Terbit: 30 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Wanita memang tidak disarankan untuk terlalu pemilih saat makan. Apa saja bisa dikonsumsi asal memiliki kandungan nutrisi lengkap, tidak menyebabkan alergi, dan memberikan manfaat jangka panjang.

Makanan yang Harus Dihindari Wanita agar Tubuhnya Sehat

Sayangnya, meski wanita diperbolehkan makan apa saja, ada beberapa bahan makanan yang wajib untuk dihindari. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari itu dan mengapa wanita tidak diperbolehkan mengonsumsinya?

1. Makanan olahan di dalam kaleng
Beberapa bahan makanan yang tidak ada di Indonesia atau susah didapatkan dalam bentuk segar kerap dijual dalam bentuk kaleng. Makanan olahan yang ada di dalam kaleng seperti sarden, buah, hingga aneka bumbu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita karena mengandung bisphenol-A (BPA) yang merupakan estrogen sintetis.

Bahan itu cukup berbahaya kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak karena bisa mengganggu proses reproduksi dan meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

2. Makanan laut tertentu
Makanan yang dihasilkan dari laut atau seafood memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagian besar dari bahan makanan itu mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh khususnya organ-organ dalam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Sayangnya, tidak semua seafood bermanfaat untuk tubuh. Beberapa bahan seperti daging ikan cucut dan ikan hiu justru berbahaya untuk kesehatan. Dua bahan ini mengandung cukup banyak kandungan merkuri yang mengendap dalam daging selama bertahun-tahun.

Mengonsumsi daging ikan cucut dan hiu akan mengganggu perkembangan janin dalam rahim. Akibatnya, wanita akan susah hamil atau kerap mengalami keguguran.

3. Makanan yang terlalu manis
Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis apa pun jenis dan bentuknya akan membuat hormon di dalam tubuh wanita tidak seimbang. Dampak ini akan semakin parah kalau sampai wanita mengalami obesitas dan diabetes. Dua hal ini akan mengganggu siklus menstruasi dan penyebab terjadinya PCOS pada wanita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi