10 Makanan untuk Penderita Darah Rendah untuk Bantu Tingkatkan Tekanan Darah

makanan-untuk-penderita-darah-rendah-doktersehat

DokterSehat.Com – Makanan adalah salah satu kunci dari tubuh yang sehat. Ketika menghadapi masalah kesehatan tertentu, umumnya seseorang akan memiliki pantangan makanan dan disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini juga terjadi pada penderita darah rendah. Apa saja makanan untuk penderita darah rendah yang paling disarankan?

Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang di bawah normal. Tekanan darah normal bisa berbeda pada setiap orang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Maka dari itu, untuk mengetahui apakah seseorang menderita tekanan darah rendah, harus dilakukan pemeriksana tensi darah oleh ahli kesehatan.

Pada kondisi ringan, tekanan darah rendah mungkin tidak memerlukan perawatan medis. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningatkan tekanan darah normal adalah dengan memerhatikan konsumsi makanan Anda. Berikut adalah daftar makanan untuk penderita darah rendah yang disarankan oleh pakar kesehatan:

1. Telur

Makanan untuk penderita darah rendah yang pertama adalah telur. Makanan yang tinggiu vitamin B12 seperti telur sangat disarankan untuk penderita tekanan darah rendah. Kekurangan vitamin B12 sering kali memicu anemia, yang merupakan salah stau penyebab umum tekanan darah rendah.

2. Daging merah

Selain telur, makanan tinggi vitamin B12 yang juga merupakan makanan untuk penderita darah rendah yang baik adalah daging merah. Cara kerja daging juga sama seperti telur yaitu meningkatkan tekanan darah dengan cara mengatasi anemia.

3. Hati ayam

Nutrisi lain yang dibutuhkan oleh penderita darah rendah adalah makanan kaya asam folat. Kekurangan asam folat kurang lebih memberikan efek yang sama dengan kekurangan vitamin B12. Hati ayam adalah sumber asam folat yang bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita darah rendah.

4. Asparagus

Makanan untuk darah rendah selanjutnya adalah asparagus. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Asparagus juga merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi asam folat sehingga dapat membantuk meningkatkan tekanan darah.

5. Ikan asap

Jenis makanan untuk penderita darah rendah lainnya adalah makanan yang memiliki kandungan garam tinggi. Anda bisa mengonsumsi ikan asap yang memiliki kadar garam tinggi. Namun makanan yang tinggi garam atau sodium juga dapat meningkatkan risiko kesehatan tertentu, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

6. Keju cottage

Makanan dengan kandungan garam tinggi lainnya yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi adalah keju cottage. Selain memiliki kandungan sodium tinggi, keju juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh.

7. Zaitun

Buah zaitun ternyata dapat dimasukkan ke dalam menu makanan untuk penderita darah rendah. Buah yang lebih sering digunakan minyaknya ini memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi dibandingkan dengan kandungan mineral lain di dalamnya. Buah zaitun dapat dikonsumsi langsung dan bisa juga dijadikan campuran salad atau menu lainnya.

8. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau dengan nutirisi yang tinggi. Bayam memiliki kandungan asam folat dan juga zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia yang menyebabkan tekanan darah rendah. Bayam juga merupakan sumber protein, kalsiu, vitamin A, kalium, dan magnesium.

9. Semangka

Makanan untuk penderita darah rendah selanjutnya berasal dari kalangan buah, yaitu semangka. Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi penderita darah rendah adalah makanan dengan kandungan air tinggi. Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi dan mencegah tekanan darah turun.

10. Buah bit

Buah bit adalah buah yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah karena selian dipercaya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, buah bit juga dipercaya baik untuk penderita tekanan darah rendah. Buah bit dapat meningkatkan jumlah hemoglobin darah dan mengatasi anemia.

Mitos Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Banyak mitos yang beredar di masyarakat bahwa makanan pantangan untuk penderita darah tinggi, sudah pasti baik untuk penderita darah rendah. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa makanan seperti sate kambing atau seafood pasti baik untuk penderita darah rendah.

Faktanya, makanan untuk darah rendah yang baik harus disesuaikan dengan penyebabnya. Nutrisi seimbang juga perlu tetap diperhatikan. Meskipun konsumsi makanan seperti daging kambing atau seafood dapat baik untuk kesehatan, tetap perhatikan pengolahnnya agar tidak meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Diskusikan dengan dokter Anda makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan sebaiknya tidak dikonsumsi penderita darah rendah. Beberapa kondisi juga mungkin mengharuskan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengatasi kondisi darah rendah ini.

Tips untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Selain mengonsumsi obat sesuai petunjuk dokter dan mengonsumsi makanan untuk penderita darah rendah, Anda juga dapat menerapkan tips berikut ini untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal:

  • Jangan asupan makanan. Makanlah dengan nutrisi seimbang dan hindari junk food dan makanan lain yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung dan aliran darah.
  • Periksa tensi darah secara rutin untuk memastikan bahwa tekanan darah Anda normal.
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Minum sebanyak 2-3 liter adalah yang disarankan untuk penderita hipotensi.
  • Hindari rokok dan juga minuman beralkohol.
  • Hindari obat yang memiliki efek samping dapat menurunkan tekanan darah.
  • Hindari berdiri terlalu lama karena dapat membuat penderita tekanan darah rendah merasa pusing.
  • Konsumsilah makanan dengan porsi kecil.

Sama halnya seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga dapat memicu terjadinya komplikasi jika tidak di atasi dengan baik. Diskusikan dengan dokter tentang langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Semoga informasi tentang makanan untuk darah rendah ini dapat bermanfaat.