Terbit: 2 Oktober 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makanan lembut, lunak, dan mudah dikunyah adalah makanan untuk sakit gigi. Makanan tersebut aman dan tidak memperburuk gejala sakit gigi yang sedang dialami. Ketahui apa saja makanan untuk orang sakit gigi.

12 Makanan untuk Sakit Gigi yang Aman Dikonsumsi 

Makanan untuk Sakit Gigi yang Aman Dikonsumsi

Penyebab umum sakit gigi adalah kerusakan enamel gigi yang menyebabkan tekanan pada saraf gigi. Akibatnya, mulut dan gigi terasa nyeri, iritasi, radang, dan membuat Anda sulit mengunyah serta makan.

Anda disarankan untuk makan makanan yang lembut, lunak, dan adem agar tidak memperburuk gejala. Makanan dingin atau panas dapat memperburuk iritasi di saraf gigi.

Berikut ini rekomendasi makanan saat sakit gigi:

1. Sup

Anda mungkin tidak napsu makan saat sakit gigi karena setiap Anda mengunyah, nyeri gigi semakin terasa. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan makan sup hangat.

Anda tidak perlu mengunyah saat makan sup. Campuran sayuran lembut dan kaldu yang nikmat juga dapat memenuhi asupan nutrisi Anda saat Anda tidak nyaman untuk makan. Pastikan sup tidak terlalu panas karena justru dapat menambah rasa nyeri gigi.

2. Bubur

Makan bubur saat sedang sakit gigi adalah pilihan terbaik. Bubur memiliki tekstur sangat lembut, enak, dan juga mengenyangkan. Anda mungkin makan bubur tiga kali sehari bila gejala nyeri gigi sangat parah.

Selain bubur ayam dari nasi, Anda dapat makan bubur kacang hijau, bubur buah, atau pure sayur. Hal terpenting adalah untuk tidak makan makanan terlalu manis atau terlalu panas.

3. Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat yang dapat dimakan dalam segala situasi. Saat Anda sedang sakit gigi, silakan makan yogurt dengan tambahan buah-buahan yang mudah dikunyah dan menyehatkan.

Yogurt juga mengandung bakteri baik untuk membantu meredakan nyeri gigi. Anda harus memilih jenis yogurt tawar tanpa pemanis buatan. Jangan lupa untuk sikat gigi atau kompres rahang Anda setelah makan yogurt.

4. Kentang Rebus

Kentang rebus adalah pilihan makanan untuk orang sakit gigi yang paling tepat. Kentang rebus mudah dikunyah dan juga menyediakan kebutuhan nutrisi dan karbohidrat harian pengganti nasi.

Anda dapat mengolah kentang dalam berbagai menu lezat seperti mashed potatoes, perkedel, kentang panggang, atau direbus. Kentang adalah alternatif yang bagus saat Anda kesulitan mengunyah dan makan.

Baca Juga: 7 Cara Pijat Sakit Gigi Paling Efektif

5. Pasta

Selain nasi, pasta adalah makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan lembut dikunyah. Pasta yang terbuat dari gandum mengandung gizi tinggi dan rendah lemak serta dapat diolah dalam berbagai menu lezat.

Pasta sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari bila Anda sedang sakit gigi. Semua jenis pasta memiliki tekstur lembut dan bahkan meleleh di mulut. Anda tidak perlu mengunyah dengan keras dan menyebabkan nyeri gigi semakin terasa.

6. Kue Lembut

Makanan saat sakit gigi yang aman dikonsumsi adalah semua jenis kue lembut (soft cake). Anda boleh makan bolu, muffins, pancake, brownies, dan lainnya karena mudah dikunyah.

Walaupun demikian, hindari kue yang terlalu manis karena akan menyisakan bakteri dan memperburuk gejala nyeri gigi. Sebaiknya segera sikat gigi setelah makan kue bertekstur lembut. Anda juga tidak boleh makan terlalu banyak, ya!

