Terbit: 31 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan penis secara menyeluruh mulai dari pembuluh darah, fungsi seksual, hingga libido dan level testosteron bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus melalukan banyak hal, mulai dari menjaga sanitasi penis, mengganti celana dalam secara teratur, dan mengatur asupan nutrisi makanan untuk penis.

7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Fungsi Penis pada Pria

Makanan untuk Penis Meningkatkan Fungsi

Kebanyakan pria sering abai dengan apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Apa saja dimasukkan asal kenyang. Dengan mengonsumsi makanan tertentu, bisa membuat fungsi seksual penis bekerja maksimal. Berikut beberapa makanan untuk penis yang baik dan efektif untuk memaksimalkan fungsinya:

  1. Kopi

Kopi memiliki dua efek pada tubuh. Pertama adalah efek diuretik kalau pria mengonsumsinya terlalu banyak. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah terbatas seperti 2-3 cangkir kecil tanpa gula setiap hari bisa meningkatkan kualitas dari ereksi karena aliran darah ke penis bisa berjalan dengan lancar.

Kalau Anda tidak teralu suka kopi bisa menambahkan sedikit krim. Selain itu, konsumsi juga setelah makan untuk menghindari rasa sakit di perut.

  1. Alpukat

Avokad atau alpukat adalah salah satu sumber lemak nabati yang sangat sehat. Selain memberikan rasa kenyang lebih lama, alpukat juga menjadi makanan untuk penis yang paling bagus karena bisa meningkatkan kadar testosteron. Anda yang memiliki tubuh obesitas, alpukat juga membantu penurunan kadar lemak di dalam tubuh perlahan-lahan.

Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk segar atau diolah dahulu. Namun, untuk manfaat peningkatan jumlah sperma, buah yang segar sangat disarankan.

  1. Bayam

Bayam mengandung banyak asam folat yang bermanfaat untuk memudahkan aliran darah ke penis dan mencegah impotensi. Konsumsi bayam dalam jumlah yang cukup juga menyuplai serat di dalam tubuh sehingga pria kenyang lebih lama.

Selain mencegah terjadinya impotensi, makanan untuk penis yang satu ini juga bermanfaat untuk suplai magnesium di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, magnesium bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron secara maksimal.

  1. Apel

Gangguan penis tidak hanya ada pada pembuluh darah dan kemampuan ereksi saja. Lebih dari itu, organ dalam yang menyatu dengan penis seperti prostat juga wajib diperhatikan. Munculnya gangguan pada prostat bisa menyebabkan gangguan ejakulasi hingga berisiko sebabkan komplikasi.

Konsumsi apel segar yang telah dikupas, Anda bisa mengonsumsi dengan kulit setelah dicuci bersih. Apel akan meningkatkan daya tahan dari vitamin C dan antioksidan lainnya.

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran sehat yang sering sekali diabaikan oleh pria. Sayuran oranye ini banyak mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan fertilitas dari pria. Kandungan carotenoid juga meningkatkan kualitas sperma dan motilitas dari sel yang jumlahnya ada jutaan itu.

  1. Cabai

Seperti halnya dengan kopi, cabai juga bisa meningkatkan gairah seksual dari pria. Mengonsumsi makanan pedas bisa membuat pria mengalami kenaikan level testosteron di dalam tubuh dengan signifikan.

Sayangnya tidak semua pria bisa mengonsumsi cabai dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan agar tetap aman dan memberikan manfaat yang besar.

  1. Tomat

Tomat bisa dikonsumsi dalam bentuk buah atau diolah dahulu menjadi saus atau jus. Sayuran ini memiliki banyak kandungan likopen dan vitamin C, sehingga tepat dijadikan makanan untuk penis. Mengonsumsi tomat secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kanker prostat. Selain itu, ada kemungkinan peningkatan jumlah sperma dan motilitasnya.

Dari beberapa makanan di atas mungkin Anda tidak makan. Namun, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Usahakan pilih makanan yang membuat Anda nyaman dan bisa mengonsumsinya secara teratur. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi