Terbit: 21 Juli 2020 | Diperbarui: 24 Juli 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Setiap orang pasti tidak ingin terlihat tua lebih cepat dari waktunya, salah satu cara mencegah penuaan dini adalah dengan menjauhi makanan yang mempercepat penuaan. Apa saja makanan penyebab penuaan dini yang sebaiknya dihindari? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

13 Makanan yang Mempercepat Penuaan (Harus Dihindari)

Berbagai Makanan yang Mempercepat Penuaan

Tidak hanya memengaruhi kesehatan, ternyata apa yang Anda makan juga dapat mempercepat proses penuaan. Jika Anda menghilangkan makanan-makanan ini, tidak hanya melihat garis pinggang yang menyusut, tetapi juga membuat tubuh secara keseluruhan terlihat lebih baik.

Berikut adalah berbagai makanan yang mempercepat penuaan, di antaranya:

1. Makanan Manis

Makanan penyebab penuaan dini yang pertama adalah makanan-makanan manis. Saat tubuh mengonsumsi lebih banyak gula daripada yang dapat disintesis oleh sel, molekul gula yang berlebih akan mengikat protein dan memicu proses yang dapat memengaruhi kolagen (protein yang menjaga kulit tetap elastis dan awet muda).

Selain itu, kelebihan gula juga bisa menyebabkan kerusakan dan perubahan warna gigi, kondisi yang membuat Anda akan terlihat lebih tua.

2. Makanan Hangus

Karakter hitam pada daging panggang mengandung pro-inflammatory hydrocarbons, zat yang dapat menyebabkan kolagen menjadi rusak. Meski begitu, Anda tidak perlu menghindari makanan yang dipanggang, yang terpenting adalah menghilangkan bagian yang hangus atau yang terlihat menghitam.

3. Makanan Asin

Makanan yang mempercepat penuaan berikutnya adalah makanan yang mengandung garam yang tinggi. Makanan asin bisa menahan air dalam tubuh sehingga menyebabkan tampilan ‘bengkak’. Agar Anda tidak terlihat lebih tua, bumbui masakan dengan sedikit garam. Pilih juga makanan-makanan segar daripada makanan yang diawetkan.

4. Daging Olahan

Pada dasarnya semua daging olahan termasuk makanan yang mempercepat penuaan. Hal itu disebabkan karena banyak dari daging olahan mengandung sulfit dan pengawet lain yang memicu peradangan kulit, kondisi yang bisa membuat kulit terlihat lebih tua. Selain itu, daging olahan juga mengandung banyak garam.

5. Makanan Tinggi Lemak Trans

Selain berbahaya bagi jantung, lemak trans juga menyebabkan kulit menua lebih cepat. Makanan yang mengandung lemak trans tinggi meningkatkan peradangan pada kulit dan membuat kulit lebih rentan terhadap sinar UV. Oleh karena itu, hindari produk-produk yang mencantumkan minyak terhidrogenasi pada labelnya.

6. Daging Merah

Daging merah berlemak menghasilkan radikal bebas, di mana hal itu menjadikannya sebagai makanan penyebab penuaan dini.

Radikal bebas memengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi dirinya sendiri dan menghasilkan kolagen. Agar tidak terlihat lebih tua, sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun serta tingkatkan konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan.

7. Makanan Pedas

Makanan yang mempercepat penuaan dan jarang disadari adalah makanan pedas. Makanan jenis ini dapat memperburuk rosacea, yaitu gangguan kulit wajah yang ditandai dengan bintik yang menyerupai jerawat dan kulit kemerahan. Kondisi ini juga bisa membuat kulit menebal dan pembuluh darah terlihat.

8. Kentang Goreng

Kentang goreng adalah makanan yang mempercepat penuaan. Meski digemari oleh banyak orang, makanan yang umumnya digoreng dalam minyak dengan suhu tinggi ini dapat melepaskan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel kulit.

Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena tindakan yang disebut cross-linking ini memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit. Terlebih lagi, kentang goreng yang mengandung tinggi garam dapat mengeluarkan air dari kulit dan menyebabkan dehidrasi, kondisi yang membuat kulit rentan terhadap kerutan.

9. Roti Putih

Ketika karbohidrat olahan berintegrasi dengan protein, hal itu menyebabkan pembentukan advanced glycation end products (AGEs). AGE memiliki efek langsung pada penyakit kronis serta proses penuaan.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi roti, cobalah roti gandum yang tidak mengandung gula tambahan.

10. Yoghurt

Meski yoghurt adalah makanan yang memiliki banyak nutrisi  yang dibutuhkan tubuh, akan tetapi banyak produsen yang menambahkan gula tambahan ke yoghurt rendah lemak untuk mengimbangi hilangnya rasa. Makan terlalu banyak gula pada gilirannya dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

Namun, Anda tidak harus menghindari yoghurt untuk mencegah penuaan dini, pilihlah yoghurt tawar yang dimaniskan dengan buah.

11. Buah Kering

Selain menimbulkan masalah pada gigi, buah kering juga mengandung banyak sulfit, senyawa kimia yang  digunakan untuk mengawetkan minuman atau makanan kemasan—namun memiliki efek yang buruk bagi kulit.

Selain itu, sulfit juga dapat meningkatkan radikal bebas yang menghambat pertumbuhan kolagen. Oleh karena itu, pilihlah buah segar, buah yang tinggi serat, dan rendah gula.

12. Margarin

Meski banyak produk di pasaran yang telah menghilangkan lemak trans pada margarin, terdapat beberapa produk yang masih memasukan lemak trans di dalamnya. Padahal, radikal bebas terbentuk ketika Anda mengonsumsi lemak trans.

Lemak trans menyebabkan peradangan dan peradangan dikaitkan dengan penuaan serta penyakit yang berkaitan dengan penuaan degeneratif seperti Alzheimer, osteoarthritis, dan penyakit jantung. Sebagai pengganti margarin cobalah untuk menggunakan minyak sayur.

13. Makanan yang Diawetkan dengan Garam

Bacon, prosciutto, dan salami adalah daging yang diawetkan menggunakan garam. Selain bisa membuat tubuh dehidrasi, makanan yang mempercepat penuaan ini juga mengandung sulfit yang bisa menghilangkan kolagen di kulit. Ketika kulit menjadi kering maka kulit akan terlihat layu, sementara saat tubuh kekurangan kolagen elastisitasnya akan berkurang.

Meski ginjal mampu menahan air yang dibutuhkan tubuh, meningkatkan asupan cairan saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, itulah berbagai makanan yang mempercepat penuaan yang sebaiknya Anda hindari.

 

  1. De Bellefonds, Colleen. 2017. 7 Foods That Make You Look Older. https://www.womenshealthmag.com/food/a19963595/foods-that-age-you/. (Diakses pada 21 Juli 2020).
  2. LaForge, Tiffany. 2019. 11 Foods That Speed Up Your Body’s Aging Process — Plus Potential Swaps. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/food-cause-wrinkles#alcohol. (Diakses pada 21 Juli 2020).
  3. Magni, Paola. 2014. 14 foods that make you look older. https://www.lifegate.com/foods-older. (Diakses pada 21 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi