10 Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

sumber-kolagen-doktersehat

DokterSehat.Com – Kolagen adalah protein yang ada di kulit yang berfungsi untuk membentuk struktur dan juga kekencangan. Kadar kolagen bisa menurun seiring dengan berjalannya waktu, sehingga kulit akan menjadi keriput dan tidak mulus lagi. Cara mencegahnya yaitu bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Makanan yang Mengandung Kolagen

Kolagen sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah kolagen di dalam tubuh akan anjlok. Kalau Anda tidak ingin mengalami masalah dengan menurunnya kualitas kulit, tubuh harus dirangsang untuk menghasilkan kolagen setiap hari.

Berikut ini beberapa pilihan jenis makanan yang mengandung kolagen:

  1. Kaldu dari tulang

Kaldu dari tulang selain memiliki rasa nikmat dan bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan berkuah juga mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat.

Kaldu yang dibuat sendiri di rumah biasanya mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamina, asam amino, hingga kolagen. Kandungan ini akan membuat tubuh menghasilkan kolagen dalam jumlah banyak.

Setiap kaldu tulang tidak memiliki kualitas yang sama. Jadi pastikan pemilihan tulangnya berkualitas tinggi. Kalau tulang yang dipilih berkualitas tinggi, kaldu yang dihasilkan juga akan berkualitas.

  1. Ikan laut

Ikan laut mengandung kolagen yang cukup tinggi khususnya di bagian tulang.

Anda tidak disarankan mengonsumsi bagian kepala atau tulangnya kalau tidak doyan. Lebih baik mengonsumsi bagian dagingnya untuk dijadikan aneka jenis makanan baik dikukus, bakar, atau goreng.

Meski ikan laut memiliki banyak sumber kolagen dan tentu saja protein, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak. Beberapa jenis makanan laut mengandung cukup banyak merkuri yang akan berbahaya kalau dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Ayam

Tahukah Anda kalau sebagian besar suplemen kolagen yang banyak ditemukan di pasaran terbuat dari ayam?

Bagian tubuh ayam yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan kolagen atau pemicu produksi kolagen di dalam tubuh adakah leher dan juga tulang rawan yang dimiliki.

Kalau Anda tidak mau menggunakan suplemen dan lebih suka menggunakan bahan alami, bisa membuat kaldu dari tulang dan kulit ayam. Kaldu bisa dicampur dengan beberapa daging untuk membuat makanan. Selain sebagai makanan yang mengandung kolagen dan baik untuk kesehatan kulit, ayam juga bisa membantu mengatasi artristis.

  1. Berbagai jenis jeruk

Berbagai buah jeruk sangat penting untuk mengatasi masalah produksi kolagen tubuh yang sangat rendah.

Jeruk mengandung cukup banyak vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh khususnya dalam hal membantu merangsang pembentukan kolagen. Itulah kenapa beberapa produk perawatan kulit banyak menggunakan vitamin C sebagai salah satu komponennya.

Anda bisa mengonsumsi jeruk secara langsung setiap harinya dengan jenis apa pun. Jeruk bisa dimakan secara langsung sebagai buah atau dibuat menjadi minuman yang sehat dan juga menyegarkan.

  1. Putih telur

Beberapa sumber nutrisi yang membuat produksi kolagen meningkat di atas biasanya terbuat dari tulang atau persendian. Meski demikian, telur memiliki fungsi yang kurang lebih sama meski komponen itu tidak ada. Telur putih mengandung nutrisi bernama proline yang merupakan asam amino untuk merangsang pembentukan kolagen.

Anda bisa mengonsumsi putih telur secara rutin atau membatasinya 1-2 butir setiap harinya. Lebih baik mengolah putih telur dengan cara direbus daripada digoreng agar mudah dikunyah dan tidak menambah lemak ke dalam makanan.

  1. Buah tropis

Selain jeruk, beberapa jenis buah tropis juga mengandung cukup banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Buah itu terdiri dari jambu merah, mangga, nanas, hingga kiwi. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari sesuai dengan kebutuhan.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Selain bisa digunakan untuk penyuplai serat, sayuran hijau juga mengandung antioksidan bernama klorofil. Antioksidan ini baik untuk tubuh karena bisa menjaga sel dan membuat produksi kolagen jadi meningkat.

Berbagai jenis sayuran hijau bisa dipakai untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Anda bisa menggunakan sawi, bayam, hingga pak choy. Berbagai sayuran ini bisa dikonsumsi kapan saja baik secara mentah atau dimasak dahulu.

  1. Bawang putih

Disadari atau tidak, bawang putih sangat baik untuk kesehatan kulit.

Bawang putih mengandung sulfur atau belerang yang cukup banyak. Zat ini mampu membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dan mencegah terjadi kerusakan pada jaringan itu sehingga kulit tidak akan rusak.

Anda bisa menggunakan bawang putih setiap harinya untuk memasak. Beberapa orang juga membuat sambal, acar, hingga kue dengan bawang putih.

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang mengandung kolagen berikutnya adalah kacang-kacangan.

Berbagai jenis kacang-kacangan yang tinggi protein juga bisa membantu produksi dari kolagen. Kacang-kacangan seperti kacang merah dan sejenisnya bisa membantu tubuh untuk meningkatkan jumlah kolagen karena mengandung cukup banyak tembaga.

  1. Tomat

Tomat juga memiliki asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Mengonsumsi tomat dalam bentuk apa pun baik itu buah atau dibuat menjadi makanan akan menyuplai kebutuhan nutrisi untuk kolagen sebesar 30 persen per satu buah tomat ukuran sedang. Jadi, kalau makan 3-4 butir tomat bisa menggenjot kebutuhan kolagen pada tubuh.

Selain bisa menyuplai kebutuhan nutrisi yang bermanfaat untuk kolagen, tomat juga memiliki antioksidan dalam bentuk likopen. Antioksidan ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan Anda tidak mudah mengalami masalah kesehatan lainnya.

Itu dia beberapa pilihan makanan yang mengandung kolagen. Mana saja yang sering Anda konsumsi secara rutin? Semoga informasi di atas bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit khususnya wajah agar bisa selalu tampil sempurna.