Terbit: 17 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Makanan yang kita konsumsi bertujuan untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi setiap harinya. Dalam makanan yang kita makan ada nutrisi penting seperti lemak, protein, dan karbohidrat yang akan menghasilkan energi.

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Seks yang Hebat

Makanan Terbaik untuk Aktivitas Seks

Selain tiga nutrisi besar seperti lemak, protein, dan karbohidrat, ada kandungan lain yang lebih spesifik untuk meningkatkan fungsi organ termasuk organ seks. Mengonsumsi makanan tertentu sesuai dengan takaran bisa meningkatkan kemampuan seks pasangan baik pria atau wanita.

Oleh karena itu, selain memenuhi kebutuhan kalori harian, Anda dan pasangan juga harus memperhatikan nutrisi bermanfaat lainnya. Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan kemampuan seks pasangan.

  1. Tiram

Tiram adalah salah satu makanan laut yang baik untuk kemampuan seksual dan reproduksi dari pria. Hewan bercangkang keras ini mengandung zat bernama zinc atau seng yang berguna untuk mempercepat kematangan seksual dari pria. Selain itu, zinc juga membantu pria menstabilkan gairah seksual.

Tiram bisa dikonsumsi menjadi aneka makanan asal diolah ketika masih segar. Meski demikian, cara terbaik untuk mengonsumsi tiram adalah memakannya saat masih segar dan mentah. Daging yang susah dicuci bersih bisa dicampur saus tertentu seperti lemon dengan aneka rempah agar tidak terlalu amis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Meski tiram bermanfaat untuk tubuh ada baiknya untuk memilih jenis tiram yang benar. Beberapa jenis tiram yang didapatkan secara liar kemungkinan besar mengandung beberapa cemaran logam yang cukup berbahaya seperti merkuri.

  1. Buah Delima

Delima mengandung cukup banyak nutrisi pada setiap bijinya. Mengonsumsi delima secara rutin bisa meningkatkan daya tahan. Kandungan polyphenol yang kaya membuat siapa saja menjadi lebih sehat dan memiliki mood yang baik. Selanjutnya, mikronutrien juga membuat hormon seks semakin menanjak baik pada pria atau wanita.

Delima merah juga mengandung flavones yang baik untuk kesehatan penis. Mengonsumsi delima segar atau dalam bentuk juga bisa meningkatkan ereksi dengan sempurna. Terakhir vitamin C baik untuk daya tahan dan meningkatkan energi pada tubuh.

Anda bisa mengonsumsi buah delima langsung setelah membelah buahnya. Selain itu bisa dicampurkan dengan yoghurt atau dimasukkan ke food processor untuk diubah menjadi jus.

  1. Flaxseed

Selain berguna untuk menurunkan berat badan, biji-bijian ini juga mengandung banyak komponen antioksidan yang baik untuk peredaran darah. Gangguan radikal bebas tidak akan bisa masuk dan menyebabkan gangguan lain baik pada organ seksual atau organ lainnya.

Flaxseed yang banyak diolah menjadi salad atau campuran jus ini juga mengandung senyawa bernama lignans. Senyawa ini mirip sekali dengan estrogen yang berguna untuk anti virus, bakteri, dan kanker. Untuk pria, flaxseed mengandung L-arginin yang merupakan asam amino terbaik untuk menjaga kualitas dari sperma.

Yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi flaxseed adalah pengolahannya. meski mengandung nutrisi yang bermanfaat, ada baiknya untuk menyangrai sebelum dimakan. Biji yang masih mentah masih mengandung sedikit komponen racun yang kalau menumpuk bisa berbahaya.

  1. Biji Labu

Biji labu yang berasal dari labu kuning memiliki cukup banyak nutrisi yang terdiri dari zat besi, zinc, dan magnesium. Tiga komponen ini baik untuk tubuh pria dan juga wanita.

Pada pria, kandungan omega-3 bermanfaat untuk membuat prostat menjadi lebih sehat. Seperti yang kita tahu, prostat adalah organ yang cukup krusial untuk kesehatan seksual pria.

Mengonsumsi biji labu juga memperbesar peluang tubuh memiliki aliran darah yang lebih sehat. Kandungan anti inflamasi yang cukup kuat membuat pria mudah mendapatkan ereksi dan selalu bertenaga setiap harinya.

  1. Avokad

Avokad atau alpukat memiliki arti testis dalam bahasa Astec. Sesuai dengan namanya, buah yang mengandung banyak lemak nabati ini juga baik untuk testis. Mengonsumsi avokad dalam jumlah yang tepat dan segar bisa memberikan antioksidan dalam jumlah banyak dan melindungi jantung dari gangguan.

Buah yang sering dijadikan sayur di beberapa negara ini juga mengandung vitamin B-6 yang menjaga keseimbangan saraf. Selanjutnya kandungan potasium membantu pria mendapatkan libido yang besar. Terakhir, avokad juga menurunkan peluang kerusakan DNA pada sperma.

Anda bisa mengonsumsi avokad sebagai buah yang dimakan secara langsung atau diubah menjadi jus dan smoothies. Pilih avokad yang benar-benar matang agar nutrisinya sempura.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat adalah salah satu makanan yang banyak diolah menjadi produk makanan atau minuman. Selain memiliki rasa yang nikmat, cokelat juga bisa mengatasi gangguan saat berhubungan badan. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat kemampuan seks pasangan khususnya pria meningkat.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, cokelat ternyata mampu mengatasi masalah disfungsi ereksi. Itulah kenapa sebelum melakukan seks pria bisa mengonsumsi cokelat panas atau beberapa gigitan cokelat bar.

  1. Kacang-kacangan

Makanan terakhir yang memberikan manfaat pada kemampuan seks padangan adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang seperti almond dan pistachio mengandung cukup banyak mineral seperti magnesium, potasium, dan seng yang selama ini bermanfaat untuk daya tahan dan peredaran darah.

Inilah tujuh makanan yang baik untuk kesehatan seksual pria dan wanita. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

 

 

Sumber:

  1. Roth, Erica dan Rena Goldman. 2016. 7 Foods to Help Boost Your Sex Life. https://www.healthline.com/health/7-foods-enhance-your-sex-life. (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  2. Dresden, Danielle. 2018. Foods to eat for better sex. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322779.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  3. Nutritious Life. 7 Libido-Boosting Foods for Better Sex. https://nutritiouslife.com/love-more/libido-boosting-foods-better-sex/slide/2.-sex-drive-food:-pine-nuts/. (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  4. Herr, Laurie. 7 Foods for Better Sex—Plus a Few to Avoid. http://www.eatingwell.com/article/290371/7-foods-for-better-sex-plus-a-few-to-avoid/. (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  5. Editor Men’s Health. 2013. The Best Foods For Great Sex. https://www.menshealth.com/sex-women/a19547316/better-sex-foods/. (Diakses pada 17 Oktober 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi