23 Makanan untuk Penderita Tipes (Cepat Sembuh)

makanan-untuk-penderita-tipes-doktersehat

DokterSehat.Com – Tipes adalah penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Tipes yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah demam tifoid ini dipicu oleh konsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Selain melakukan langkah pengobatan, penderita tipes juga disarankan untuk mengonsumsi makanan untuk penderita tipes berikut ini.

Makanan untuk Penderita Tipes yang Disarankan

Sama seperti penyakit-penyakit lainnya, tipes atau demam tifoid mengharuskan penderitanya untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Hal ini guna mempercepat proses penyembuhan dari penyakit yang menyerang hampir 100 ribu masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

Makanan yang mengandung kalori, protein, asam lemak omega-3, dan bertekstur lunak adalah jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi para penderita tipes selama masa penyembuhan. Selain itu, makanan penderita tipes juga diharapkan memiliki kadar serat yang rendah. Pasalnya, menurut studi yang dirilis oleh American Journal of Nursing, makanan berserat tinggi justru akan semakin mengiritasi usus yang sedang mengalami peradangan.

Lantas, apa saja menu makanan untuk penderita tipes? Ini dia informasinya.

1. Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Makanan untuk tipes yang disarankan adalah kentang tumbuk atau istilah populernya adalah ‘mashed potato’. Teksturnya yang lunak, pun kandungan nutrisi pada kentang itu sendiri yang di antaranya meliputi karbohidrat dan protein menjadikan makanan ini efektif untuk mengoptimalkan proses penyembuhan penyakit tipes yang tengah diderita.

Pasalnya, zat-zat yang terkandung di dalam kentang tersebut berperan penting dalam memberikan energi bagi tubuh, juga melndungi sistem pencernaan dari infeksi lebih lanjut.

2. Roti

Roti adalah makanan untuk orang tipes selanjutnya yang bisa dikonsumsi secara rutin agar penyakit ini bisa sembuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan roti mengandung kalori yang cukup tinggi, yang mana kalori berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh sekaligus menjaga agar berat badan tidak turun secara drastis, suatu kondisi yang umum dialami oleh para penderita tipes.

3. Bubur

Ketika berbicara mengenai makanan untuk sakit tipes, maka jenis makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Bubur adalah makanan penderita tipes yang bahkan paling disarankan untuk dikonsumsi selama proses penyembuhan berlangsung.

Tekstur yang lunak ditambah kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi pada bubur membantu sistem pencernaan—terutama usus—yang sedang berada dalam kondisi tidak sehat untuk dapat mencerna makanan secara lebih mudah.

4. Telur

Salah satu kriteria makanan untuk penderita tipes adalah kaya akan protein. Telur adalah salah satu sumber utama protein, sehingga makanan ini kiranya wajib ada di dalam daftar menu sehari-hari saat terserang tipes.

Tak hanya itu, pelbagai kandungan zat penting lainnya pada telur seperti asam lemak amino esensial, kalsium, hingga zat besi menjadikan makanan ini mendatangkan banyak manfaat lainnya di samping mempercepat proses penyembuhan tipes.

5. Nasi Putih

Walaupun teksturnya tidak sehalus bubur, namun nasi putih masih tergolong aman, bahkan juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes.

Sama seperti bubur, nasi adalah sumber karbohidrat yang tinggi. Pun, makanan untuk tipes ini mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak terlalu memberatkan kerja sistem pencernaan. Kombinasi nasi dengan lauk sayur-sayuran akan semakin mengoptimalkan fungsinya untuk menyembuhkan tipes dengan cepat.

6. Ayam

Daging ayam—terutama pada bagian dada—menjadi makanan untuk sakit tipes selanjutnya yang disarankan. Pasalnya, dada ayam ini rendah serat, rendah lemak, namun kaya akan protein dan kalori. Satu porsi dada ayam mengandung sekitar 25-gram protein dan 170 Kkal.

Para penderita tipes bisa mengombinasikan dada ayam dengan menu makanan untuk orang tipes lainnya seperti bubur atau mashed potato agar lebih menggugah selera makan.

7. Ikan

Selain ayam, sumber protein hewani lainnya yang bisa dijadikan makanan untuk sakit tipes adalah ikan. Protein pada ikan berperan penting dalam memasok energi bagi tubuh yang banyak hilang saat terserang tipes.

Tak hanya itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang mana zat ini juga dibutuhkan selama masas penyembuhan tipes karena memiliki fungsi mengatasi peradangan (inflamasi). Akan tetapi, konsumsilah ikan yang dimasak dengan cara direbus, alih-alih ikan goreng. Pasalnya, kandungan nutrisi pada ikan akan berkurang apabila dimasak dengan cara digoreng.

8. Puding

Makanan untuk penderita tipes tak melulu sayur, daging, atau buah-buahan. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti puding atau ‘saudaranya’ yakni agar-agar selama masa penyembuhan. Tekstur puding yang lembut membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pun, kandungan glukosanya menjadi sumber energi bagi tubuh.

Guna makin menggugah selera, Anda bisa menambahkan saus fla susu pada puding. Atau, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan seperti anggur dan berry. Selain lebih variatif, buha-buahan membuat puding lebih bergizi sehingga lebih efektif pula untuk menyehatkan tubuh.

9. Alpukat

Alpukat yang dijuluki sebagai ‘superfood’ bersama dengan sejumlah makanan lainnya ini juga tidak boleh ketinggalan dari daftar menu makanan untuk penderita tipes. Pelbagai kandungan nutrisi di dalamnya mulai dari karbohidrat, mineral, hingga asam lemak tak jenuh sudah jelas menjadi alasannya.

Alpukat memang sudah sejak lama digunakan untuk membantu penyembuhan sejumlah jenis penyakit, tak terkecuali penyakit tipes. Anda bisa mengonsumsi buah dengan daging berwarna hijau kekuningan ini baik secara langsung maupun diolah menjadi jus segar.

10. Pisang

Buah lainnya yang wajib dikonsumsi para penderita tipes jika ingin cepat sembuh adalah pisang. Makanan penderita tipes ini, sama seperti mangga, mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah tinggi, sehingga bermanfaat untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

Selain itu, mengonsumsi pisang saat tipes juga bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis.

11. Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air. Hal ini menjadikan buah tersebut sebagai salah satu makanan untuk penderita tipes yang tidak boleh luput dari konsumsi sehari-hari selama seseorang menderita penyakit ini, bahkan ketika memasuki masa pemulihan.

Orang yang terserang tipes harus terhindar dari yang namanya kekurangan cairan atau dehidrasi. Pasalnya, hal ini akan semakin memperburuk kondisi dan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama, Oleh sebab itu, penderita tipes harus mendapat asupan cairan yang cukup setiap harinya.

12. Anggur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute mengemukakan fakta tentang anggur sebagai makanan untuk sakit tipes.

Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa anggur efektif untuk mengatasi peradangan (inflamasi) sejak adanya kandungan senyawa resveratrol.

Baca Juga: 12 Gejala Tipes atau Demam Tifoid yang Wajib Dikenali

13. Melon

Melon adalah buah yang memang mengandung serat, namun kadarnya tergolong sedikit sehingga cocok untuk dijadikan menu makanan untuk penderita tipes.

Manfaat melon untuk membantu mengobati tipes juga dihasilkan oleh sejumlah nutrisi yang dikandungnya, seperti kalori yang berfungsi sebagai sumber energi, lalu vitamin A dan vitamin C yang berperan dalam peningkatan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri penyebab tipes.

14. Air Kelapa Muda

Cara lain untuk menghindari dehidrasi saat terserang tipes adalah dengan minum air kelapa muda yang kaya akan kandungan elektrolit. Selain mencegah dan mengatasi dehidrasi, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang berguna untuk memberikan energi bagi tubuh, pun memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Agar lebih menggugah selera, air kelapa bisa Anda kombinasikan dengan sirup manis maupun air gula merah.

15. Daun Bayam

Selain buah-buahan, sayuran adalah makanan untuk tipes yang juga tidak boleh dilewatkan jika ingin penyakit ini segera sembuh.

Salah satu jenis sayuran yang wajib dikonsumsi selama tipes adalah daun bayam. Bayam mengandung sejumlah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh selama proses penyembuhan tipes, seperti zat besi, asam folat, hingga vitamin C.

Zat-zat tersebut berfungsi untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh, pun memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri penyebab tipes lebih mudah untuk dilawan.

16. Buncis

Buncis adalah jenis sayuran lainnya yang berfungsi untuk menyembuhkan tipes. Makanan untuk orang tipes ini memang mengandung serat, namun kadarnya tergolong sedikit sehingga tidak menjadi beban bagi usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, buncis diperkaya oleh karotenoid dan flavonoid, yang mana keduanya merupakan senyawa antioksidan dengan fungsi meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh.

17. Wortel

Wortel yang identik sebagai vitamin alami untuk mata ini nyatanya juga termasuk ke dalam jenis makanan untuk penderita tipes. Mengonsumsi wortel saat secara rutin diklaim membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes.

Kegunaan wortel sebagai makanan untuk tipes ini dikarenakan adanya kandungan senyawa beta-karoten, yang mana senyawa ini berperan penting dalam memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi lebih maksimal.

18. Daun Basil

Pernah mendengar nama daun basil? Daun ini memiliki bentuk yang menyerupai daun kemangi, namun dengan ukuran yang lebih besar. Daun basil adalah satu di antara makanan untuk sakit tipes. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut mengandung zat yang bersifat antibakteri.

Mengingat bakteri adalah penyebab penyakit tipes, maka cara menyembuhkan penyakit ini tentu saja dengan menekan perkembangannya, yakni mengonsumsi daun basil salah satunya.

19. Cengkeh

Sama seperti daun basil, cengkeh adalah makanan untuk penderita tipes oleh karena jenis rempah ini juga memiliki sifat antibakteri. Mengonsumsi cengkeh diklaim efektif untuk membasmi bakteri penyebab tipes secara efektif.

Tak hanya itu, cengkeh juga disebut ampuh untuk mengatasi gejala penyakit tipes yakni muntah-muntah dan juga diare. Manakala tipes menyerang, konsumsilah teh cengkeh 1-2 kali secara rutin sampai penyakit ini sembuh. Imbangi juga dengan konsumsi makanan untuk sakit tipes lainnya guna mempercepat penyembuhan.

20. Bawang Putih

Usahakan juga makanan yang dikonsumsi memiliki komposisi bawwang putih di dalamnya. Bahan penyedap masakan ini juga termasuk ke dalam makanan untuk penderita tipes. Bawang putih diperkaya dengan zat yang bersifat antimikroba sehingga berfungsi untuk membuang racun di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun perlu diingat, penggunaan bawang putih sebagai makanan untuk tipes ini tidak diperkenankan pada bayi atau ibu hamil yang menderita tipes.

21. Madu

Madu mengandung banyak glukosa dan fruktosa yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh, sehingga tak salah memasukkannya ke dalam daftar makanan untuk tipes yang wajib dikonsumsi bila ingin lekas sembuh.

Tak hanya itu, madu diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting lainnya yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung optimal.

22. Keju

Para penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi keju. Pasalnya, makanan untuk penderita tipes yang terbuat dari susu ini mengandung banyak protein yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika terserang tipes.

Selain keju, yogurt adalah produk olahan susu lainnya yang patut dikonsumsi saat tipes. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan tekstur yogurt yang lunak dan lembut sehingga membantu organ pencernaan untuk lebih mudah bekerja, di samping kandungan proteinnya yang ideal.

23. Cuka Apel

Demam tinggi adalah salah satu gejala tipes. Guna menurunkan demam akibat tipes, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan untuk tipes yang satu ini, yaitu cuka apel.

Paduan cuka apel dengan madu diklaim efektif untuk meredakan pelbagai gejala tipes, termasuk suhu tubuh yang tinggi. Larutkan 1 ½ sendok teh cuka apel dan madu ke dalam segelas air hangat, kemudian minum 2-3 kali sehari secara rutin sampai tipes sembuh.

Makanan yang Harus Dihindari saat Tipes

Di samping makanan yang harus dikonsumsi saat tipes, ada juga jenis makanan lainnya yang justru sebaiknya dihindari jika tidak ingin tipes lama berlangsung lama dan bertambah parah. Makanan-makanan tersebut meliputi:

  • Makanan mentah, seperti salad dan sushi
  • Makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak, seperti daging berlemak, gorengan, dan sebagainya
  • Makanan yang mengandung banyak serat
  • Makanan terlalu pedas
  • Makanan cepat saji (fast food)
  • Minuman mengandung kafein
  • Minuman mengandung soda
  • Minuman beralkohol

Penyembuhan Penyakit Tipes, Ini yang Harus Dilakukan

Secara umum, proses penyembuhan tipes yang berlangsung cepat dapat terjadi jika menerapkan hal-hal berikut ini:

  • Banyak minum air putih (6-8 gelas per hari)
  • Pastikan air yang dikonsumsi air yang benar-benar matang dan terjamin higienitasnya
  • Mengonsumsi makanan penderita tipes yang mengandung protein, kalori, asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya yang berfungsi meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh
  • Khusus konsumsi makanan untuk tipes berupa buah-buahan, kupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dimakan
  • Mengonsumsi obat-obatan (utamanya antibiotik) sesuai dengan resep dokter yang menangani

Tipes dan Tifus Ternyata Berbeda, Lho!

Selama ini, Anda mungkin menganggap tipes dan tifus adalah dua nama berbeda untuk satu jenis penyakit yang sama. Faktanya, keduanya adalah dua penyakit berbeda, kendati gejala yang ditimbulkan mirip satu sama lain, yakni:

  • Demam tinggi mencapai 40 derajat celcius
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Ruam pada kulit
  • Sakit perut
  • Diare
  • Konstipasi
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun

Perbedaan antara tipes dan tifus ini dapat dikenali dari jenis bakteri yang menjadi penyebabnya. Tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmomella thypi, sedangkan tifus (typhus) diakibatkan oleh infeksi bakteri Orientia tsutsugamushi.

Tak hanya itu, dari faktor penyebarannya pun, antara tipes dan tifus memiliki perbedaan. Tipes tersebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri penyebabnya. Sementara itu, tifus dicemarkan melalui kotoran hewan maupun gigitan tungau debu pembawa bakteri penyebab tifus yang mengenai luka pada tubuh.

Itu dia informasi mengenai makanan untuk penderita tipes yang perlu Anda ketahui. Konsumsi makanan untuk tipes yang rutin dan teratur, ditambah suplai obat-obatan dan istirahat yang cukup adalah cara terbaik untuk mempercepat Anda sembuh dari penyakit ini. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Typhoid Diet: Here’s What You Should Eat And Avoid If You Have Typhoid. https://doctor.ndtv.com/living-healthy/typhoid-diet-foods-to-eat-and-avoid-during-typhoid-1879975 [Diakses pada 30 Juli 2019]
  2. Diet during Typhoid: What to Eat and What not to Eat during Typhoid. https://www.lifealth.com/wellness/healthy-living/diet-during-typhoid-what-to-eat-and-what-not-to-eat-during-typhoid-av/83618/ [Diakses pada 30 Juli 2019]
  3. Typhoid Diet Chart. https://www.lybrate.com/topic/typhoid-diet-chart [Diakses pada 30 Juli 2019]
  4. The Diet of Typhoid Fever. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2322745/?page=1 [Diakses pada 30 Juli 2019]