11 Minuman dan Makanan yang Bikin Melek Mata

cemilan-yang-bikin-melek-doktersehat

DokterSehat.Com – Secara tiba-tiba, rasa kantuk bisa saja datang melanda. Aktivitas yang seharusnya segera dikerjakan atau diselesaikan menjadi tertunda karena rasa kantuk. Apabila Anda mengalami situasi tersebut maka cobalah untuk mengonsumsi minuman dan makanan yang bikin melek mata di bawah ini.

Minuman dan makanan yang bikin melek mata

Anda perlu mengonsumsi minuman atau makanan yang bikin melek mata ketika Anda terserang kantuk pada saat jam produktif. Asupan penahan kantuk juga dibutuhkan bagi Anda yang harus belajar atau lembur kerja hingga malam hari.

Berikut ini adalah beberapa minuman dan makanan yang bikin melek mata:

1. Kopi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang ampuh mengusir ngantuk karena mengandung banyak kafein. Kandungan kafein di dalam kopi akan menghambat kerja reseptor adenosin.

Apabila reseptor adenosin pada seseorang terhambat maka rasa kantuk menjadi hilang dan mata Anda akan tetap melek. Konsumsi kopi dalam keadaan hangat bisa membuat mata Anda semakin melek. Akan tetapi, Anda tetap perlu bijaksana dalam mengonsumsi kopi. Janganlah mengonsumsi kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari.

Hal ini dikarenakan konsumsi kopi berlebih bisa meningkatkan risiko insomnia dan kecemasan. Pada orang tertentu, mungkin saja kopi tidak memiliki efek untuk menghilangkan rasa kantuk bahkan menimbulkan efek sakit kepala.

2. Teh hijau

Bagi Anda yang merasa tidak cocok dengan kopi atau ingin asupan kafein yang lebih baik maka konsumsilah minuman teh hijau. Teh hijau juga mengandung kafein yang bisa membuat mata Anda tetap melek.

Meskipun kandungan kafein pada teh hijau tidak sebanyak kopi, teh hijau tetap bisa menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat walaupun harus lembur.

Sama seperti kopi, konsumsi minuman teh hijau juga akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan mudah mengantuk. Jadi, mengonsumsi air bersama kafein adalah pilihan yang ampuh mengatasi ngantuk.

3. Cokelat (Kakao)

Cokelat adalah salah satu makanan yang bikin melek mata ketika diserang rasa kantuk. Kandungan kafein juga hadir di dalam biji cokelat walaupun tidak sebanyak yang dikandung oleh kopi.

Apabila Anda ingin kandungan kafein yang cukup tinggi maka pilihlah dark cokelat. Hal ini dikarenakan semakin gelap cokelat maka semakin tinggi kandungan kafeinnya. Cokelat yang manis juga bisa dipilih karena makanan yang mengandung gula bisa membantu mata tetap melek.

Selain mengandung kafein, cokelat juga mengandung flavonoid yang baik untuk jantung. Anda bisa mengonsumsi cokelat baik dalam bentuk minuman hangat atau cokelat batangan untuk menghilangkan ngantuk. Akan tetapi, penting untuk tetap menjaga batasan jumlah asupan cokelat agar tidak berlebih.

4. Es krim

Selain cokelat, cemilan ringan yang manis juga termasuk makanan yang bikin melek mata. Snack ringan yang manis biasanya mengandung gula. Gula merupakan bahan makanan yang akan dipecah menjadi glukosa.

Glukosa yang cukup akan membuat otak tetap terjaga sehingga rasa kantuk akan hilang. Anda bisa memilih beberapa cemilan manis yang ringan tetapi dengan kandungan karbohidrat yang sangat rendah.

Janganlah memilih cemilan manis yang banyak mengandung karbohidrat. Hal ini dikarenakan di dalam karbohidrat terdapat kandungan serotonin yang menimbulkan rasa kantuk. Anda bisa memilih cemilan manis seperti es krim agar tetap melek.

5. Permen

Makanan yang bikin melek lainnya adalah permen. Menghisap permen bisa membuat mata Anda tetap melek meskipun sedang mengantuk. Kandungan glukosa yang hadir di dalam permen bisa membuat otak tetap terjaga.

