15 Buah dan Makanan yang Mengandung Vitamin E

makanan-yang-mengandung-vitamin-e-doktersehat

DokterSehat.Com – Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin E memiliki banyak sekali manfaat dalam kaitannya menjaga kesehatan tubuh, pun mengatasi berbagai penyakit yang menghinggapi tubuh. Untuk merasakan manfaat vitamin E, Anda bisa mendapatkannya melalui sejumlah buah dan makanan. Lantas, apa saja buah dan makanan yang mengandung vitamin E?

Manfaat Mengonsumsi Buah dan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang bersifat antioksidan. Oleh karena itu, vitamin ini perannya penting sekali dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, hingga menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit kronis seperti kanker, stroke, dan serangan jantung.

Selain itu, manfaat mengosumsi makanan yang mengandung vitamin E juga berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh, merawat kesehatan kulit, menjaga fungsi otak, membantu proses pembekuan darah, dan masih banyak manfaat besar lainnya.

15 Buah dan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Asupan vitamin E yang cukup akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah daftar buah dan makanan yang mengandung vitamin E untuk Anda konsumsi secara rutin.

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin, tak terkecuali vitamin E. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin E, sehingga kontribusinya besar dalam mencukupi kebutuhan vitamin E harian.

Selain vitamin E, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

2. Paprika

Vitamin E juga bisa ditemukan pada paprika. Paprika menyumbang sekitar 10 persen dari jumlah total kebutuhan vitamin E harian.

Vitamin E yang dikandung paprika bersifat antioksidan, sehingga efektif dalam menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan zeaxantin menjadikan paprikan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan jantung, mengonsumsi paprika juga diklaim mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2 (diabetes melitus), pun melindungi mata dari risiko penyakit katarak dan kerusakan retina.

3. Alpukat

Buah yang kerap dijadikan jus ini juga kaya akan kandungan vitamin E, yakni sebesar 21 persen dari total kandungan nutrisi di dalamnya. Ini menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung.

4. Tomat

Tomat adalah salah satu buah dan makanan yang mengandung vitamin E. Manfaat tomat dengan vitamin E-nya tersebut antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Selain itu, tomat juga dinilai efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sementara itu, tomat juga berperan sebagai fitonutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

5. Telur Ayam

Kandungan vitamin E pada telur ayam mencapai 1,03 mg atau 7 persen dari total kandungan nutrisi yang dimiliki. Mengonsumsi telur ayam secara rutin dalam jumlah yang ideal tentu akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, termasuk melindungi tubuh dari risiko penyakit-penyakit kronik.

6. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau biasa kita sebut ‘kuaci’ juga merupakan sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Bahkan, setengah gelas biji bunga matahari sanggup menyumbang 82 persen dari angka total kebutuhan vitamin E harian.

Selain itu, mengonsumsi biji bunga matahari atau kuaci juga bisa menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah penyakit radang sendi (arthritis). Kendati hanya sebagai camilan, siapa sangka ternyata manfaat biji bunga matahari sangat besar, bukan?

7. Kacang Almond

Jenis kacang yang sering dijadikan komposisi tambahan pada cokelat maupun kue ini ternyata juga menyimpan manfaat vitamin E. Ya, satu gelas kacang almond mengandung sekitar 26,2 mg vitamin E. Manfaat kacang almond ada banyak, mulai dari mencegah penuaan dini, mengatur kadar kolesterol, hingga melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

8. Udang

Anda suka mengonsumsi udang? Jangan salah, makanan laut satu ini ternyata juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E. Udang mampu memenuhi 18 persen kebutuhan vitamin E harian. Mengonsumsi udang secara rutin dapat membuat Anda merasakan berbagai manfaat vitamin E, seperti merawat kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah.

Selain itu, udang juga memiliki zat antioksidan karotenoid yang bertugas untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh bebas dari kerusakan sel.

9. Kiwi

Buah yang memiliki rasa asam ini identik dengan kandungan vitamin C. Kendati begitu, Anda juga masih bisa mendapatkan manfaat vitamin E dengan mengonsumsi kiwi. Ya, sebuah kiwi menyimpan sekitar 1 mg vitamin E yang bermanfat untuk kulit agar awet muda, juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya vitamin C dan E, kiwi juga diperkaya dengan sejumlah zat bergizi lainnya seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

10. Brokoli

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat Anda. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat berigizi, tak terkecuali vitamin E. Kandungan vitamin E pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

11. Minyak Zaitun

Jika selama ini Anda menggunakan minyak kelapa sawit untuk menggoreng masakan, cobalah untuk menggantinya dengan minyak zaitun. Kendati harganya lebih mahal dari minyak biasa, namun minyak zaitun cenderung minyak sehat dan memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin, salah satunya vitamin E. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun mencapai 18 persen dari total kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak yang berasal dari buah zaitun ini. Minyak zaitun berkhasiat untuk menangkal stres oksidatif yang menjadi awal timbulnya sel kanker.

12. Wortel

Wortel yang identik dengan vitamin A ini ternyata merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E. Satu buah wortel mengandung 5,6 persen vitamin E di dalamnya. Wortel juga diperkaya dengan serat alami sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel membantu tubuh untuk memerangi kanker, penyempitan pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung.

13. Ikan Salmon

Makanan mengandung vitamin E selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan yang biasa ditemukan pada makanan khas Jepang, sushi ini memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Bahkan, konsumsi 3 ons ikan salmon sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian bagi tubuh.

Ikan salmon juga diperkaya zat antikoksidan yang berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif yang memicu pertumbuhan sel kanker, juga meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

14. Labu

Jangan lupa juga untuk memasukkan labu ke dalam menu sehat Anda jika ingin merasakan manfaat vitamin E. Mengonsumsi labu mampu memenuhi 6 persen asupan vitamin E harian Anda. Labu efektif dalam membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar LDL, dan memperlancar sistem pencernaan oleh karena labu juga kaya akan serat.

15. Tahu

Sebagai masyarakat Indonesia, tahu sudah jadi makanan yang hampir kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini adalah makanan yang mengandung vitamin E, tepatnya 5,3 persen untuk setiap 100 gr-nya.

Mengonsumsi tahu secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda, seperti menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan kulit.

Itu dia daftar makanan yang mengandung vitamin untuk Anda ketahui. Perlu diinga juga bahwa asupan vitamin juga harus diimbangi oleh asupan vitamin dan zat berigizi lainnya. Selain itu, aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup juga diperlukan guna memaksimalkan perawatan kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!