Ragam Makanan yang Ampuh Mempercepat Pertumbuhan Rambut

pertumbuhan-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki rambut yang lebat memang menjadi kebanggan tersendiri bagi kaum Hawa. Apalagi rambut kerap disebut sebagai mahkota seorang wanita. Tidak heran jika sebagian dari Anda berusaha untuk melebatkan dan menstimulasi pertumbuhan rambut dengan menjajal beragam cara. Mulai dari menggunakan serum khusus hingga menjalani perawatan yang cukup unik.

Kendati demikian, ternyata kesehatan rambut Anda juga dipengaruhi oleh ragam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak heran jika Anda yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut dapat menyiasatinya dengan menyantap makanan berikut:

1. Kacang-Kacangan

Salah jenis makanan yang sangat disarankan dan ampuh dalam mempercepat proses pertumbuhan rambut adalah kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan dilengkapi dengan kandungan biotin alias vitamin B7. Kandungan vitamin satu ini memang sudah lama dikenal dapat menstimulasi proses pertumbuhan rambut lebih cepat. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi kacang-kacangan juga menjadikan rambut tampak lebih tebal dan kuat dari sebelumnya.

2. Kerang

Dilansir dari laman Bustle, Anda juga dapat memperbanyak konsumsi kerang. Apalagi kerang merupakan salah satu sumber protein tinggi yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Lebih lanjut, kerang juga diperkaya dengan sejumlah mineral dan vitamin yang ampuh merangsang proses pertumbuhan rambut. Sebut saja seperti zinc, zat besi, kalsium, fatty acid dan juga vitamin C.

3. Telur

Bagi Anda yang memiliki alergi dengan makanan laut seperti kerang juga bisa mengonsumsi telur sebagai gantinya. Tidak kalah dengan kerang, telur dilengkapi dengan kandungan protein, zinc dan zat besi yang cukup tinggi. Apalagi kombinasi bahan aktif tersebut tidak hanya menjadikan kulit kepala dan rambut terasa lebih lembap, tetapi juga ampuh memperbaiki struktur rambut. Tidak heran jika rambut akan menjadi lebih cepat panjang, lebih tebal dan terasa lebih halus.

Selain menggunakan produk perawatan rambut khusus, tidak ada salahnya Anda mulai memperbaiki asupan makanan. Apalagi nutrisi yang terkandung di dalam makanan juga memiliki peranan penting dalam merangsang pertumbuhan rambut secara alami.