3 Makanan yang Harus Dihindari Jika Memiliki Jerawat Kistik

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

DokterSehat.Com– Apa yang Anda makan dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Jika Anda memiliki jerawat kistik, atau jerawat dengan jenis yang parah, perubahan pola makan dapat membantu kondisi kulit Anda. Memang, perubahan pola makan saja bukanlah pengganti perawatan medis untuk kondisi kulit dengan jerawat kistik, namun dapat melengkapi pengobatan jerawat Anda.

Photo Credit: Flickr.com/ ebruli

Seperti yang dilansir dari draxe.com, berikut ini beberapa makanan yang perlu Anda hindari untuk membantu penyembuhan jerawat kistik Anda.

1. Produk Susu

Meskipun anda tidak alergi dengan laktosa, produk susu bisa jadi masih bersifat keras pada sistem pencernaan. Banyak orang melihat perkembangan kondisi kulit setelah mereka mengurangi konsumsi produk yang mengandung laktosa seperti susu, keju dan es krim. Untuk memeriksa apakah benar produk susu yang membuat jerawat Anda makin parah, cobalah untuk menghentikan konsumsi produk susu selama dua minggu dan lihat apakah kondisi kulit Anda membaik. Jika benar demikian, Anda harus mulai menghentikan atau setidaknya mengurangi konsumsi produk susu.

2. Gula

Gula dan makanan dengan glikemik tinggi seperti roti dan pasta dapat membuat peradangan jerawat semakin parah. Selain itu, mengonsumsi gula dan produk yang berglikemik tinggi secara berlebihan juga dapat memberi makan jamur dan candida pada kulit, sehingga meningkatkan adanya jerawat pada kulit.

3. Makanan yang digoreng dan makanan cepat saji

Makanan cepat saji dan makanan yang digoreng mengandung serat yang rendah. Tidak hanya itu saja, makanan ini juga mengandung banyak bahan yang dapat menyebabkan radang seperti minyak hidrogenasi, sodium, bahan-bahan kimia, perasa, dan gula. Makanan yang dapat memicu radang akan membuat jerawat kistik muncul lagi dan jerawat yang sudah ada menjadi memburuk.

Selain dengan pengobatan, perubahan pada pola makan akan membantu mempercepat kesembuhan kondisi kulit Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menerapkan hidup yang lebih sehat untuk mendapatkan kondisi kulit serta tubuh yang sehat.