Anda juga bisa mengunyah permen karet tetapi Anda harus berhati-hati karena permen karet bisa tertelan secara mendadak. Sebaiknya Anda memilih permen yang memiliki cita rasa tambahan seperti mint atau jahe karena bisa membuat mata Anda semakin melek.

6. Jeruk

Meskipun tidak memiliki kandungan glukosa yang tinggi seperti permen, buah-buahan bisa menjadi makanan yang bikin melek mata. Buah jeruk merupakan contoh buah yang bisa menghilangkan rasa kantuk.

Kandunagn vitamin C di dalam jeruk bisa membuat tubuh Anda semakin segar sehingga bisa mengusir rasa lelah yang merupakan penyebab rasa kantuk. Asam sitrat yang memiliki cita rasa asam juga turut membuat mata Anda tetap melek.

Anda bisa mengonsumsi buah jeruk dalam bentuk buah-buahan atau minuman. Pilihan jeruk peras hangat atau jus jeruk bisa membuat Anda tetap terjaga dari rasa kantuk yang melanda di saat yang tidak tepat.

7. Putih telur

Makan putih telur bisa membuat mata melek? Mungkin Anda merasa ragu untuk percaya bahwa putih telur adalah makanan yang bikin melek mata. Putih telur adalah asupan yang mengandung protein cukup tinggi.

Protein memiliki efek yang berlawanan dengan karbohidrat terkait rasa kantuk. Jika asupan karbohidrat bisa membuat Anda mengantuk maka tidak demikian terjadi pada asupan protein malah sebaliknya. Konsumsilah putih telur ketika rasa kantuk datang melanda padahal Anda memiliki hal yang harus diselesaikan.

8. Daging

Sama halnya dengan telur, daging juga merupakan makanan yang bikin melek mata. Asupan daging sapi atau daging ayam bisa membuat Anda tetap terjaga. Daging cocok dikonsumsi ketika Anda mengantuk pada saat jam produktif. Ini juga merupakan tanda bahwa tubuh Anda kekurangan energi.

Tubuh yang kekurangan energi lebih mudah untuk mengantuk. Daging termasuk bahan makanan yang memiliki kandungan energi tinggi. Jadi, mengonsumsi daging bisa mengembalikan energi Anda dan menghilangkan rasa kantuk. Pilihlah daging yang memiliki kandungan lemak yang rendah.

9. Cabai

Hampir semua orang tentunya sepakat bila cabai merupakan makanan yang bikin melek mata seketika. Bagaimana tidak? Cita rasa pedas yang ada pada cabai akan mengaktifkan otak untuk mengambil tindakan mengonsumsi air dalam jumlah banyak.

Selain itu, cabai merupakan bahan makanan dari keluarga Solanaceae atau terong-terongan yang menghasilkan zat glikoalkaloid. Zat glikoalkaloid yang sebenarnya merupakan pestisida alami bisa merangsang sistem saraf untuk tetap terjaga. Anda bisa mengonsumsi cabai merah atau cabai rawit melalui masakan atau makanan pedas.

10. Tomat

Meskipun tidak memiliki rasa pedas seperti cabai, tomat juga termasuk ke dalam suku terung-terungan yang mengandung zat glikoalkaloid. Anda telah mengetahui sebelumnya bahwa glikoalkaloid bisa membuat mata tetap melek karena akan merangsang saraf.

Akan tetapi, Anda tetap perlu membatasi jumlah asupan tomat atau bahan makanan yang termasuk ke dalam keluarga Solanaceae ini. Hal ini dikarenakan kandungan glikoalkaloid yang terakumulasi dalam jumlah banyak bisa menjadi racun bagi tubuh.

11. Yogurt

Selain lezat dan bergizi, ternyata yogurt bisa menghilangkan rasa kantuk. Yogurt merupakan bentuk makanan hasil fermentasi akibat akivitas bakteri tertentu. Akivitas bakteri tersebut akan memecah protein dan menghasilkan molekul kecil yang disebut amina biogenik.

Amina biogenik ini merupakan neurotransmiter yang akan mengaktifkan saraf sehingga tetap terjaga. Rasa kantuk pun menjadi hilang dan mata tetap melek. Konsumsilah yogurt yang memiliki tambahan buah dengan kandungan vitamin C seperti mangga atau jeruk.