7. Smoothie

Smoothies adalah pilihan yang direkomendasikan agar Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi saat sakit gigi dan tidak bisa makan. Anda dapat membuat smoothies dengan berbagai campuran buah dan sayuran sehat seperti pisang, stroberi, bluberi, alpukat, brokoli, dll.

Anda dapat menambahkan bubuk protein atau yogurt tawar sebagai pelengkap. Asupan protein tinggi dapat mempercepat penyembuhan sakit gigi. Perlu dicatat jangan minum smoothies yang terlalu manis atau terlalu dingin.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu pilihan makanan paling menyehatkan yang dapat Anda konsumsi dalam segala kondisi. Oatmeal mengandung karbohidrat sehat yang diolah menjadi energi. Oatmeal juga mengandung vitamin A, vitamin D, kalsium, serat, mineral, dan nutrisi sehat lainnya yang membantu pemulihan.

Oatmeal juga mudah dikunyah dan sangat lembut, jadi sangat cocok dimakan bila Anda sedang tidak napsu makan. Anda dapat memilih oatmeal instant dan makan dalam keadaan hangat atau cenderung adem.

9. Sayur dan Buah Lunak

Bila Anda mengalami gejala nyeri gigi disertai dengan pembengkakan yang cukup parah, Anda mungkin tidak dapat mengunyah sama sekali. Anda dapat mengatasinya dengan makan berbagai jenis sayur dan buah lunak atau campuran sup yang dihaluskan.

Silakan coba menu sup bayam halus, sup ikan, sup ayam, sup brokoli, atau sup jagung dengan tekstur yang sangat halus. Teksturnya hampir seperti bubur bayi. Sup dapat menjaga kebutuhan nutrisi dan mineral Anda.

10. Telur

Siapa yang tidak suka makan telur? Bila Anda tidak alergi telur, silakan makan telur saat sedang sakit gigi. Telur memiliki tekstur yang sangat lembut jadi aman untuk gigi atau gusi yang sedang meradang.

Telur juga kaya akan vitamin, mineral, omega 3, dan protein untuk kebutuhan energi dan pemulihan tubuh. Anda dapat mengolah telur dalam berbagai menu lezat dan mudah dibuat, seperti telur dadar, ceplok, telur rebus, atau telur orak-arik. Sehat dan mengenyangkan!

Baca Juga: 10 Manfaat Siwak untuk Gigi dan Mulut, Disertai Cara Menggunakan

11. Daging Cincang

Daging memiliki tekstur berserat dan keras yang tidak mungkin dimakan oleh penderita sakit gigi. Anda dapat mencoba daging cincang yang sangat halus. Biasanya, daging cincang dijadikan pelengkap pada bubur, pasta, atau nasi. Anda dapat mengonsumsinya tanpa khawatir dengan gejala sakit gigi Anda.

12. Ikan

Ikan memiliki tekstur yang lunak dan mudah dikunyah, namun pilih ikan tanpa duri atau ikan fillet agar lebih mudah memakannya. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan saat sakit gigi adalah salmon, sarden, dan tuna.

Jenis ikan berlemak tersebut kaya akan protein dan asam lemak omega 3. Nutrisi tersebut dapat meredakan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk sakit gigi. Anda tetap harus konsultasi ke dokter, minum obat sakit gigi sesuai resep untuk proses penyembuhan, dan rajin sikat gigi. Beberapa makanan yang disebutkan adalah alternatif agar Anda tetap bisa makan sehat dan lezat saat sedang sakit gigi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Dr. Roberto Monteagudo. 2018. What Can You Eat With A Toothache?. https://emergencydentalomahane.com/what-can-you-eat-with-a-toothache/. (Diakses pada 30 September 2020).
  2. Raman, Ryan, MS, RD. 2018. 15 Soft Foods To Eat After Having Your Wisdom Teeth Removed. https://www.healthline.com/nutrition/what-to-eat-after-wisdom-teeth-removal. (Diakses pada 30 September 2020).
  3. WebMD. 2020. Diet and Oral Health. https://www.webmd.com/oral-health/diet-oral-health#1. (Diakses pada 30 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi