25 Makanan Tinggi Kalori & Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

makanan-yang-mengandung-kalori-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kalori, bukan? Terlebih bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, kalori seakan menjadi ‘musuh’ besar yang harus dihindari. Makanan adalah sumber kalori. Lantas, apa saja makanan yang mengandung kalori tinggi? Berapa angka kebutuhan kalori harian yang disarankan?

Apa Itu Kalori?

Kalori adalah satuan unit kandungan panas atau energi (kamus medis Medilexicon). Secara umum, kalori dapat diartikan sebagai energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Kalori bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Menariknya, kalori juga terdapat di dalam kandungan batu bara.

Kalori terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

  • Kalori kecil (kal)
  • Kalori besar (Kal, Kkal)

Setiap 1 (satu) kilokalori (Kkal) mengandung 1000 kalori kecil (kal). Angka kecukupan kalori bergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan kualitas aktivitas fisik. Pria berumur 30 tahun tentunya memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan wanita di usia yang sama, atau pria dengan usia jauh di atasnya.

Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Hampir setiap makanan mengandung kalori, hanya kadarnya saja yang berbeda satu sama lain. Kalori bukan merupakan zat, melainkan elemen penghasil energi yang dihasilkan oleh sejumlah zat, di antaranya, lemak, protein, dan karbohidrat. Fungsi kalori adalah peghasil energi bagi tubuh. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan asupan kalori setiap hari.

Berikut ini makanan yang mengandung kalori tinggi untuk konsumsi Anda sehari-hari agar tubuh senantiasa bertenaga.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Bahkan untuk jenis kacang macadamia, jumlah kalorinya mencapai 201 kalori per 28 gram-nya. Selain macadamia, jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung kalori di antaranya:

  • Kacang mete (161 kalori)
  • Almond (162 kalori)
  • Kacang tanah (164 kalori)
  • Hazelnut (181 kalori)
  • Walnut (183 kalori)
  • Kacang pilus (188 kalori)
  • Pecan (199 kalori)

2. Pisang

Buah berbentuk lonjong dan berkulit kuning ini mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, yakni 89 Kkal untuk setiap 100 gram-nya. Pisang adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Di samping itu, pisang juga diperkaya oleh sejumlah zat lainnya seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Mangga

Makanan yang banyak mengandung kalori selanjutnya adalah mangga. Buah yang sering dikonsumsi dengan cara dijadikan jus ini memiliki jumlah kalori 156 Kkal per 100 gram. Kendati begitu, konsumsilah mangga sewajarnya mengingat kandungan kalori tinggi di dalamnya, terlebih bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

4. Kelapa

Kelapa adalah makanan yang mengandung kalori tinggi, yakni 354 Kkal per 100 gram. Mengonsumsi kelapa yang menyegarkan ini tentu akan membuat tubuh Anda bertenaga. Tingginya kalori yang dikandung kelapa dikarenakan buah ini kaya akan lemak.

5. Alpukat

Siapa yang tidak kenal buah satu ini? Apalagi sekarang sedang musimnya. Alpukat adalah buah yang mengandung kalori tinggi, yakni sekitar 332 Kkal per buahnya (201 gram). Kandungan lemak yang tinggi menjadi alasan mengapa buah satu ini merupakan salah satu sumber kalori terbaik yang bisa didapatkan.

Ingat, makan buah alpukat jangan terlalu berlebihan karena buah tersebut memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Bisa-bisa program diet Anda gagal total, bukan?

6. Kurma

Buah yang rutin kita konsumsi saat bulan puasa ini juga merupakan makanan yang mengandung kalori. Pada setiap 100 gram kurma, terdapat 282 Kkal kalori. Mengonsusmi 3 biji kurma sudah mampu mencukupi kebutuhan kalori harian Anda.

7. Apel

Apel yang memiliki kulit berwarna merah dan hijau ini dikenal akan kandungan vitamin dan mineralnya yang banyak. Kandungan serat yang tinggi juga menjadikan apel efektif untuk melancarkan pencernaan. Apel juga mengandung kalori di dalamnya, yakni sekitar 52 Kkal per 10 gram.

8. Pir

Banyak dari Anda yang gemar mengonsumsi buah yang satu ini. Nah, jangan salah. Buah pir juga termasuk makanan yang mengandung banyak kalori di dalamnya. Setiap 100 gram pir diklaim mengandung sekitar 58 kalori besar (Kkal).

Banyaknya kalori yang dihasilkan oleh buah pir didasari fakta bahwa buah berkulit hijau ini diperkaya dengan lemak, bahkan 83 persen dari total kandungan buah pir adalah lemak. Buah pir cocok untuk menambah energi, tapi rasanya kurang sesuai jika dikonsumsi oleh Anda yang tengah diet menurunkan berat badan.

9. Fast Food

Tak bisa dipungkiri lagi, makanan cepat saji (fast food) adalah sumber kalori terbanyak. Makanan-makanan seperti hamburger, hot dog, kebab, dan kentang goreng bisa mengandung 800-1000 kalori, lho. Itu sebabnya, makanan seperti ini sangat dihindari oleh mereka para pejuang diet.

Bagi Anda yang memerlukan banyak energi, tak ada salahnya mengonsumsi makanan-makanan tersebut, asal harus tetap sewajarnya saja, ya. Sering mengonsumsi fast food juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

10. Cokelat

Cokelat mengandung tak kurang dari 580 kal kalori per 100 gram-nya. Ini jika kandungan biji cokelat dalam produk cokelat yang Anda makan mencapai 85 persen atau lebih. Kandungan kalori dalam cokelat terbilang tinggi, namun makanan yang mengandung kalori ini banyak manfaatnya bagi tubuh, seperti:

  • Melancarakan sirkulasi darah
  • Memperbaiki mood
  • Menambah gairah seksual

11. Ikan

Makanan laut ikan setidaknya mengandung 350 kal untuk setiap 100 gram. Selain penghasil energi bagi tubuh, manfaat ikan bagi kesehatan antara lain sebagai anti-inflamasi, dan merawat fungsi saraf dan otak. Ini karena ikan juga diperkaya oleh kandungan asam lemak omega-3, protein, kalsium, vitamin D, dan DHA.

12. Roti

Anda suka mengonsumsi roti saat sarapan? Makanan satu ini juga merupakan jenis makanan yang mengandung kalori, yakni mencapai 100 kal untuk setiap lembarnya. Mengombinasikan roti dengan selai seperti selai kacang tentu akan semakin menambah jumlah kalori di dalamnya.

13. Es Krim

Es krim memang lezat dan menyegarkan. Di samping itu, kandungan kalori pada es krim  juga tergolong tinggi, yakni mencapai 350 kalori. Ini karena es krim terbuat dari sejumlah bahan yang memang berpotensi menghasilkan banyak kalori, seperti susu dan gula.

Ada alternatif jenis es krim lainnya yang lebih rendah kalori dan menyehatkan yang bisa Anda konsumsi, misalnya es krim berbahan dasar santan. Jangan khawatir karena rasanya tak kalah lezat dibandingkan dengan es krim berbahan dasar susu sapi.

14. Minuman Bersoda

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi minuman bersoda, di balik kesegaran yang ditawarkannya, minuman ini menghasilkan jumlah kalori 130 untuk setiap botol atau kaleng. Minuman bersoda memang menyegarkan, namun selebihnya tidak ada manfaat berarti yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya.

Justru, mengonsumsi minuman  bersoda berpotensi menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan di masa mendatang, seperti diabetes, sindrom metabolik, bahkan penyakit jantung. Kurangi minum minuman bersoda. Anda bisa menggantinya dengan minuman yang tak kalah menyegarkan seperti sparkling water.

15. Cereal Bars

Banyak dari Anda yang suka mengonsumsi cereal bars. Makanan in merupakan makanan yang mengandung kalori sehingga sering disebut sebagai makanan penambah energi. Cereal bars mengandung sekitar 150 kalori untuk setiap kemasannya.

16. Mi Instan

Ini dia makanan yang menjadi primadona bagi banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Mi instan, di samping mudah dibuat dan nikmat dikonsumsi, juga mengandung kalori, yakni 380 kalori per kemasannya. Jumlah ini tergolong tinggi dan isa menimbulkan dampak negatif jika sering dikonsumsi.

17. Daging

Semua setuju kalau daging adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Setiap jenis daging memiliki kadar kalori yang berbeda.

  • Daging dapi, memiliki 304 kal
  • Daging kambing, memiliki 303 kal
  • Daging ayam, memiliki 179 – 219 kal
  • Daging bebek, memiliki 286 kal

18. Nasi Goreng

Nasi goreng yang dapat kita temukan di berbagai restoran maupun kedai kaki lima ini adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Bahkan, nasi goreng yang digoreng dengan sedikit minyak pun masih mengandung sekitar 600 kalori per porsinya. Lezat dan mengenyangkan, sebaiknya tetap mengonsumsi nasi goreng sewajarnya saja.

19. Gorengan

Kalau makanan yang satu ini, cocok sekali dijadikan camilan di watu senggang, dan sepertinya hampir semua dari Anda pernah atau sering menjadikan gorengan sebagai camilan di sela-sela aktivitas sehari-hari.

Perlu diingat, gorengan adalah makanan yang mengandung banyak kalori. Jika dikonsumsi secara sering, gorengan dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh Anda.

20. Nasi

Makanan wajib bagi masyarakat Indonesia ini mengandung banyak kalori. Tak heran, sehabis mengonsumsi nasi, tubuh kita seakan kembali bertenaga. Satu porsi nasi memiliki tak kurang dari 124 kalori. Jumlah tersebut tergolong tinggi sehingga orang-orang yang sedang menurunkan berat badan kerap menghindari konsumsi nasi secara berlebihan.

21. Mayones

Anda yang suka makan salad atau makanan cepat saji pasti sudah tidak asing lagi dengan produk mayones. Mengonsumsi fast food ditambah mayones akan meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh Anda. Hal in karena mayones adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Dua sendok makan mayones saja sudah menghasilkan tak kurang dari 180 kalori.

22. Granola

Granola adalah makanan yang terdiri dari campuran kacang-kacangan, oat, buah kering, minyak, madu, dan sejumlah zat pemanis lainnya. Kombinasi tersebut menjadikan granola sebagai salah stu jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Satu porsi granola menghasilkan 597 kalori.

Meskipun granola cocok untuk dijadikan sumber penambah energi, agaknya makanan ini tidak cocok jika dikonsusmi oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

23. Susu

Sudah pasti susu adalah contoh pangan yang banyak mengandung kalori. Setiap produk susu mengandung kalori yang bisa dikatakan tinggi:

  • Susu bubuk (600 kalori)
  • Buttermilk (152 kalori)
  • Whole milk (149 kalori)

*jumlah di atas berlaku untuk 1 gelas susu

24. Keripik Kentang

Keripik kentang adalah salah satu jenis camilan yang banyak dikonsumsi orang. Di balik rasanya yang nikmat, keripik kentang memiliki nilai kalori yang tinggi, sekitar 158 kal per kemasan. Anda yang tak ingin berat badannya naik, baiknya kurangi konsumsi keripik kentang untuk camilan.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang tentunya lebih sehat dan rendah kalori.

25. Quinoa

Kinoa atau quinoa adalah makanan yang banyak dikonsumsi oleh pelaku diet karena dinilai lebih bergizi ketimbang nasi putih. Anggapan tersebut memang tidak salah. Tapi, tahukah Anda jika quinoa juga merupakan makanan yang banyak mengandung kalori? Ya, satu gelas quinoa mengandung tak kurang dari 222 kalori. Jadi, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak sepenuhnya baik, ya.

Berapa Angka Kebutuhan Kalori Harian Anda?

Seperti yang tadi dijelaskan, angka kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda. Ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti jenis kelamin, usia, berat badan, hingga aktivitas fisik sehari-hari.

Mengetahui angka kebutuhan kalori harian menjadi penting, agar Anda bisa menentukan sebebrapa besar porsi dan jenis makanan yang idealnya dikonsumsi. Ingat, kekurangan kalori adalah hal yang tidak baik, pun demikian jika tubuh kelebihan kalori.

Lalu, bagaimana cara mengetahui angka kebutuhan kalori harian Anda? Doktersehat.com punya kalkulator untuk menghitung angka kebutuhan kalori harian. Selengkapnya klik disini.

Itu dia informasi mengenai makanan yang mengandung kalori tinggi. Selalu imbangi aktivitas keseharian Anda dengan berolahraga sehingga jumlah kalori di dalam tubuh tetap ideal. Semoga bermanfaat!