lebih mementingkan makanan yang memiliki rasa enak atau yang bisa mengenyangkan perut. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan yang sehat agar terhindar dari penyakit kanker.

7 Makanan Pemicu Kanker yang Ternyata Sering Dimakan

Makanan yang menyebabkan kanker dan sering dimakan

Penyebab kanker tidak selalu karena makanan yang dikonsumsi. Ada banyak faktor yang bisa memicu datangnya masalah kesehatan ini, namun dengan menjaga pola makan yang sehat, setidaknya kita sudah bisa menurunkan risiko terkena salah satu penyakit yang paling sulit untuk diobati ini.

Berikut adalah beberapa makanan penyebab kanker yang sebaiknya kita hindari:

  1. Makanan cepat saji

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan cepat saji bisa menyebabkan datangnya berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah kanker. Hanya saja, alasan mengapa makanan cepat saji bisa memicu kanker bukanlah dari kandungan MSG-nya yang cukup tinggi, melainkan kadar kalori dan lemak jahat di dalamnya.

Kedua kandungan makanan cepat saji ini akan menyebabkan kenaikan berat badan dan risiko obesitas. Selain itu, keberadaan lemak jahat juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dengan signifikan. Kandungan ini bisa menyebabkan gangguan hormon seperti hormon leptin yang memang bisa memicu datangnya kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Makanan yang terbuat dari bahan tepung putih

Cukup banyak makanan yang terbuat dari bahan tepung putih dan sering kita konsumsi. Sebagai contoh, roti putih, pasta, beberapa jenis kue, hingga brownies memakai bahan ini. Meski bisa mengenyangkan perut, bahan tepung putih ini sebenarnya rendah nutrisi. Selain itu, bahan ini juga menggunakan gas tertentu demi membuat warnanya menjadi lebih cerah.

Kandungan tepung putih ini termasuk tinggi kandungan gula. Padahal, jika sampai gula dikonsumsi dengan berlebihan, maka risiko terkena kanker juga meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita mulai membatasi asupan makanan dengan kandungan ini.

  1. Keripik kentang

Makanan yang enak untuk dijadikan camilan ini tinggi kandungan lemak trans, bahan pengawet, dan garam. Sayangnya, keripik kentang juga dikenal sebagai makanan dengan kandungan akrilamida, salah satu bahan yang bersifat karsinogen atau penyebab kanker. Keberadaan akrilamida ini disebabkan oleh proses pengolahan kentang yang memaka suhu tinggi.

  1. Daging merah

Sebenarnya, daging merah termasuk dalam bahan makanan yang tinggi protein dan nutrisi lainnya. Hanya saja, kandungan lemaknya juga cukup tinggi, apalagi jika diolah dengan cara yang tidak sehat seperti digoreng atau dibakar. Pastikan untuk membatasi konsumsi daging merah demi mencegah datangnya kanker.

  1. Popcorn yang diolah dengan microwave

Popcorn yang diolah dengan microwave memang sangat praktis dan memiliki rasa yang enak. Sayangnya, di dalam popcorn ini terdapat kandungan kimia bernama PFOA yang bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker. Bahan kimia lain yang bisa memicu datangnya penyakit ini di dalam popcorn adalah diacetyl.

  1. Margarin

Jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, margarin bisa meningkatkan risiko kanker karena adanya kandungan kimia bernama glycidol serta 3-MCPDare.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda tinggi kandungan pemanis buatan bernama sirup jagung fruktosa. Kandungan ini sangat pekat dan cenderung sulit untuk diolah saluran pencernaan. Kandungan ini juga bisa membebani kinerja hati sehingga membuatnya lebih rentan rusak atau mengalami kanker. Selain itu, bahan pewarna yang digunakan di dalam minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko kanker.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi