Pola Makan yang Sehat dan Benar Bagi Penderita Diabetes

doktesehat makanan dibatasi saat lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan kenaikan gula dalam darah yang diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

Bagi penderita diabetes, sangat sulit untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Pasalnya, gula darah tersebut bisa melonjak naik dan menurun secara drastis. Oleh sebab itu, mereka kerap mencoba berbagai macam diet sehat agar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara untuk menerapkan pola makan sehat bagi penderita diabetes agar gula darah dalam tubuh tidak cepat melonjak naik maupun menurun secara drastis, diantaranya:

1. Seimbangkan Makanan

Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan. Mereka harus selalu memerhatikan keseimbangan nutrisi pada makanan. Jika mereka mengonsumsi makanan yang salah, misalnya makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka kemungkinan besar gula darah dalam tubuh akan melonjak naik. Untuk itu, penderita diabetes harus bisa menahan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat, seperti nasi. Sebaiknya mereka memperbanyak konsumsi makanan mengandung protei dan serat yang baik untuk tubuh.

2. Perhatikan Porsi Makan

Bukan hal yang aneh lagi jika penderita diabetes akan lebih mudar merasa lapar, sehingga mereka akan sering makan. Sebenarnya, dalam dunia medis menyarankan para penderita diabetes untuk makan setiap 3 hingga 6 jam sekali. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah porsinya. Ada baiknya untuk makan dalam porsi sedikit saja. Selain itu, diperlukan cara untuk mengatur jam makan agar bisa menikmati makanan berat dan makanan ringan.

3. Minum Banyak Air Putih

Tidak perlu dipungkiri lagi jika air putih memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa air putih merupakan obat yang paling manjur untuk mengatasi masalah kesehatan. Sama halnya bagi penderita diabetes, sebaiknya minum air putih yang banyak karena dapat membantu mengurangi kalori cairan dalam tubuh.