Sering Dimakan, Ternyata Makanan Ini Bisa Memicu Kanker

doktersehat-makanan-kaleng-berpengawet

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling mematikan bagi umat manusia adalah kanker. Banyak penderitanya yang tidak sadar jika tubuhnya sudah digerogoti oleh penyakit ini dan baru memeriksakan kondisi kesehatannya tatkala kondisinya sudah sangat parah, sehingga mereka pun lebih rentan untuk mengalami kematian dini.

Kanker termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki rasa enak namun memiliki zat karsinogen seperti daging atau ikan yang dibakar.

Sebagaimana kita ketahui, daging atau ikan bakar seperti sate memang cenderung memiliki rasa yang enak. Sayangnya, karena diolah dengan cara dibakar langsung di atas api, di dalam makanan ini terbentuk bahan kimia hidrokarbon dan anima yang bisa menyebabkan datangnya beberapa jenis kanker mematikan, yakni kanker prostat dan kanker kolorektal.

Makanan kaleng yang sering kita jadikan lauk karena cepat untuk diolah ternyata juga bisa menjadi pemicu utama datangnya kanker. Di dalam dinding bagian dalam kaleng penyimpanan makanan ini terdapat kandungan bisphenol A yang termasuk dalam zat karsinogen atau penyebab datangnya kanker.

Selain makanan kaleng berupa daging-dagingan, sayuran yang disimpan di dalam kaleng seperti tomat juga kaya akan kandungan acrylamide yang bisa menjadi penyebab utama dari kanker.

Banyak orang yang tidak menyangka jika keripik kentang yang sering dijadikan camilan setiap hari ternyata juga kaya akan kandungan pemicu datangnya kanker. Terlalu sering mengonsumsi keripik kentang juga bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

Tak hanya kaya akan kandungan lemak, kolesterol, dan sodium, keripik kentang juga memiliki bahan pengawet yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, keripik kentang diolah dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi sehingga membuatnya memiliki kandungan acrylamide yang sangat tinggi.

Selain makanan, beberapa jenis minuman yang sering kita konsumsi seperti minuman bersoda dan minuman beralkohol ternyata juga bisa menjadi penyebab utama datangnya kanker. Minuman bersoda bisa memicu datangnya kanker yang ada di saluran pencernaan. Sementara itu, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa minuman bearlkohol memang terkait dengan berbagai kanker berbahaya, termasuk kanker payudara.