Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang paling rentan mengalami beragam masalah. Sebut saja seperti jerawat yang kerap muncul saat Anda salah menggunakan produk atau menyantap makanan. Nah, jika Anda sudah menggunakan skincare dan kosmetik yang tepat, tidak ada salahnya untuk mengatur jenis makanan yang masuk ke perut. Berikut ini sejumlah makanan yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Kulit Berminyak

1. Olahan Susu

Dilansir dari laman Bio Effect, pemilik kulit berminyak sangat tidak disarankan untuk menyantap produk olahan susu. Hal ini lantaran produk olahan susu mengandung hormon testosteron yang cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, hormon testosterone dapat meningkatkan produksi minyak secara berlebih.

2. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Kandungan karbohidrat tinggi pada jenis makanan seperti nasi putih, pasta, roti, dan sereal rupanya dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Dilansir dari laman Bio Effect, kondisi yang demikian ternyata juga menstimulasi produksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat.

3. Makanan Berlemak

Jenis makanan yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak adalah makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Hal ini dikarenakan oleh peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang juga meningkatkan peradangan pada kulit. Kulit yang meradang akan memproduksi minyak berlebih untuk tetap menyeimbangkan kondisi kulit. Tidak heran jika kulit akan lebih berjerawat daripada biasanya.

Menjaga kesehatan dan kecantikan wajah ternyata tidak hanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan skincare khusus. Anda juga harus mengimbanginya dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengontrol jenis makanan yang disantap.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi