Terbit: 13 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Makanan dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi yang cukup besar. Kalau Anda sampai kekurangan makanan, tubuh akan menjadi lemas dan beberapa organ tidak bisa bekerja dengan baik. Misal otak tidak bisa digunakan untuk berpikir dengan maksimal.

7 Makanan yang Boleh Disantap Sebelum Tidur Malam

Nah, karena makanan sangat penting, apakah kita juga boleh makan di malam hari? Beberapa orang pantang makan di malam hari, apalagi sebelum tidur? Lalu, apakah makan di malam hari selalu berhubungan dengan kegemukan?

Alasan makan sebelum tidur

Ada beberapa alasan mengapa sebelum tidur kita disarankan untuk makan atau makan camilan sehat, berikut selengkapnya:

  • Memberikan rasa nyaman di perut. Lapar yang berlebihan akan membuat tubuh terasa lemas hingga beberapa orang menjadi susah tidur dan insomnia.
  • Saat tidur, tubuh masih membutuhkan energi untuk melakukan tugasnya. Tidur tidak ubahnya dengan puasa. Aktivitas ini akan membuat Anda menjadi lemas dan bangun tidur mengalami lapar yang sangat kuat (starving).
  • Membantu menurunkan berat badan dengan baik. Dengan catatan makanan yang dimakan tidak berlebihan, tubuh bisa memiliki metabolisme dengan baik dan membuat lemak di dalam tubuh dikikis.
  • Membantu menaikkan massa otot. Setelah melakukan olahraga dengan intens otot akan mengalami kerusakan. Nah, kalau diberi nutrisi seperti protein dengan daya serap cepat, sintetis akan terjadi dan pertumbuhan otot menjadi lebih cepat.
  • Beberapa orang yang memiliki kondisi khusus seperti ibu hamil dan menyusui yang tidak boleh telat makan. Kalau sampai telat makan, gangguan pada janin atau produksi ASI bisa terjadi.
  • Kemungkinan tidur menjadi lebih berkualitas akan tinggi. Bahkan, siklus Circadian akan berjalan dengan lancar. Anda akan mudah menghabiskan waktu selama 7-9 jam untuk beristirahat.

Jenis makanan yang boleh dimakan sebelum tidur

Berikut jenis makanan yang boleh dimakan oleh semua orang sebelum tidur. Mana saja yang sering Anda makan?

  1. Nasi putih

Nasi putih adalah salah satu makanan yang jarang sekali dikonsumsi karena dianggap menyebabkan kegemukan. Memang benar, nasi putih bisa menyebabkan kegemukan, tapi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kalau nasi hanya dikonsumsi dengan jumlah terbatas tidak akan menyebabkan masalah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Nasi putih justru mengandung banyak vitamin dan mineral mangan, tiamin, dan folat. Selain itu, nasi juga diketahui mampu membuat tidur jadi lebih nyenyak dan durasinya menjadi lebih lama.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung banyak sekali vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh secara umum dan menurunkan risiko terkena gangguan pada tubuh seperti stres dan depresi.

Lebih dari itu, teh yang bisa dikonsumsi secara rutin sebanyak 1-2 kali ini juga mengandung apigenin. Antioksidan jenis ini berguna untuk mempromosikan rasa kantuk dan melawan insomnia. Saat tubuh menjadi relaks, Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Almond dan olahannya

Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak nutrisi. Salah satu nutrisi yang dikandung biji almond adalah magnesium. Nutrisi ini mempromosikan tidur yang nyenyak.

Mengonsumsi almond juga akan membuat tubuh mudah membuat melatonin. Oh ya, kacang yang juga bisa dibuat menjadi susu ini juga kaya akan antioksidan. Mengonsumsinya akan membuat tubuh terhindar dari beberapa masalah seperti diabetes tipe 2 dan gangguan pada jantung.

  1. Susu

Susu juga mengandung banyak sekali tryptophan yang mempromosikan tidur dengan baik. Efek ini lebih banyak dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Susu juga memberikan energi dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

Kalau konsumsi susu didahului dengan olahraga tubuh akan mengalami kenaikan melatonin yang memicu rasa kantuk cepat muncul. Terakhir, susu yang dikonsumsi dengan porsi tepat juga bisa menghindarkan seseorang dari insomnia.

  1. Buah kiwi

Dari sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 minggu, mengonsumsi kiwi sebanyak dua buah setiap akan tidur bisa meningkatkan kecepatan tidur. Selain itu, seseorang juga bisa dengan mudah menambah jam tidurnya yang selama ini mengalami gangguan.

Mengonsumsi kiwi akan memberikan cukup banyak manfaat pada tubuh. Kadar vitamin C cukup tinggi. Selain itu buah kiwi juga mensuplai antioksidan. Mengonsumsi buah ini akan membuat Anda tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan serat yang tinggi membuat kiwi bisa digunakan untuk mencegah sembelit.

  1. Ikan laut berlemak

Ikan salmon, tuna, dan sejenisnya mengandung banyak sekali nutrisi seperti omega-3 yang baik untuk otak dan vitamin D yang membuat tulang jadi sehat dan kerja beberapa kerja organ berjalan dengan baik.

Ikan laut berlemak juga membuat kualitas tidur membaik. Hal ini bisa didapatkan dari perpaduan omega-3 dan vitamin D. Konsumsi ikan laut berlemak ini secara rutin atau sekitar 3 kali dalam seminggu. Lakukan 1-2 jam sebelum tidur.

  1. Pisang dan oatmeal

Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang baik sekali untuk memberikan rasa kenyang. Selain itu, buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung tryptophan dan magnesium. Dua hal ini membantu Anda untuk bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Oatmeal yang dikonsumsi dengan jumlah tepat bisa meningkatkan energi di dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat tinggi yang baik untuk mengatasi sembelit. Terakhir, oatmeal juga mengandung melatonin.

Anda bisa mengonsumsi dua makanan ini satu per satu atau dijadikan satu. Makan sekitar 1-2 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu pencernaan.

Makan malam sebelum tidur sebenarnya tidak menjadi masalah. Asal kebutuhan nutrisi harian Anda belum penuh. Kalau kebutuhan nutrisi harian sudah full, memaksakan makam akan menjadi surplus kalori. Dampaknya adalah kegemukan. Semoga ulasan di atas bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi