Inilah 3 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Insomnia

doktersehat makan junk food
photo credit: Pexels by Twenty20

DokterSehat.Com– Insomnia atau kelainan waktu tidur adalah salah satu jenis gangguan yang sangat menyebalkan. Sebab, seseorang yang mengalami insomnia akan merasa kelelahan dan tak bergairah sepanjang hari akibat kurang tidur. Insomnia sendiri bisa disebabkan oleh kebiasaan maupun gangguan fungsional kognitif pada seseorang, misalnya rasa cemas atau kekhawatiran yang mendalam.

Banyak yang mencoba berbagai cara untuk bisa terlepas dari masalah yang satu ini. Sebab, jika terus dibiarkan, maka bisa memicu datangnya berbagai penyakit yang berbahaya. Bagaimana tidak, tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk beristirahat serta membuang seluruh racun secara alami. Jika waktu tidur dikurangi, sama saja dengan menyiksa tubuh. Maka dari itu, insomnia harus segera diatasi.

Sekedar pengetahuan, sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa memperburuk insomnia seseorang. Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan ini, maka insomnia akan semakin parah dan sulit disembuhkan. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Hamburger

Saat mata tak bisa terpejam di malam hari, otomatis membuat perut menjadi sangat lapar. Untuk mengatasinya, banyak orang yang mengonsumsi makanan instan seperti hamburger. Padahal, makanan yang satu ini adalah pantangan bagi orang yang insomnia. Sebab, hamburger atau olahan daging lainnya mengandung lemak yang bisa menstimulus lambung sehingga membuat sebah dan mual. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih tak nyaman sehingga sulit untuk tidur.

2. Makanan Pedas

Makanan yang pedas memang nikmat dan menggugah selera. Tapi jika Anda ingin cepat tertidur di malam hari, maka jangan mengonsumsi makanan pedas. Sebab, makanan pedas bisa membuat tubuh mengalami heartburn sehingga membuat suhu tubuh tak stabil. Akibatnya, Anda akan menjadi sangat segar dan tambah sulit untuk tertidur.

3. Daging Ayam

Makanan yang memperparah insomnia selanjutnya adalah daging ayam. Menurut hasil penelitian, daging ayam sangat kaya akan protein sehingga bisa membuat proses pencernaan melambat sampai 50 persen. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah anyak, maka tubuh akan sulit beristirahat karena usus dan lambung akan bekerja keras sehingga Anda sulit tertidur.