Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sahur adalah saat paling penting ketika menjalankan puasa. Kalau Anda tidak makan sahur dengan benar, tubuh akan mengalami gangguan. Seharian penuh Anda akan mendapatkan rasa lemas, pusing, hingga nyaris pingsan karena tidak kuat dengan rasa lapar dan haus.

5 Hal yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur agar Kuat Puasa

Gangguan di atas bisa diatasi dengan baik kalau Anda sahur dengan benar. Artinya, apa yang masuk ke dalam tubuh sudah tepat dan menyokong nutrisi harian hingga 13-14 jam sebelum berbuka puasa.

Kalau Anda ingin menjalani sisa puasa tahun ini dengan lebih lancar dan mudah, coba penuhi 5 hal ini saat makan sahur.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting karena masuk dalam trio makro nutrien. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari nasi atau sesuatu yang manis seperti gula.

Meski nasi bisa dikonsumsi, alangkah baiknya kalau Anda menggantinya dengan jenis karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, dan roti gandum. Mengapa harus diganti? Karena karbohidrat kompleks memberikan efek kenyang lebih lama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kalau Anda kenyang lebih lama setiap siang, tubuh tidak akan mudah lemas. Anda pun juga tetap bisa konsentrasi kerja dengan baik sehingga sebelum mudik segala aktivitas bisa berjalan dengan lancar.

Anda bisa mengonsumsi 1-2 porsi karbohidrat kompleks atau sekitar 60-90 gram karbohidrat. Hindar hanya minum sesuatu yang manis saja saat sahur.

  1. Lemak

Selama ini lemak selalu dijauhi karena dianggap bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Namun, lemak tetap dibutuhkan karena masuk ke dalam salah satu nutrisi utama. Anda tidak boleh melewatkannya, tapi juga harus membatasinya.

Penggunaan lemak sehat bisa digenjot dari penggunaan minyak kelapa untuk menumis dan avokad. Lemak ini sangat baik untuk kesehatan karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan memerangi obesitas.

Coba buat jus avokad saat sahur kalau ingin mendapatkan rasa kenyang lebih lama tanpa takut menjadi gemuk. Anda bisa mencampur jus dengan susu protein untuk menambah nutrisi.

  1. Protein

Protein adalah trio terakhir dari makro nutrisi yang juga sangat bermanfaat untuk menambah energi dan menjaga kesehatan dari otot yang ada pada tubuh. Saat sahur usahakan untuk tetap makan sebanyak 1-2 porsi protein atau 30-50 gram protein yang bisa didapatkan dari 200 gram daging ayam.

Selain dari daging ayam, Anda juga diperbolehkan mencukupinya dari daging merah yang kaya akan zat besi. Dua hal ini bisa Anda masak dalam kondisi segar agar kandungan proteinnya tidak hancur.

Kalau Anda tidak bisa mencukup kebutuhan protein harian saat sahur, coba cukupi dengan susu whey yang per porsinya mengandung 20-25 gram protein.

  1. Vitamin

Kita tetap membutuhkan vitamin saat puasa karena dengan vitamin kondisi tubuh akan terjaga. Setiap hari kita membutuhkan asupan vitamin C untuk memberikan daya tahan pada tubuh sehingga gangguan seperti mudah flu tidak akan terjadi dan membuat kita tidak bisa berpuasa.

Penuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi banyak buah dan juga sayuran. Kalau Anda tidak yakin bisa memenuhinya, suplemen untuk vitamin bisa dikonsumsi.

  1. Air putih

Selalu penuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Jangan pernah lupa minum sebanyak 3 gelas air putih saat sahur. Dengan minum air sebanyak itu Anda tidak akan mengalami dehidrasi sehingga puasa yang dilakukan saat siang hari bisa berjalan dengan lebih lancar dan aman.

Semoga ulasan di atas bisa membantu kita semua menyelesaikan sisa puasa ini dengan baik dan benar ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi