Terbit: 8 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Konsumsi makanan untuk patah tulang seperti telur, susu, ikan, biji-bijian, dll dapat mempercepat pemulihan. Ketahui apa saja makanan untuk tulang retak dan makanan apa yang dilarang dalam pembahasan ini. 

12 Makanan untuk Patah Tulang agar Pulih Lebih Cepat 

Makanan untuk Patah Tulang agar Pulih Lebih Cepat 

Setelah mengalami patah tulang, Anda membutuhkan nutrisi ekstra untuk mempercepat pemulihan tulang. Makanan sehat menjadi salah satu kunci penting untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang dari dalam. 

Berikut ini jenis makanan untuk tulang retak: 

1. Makanan Tinggi Kalsium 

Kalsium adalah jenis mineral yang berperan untuk membangun komposisi dan kekuatan tulang. Bahkan bila Anda tidak mengalami patah tulang, Anda harus memenuhi kebutuhan 1.000 hingga 1.200 miligram kalsium untuk orang dewasa. 

Kalsium memegang peran penting untuk pemulihan cedera tulang atau kondisi tulang lainnya. Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan sehari-hari seperti susu, produk olahan susu, kangkung, lobak, brokoli, bok choy, dan lainnya. Pelajari tentang makanan tinggi kalsium di sini

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Makanan Tinggi Vitamin D 

Manfaat vitamin D untuk melancarkan penyerapan kalsium dari dalam ke tulang. Anda mungkin sudah konsumsi cukup makanan tinggi kalsium, namun tanpa asupan vitamin D yang memadai hasilnya tidak akan sempurna. Vitamin D akan membantu penyerapan mineral dalam tulang. 

Orang dewasa harus memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 600 IU. Anda bisa mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari di pagi hari, cukup dengan berjemur selama 15 menit setiap pagi. Sumber vitamin D yang baik juga terdapat dalam kuning telur, jus jeruk yang diperkaya, hati, salmon, dan produk susu. 

3. Makanan Tinggi Protein 

Makanan untuk patah tulang tangan adalah makanan yang kaya akan protein termasuk susu, ikan, daging, produk kedelai, keju, dan kacang-kacangan. Protein membangun sekitar setengah dari struktur tulang. 

Jadi, memenuhi kebutuhan protein harian dapat mempercepat regenerasi struktur tulang baru dan struktur tulang yang lebih kuat. Protein juga akan menyerap kalsium dan mineral lainnya untuk tulang lebih baik. 

4. Makanan Tinggi Zat Besi 

Zat besi memproduksi sel-sel darah merah yang sehat dan penuh oksigen. Aliran sel-sel darah dan pasokan oksigen ke tulang akan membantu pemulihan patah tulang lebih cepat. Zat besi juga dapat memproduksi kolagen untuk membangun struktur tulang. 

Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian dari makanan alami seperti daging ayam, daging merah, ikan berminyak, sayuran berdaun hijau, dan sereal yang diperkaya. Ketahui lebih banyak jenis makanan dan manfaat zat besi untuk tubuh di sini.

5. Makanan Tinggi Potasium 

Potasium atau kalium juga termasuk mineral penting untuk tulang. Potasium dapat mencegah tulang kehilangan banyak kalsium yang keluar saat Anda buang air kecil. 

Asupan potasium yang cukup dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang khususnya untuk orang tua atau wanita pascamenopause. Potasium banyak tersedia dalam buah pisang, kentang, ikan, susu, daging, dan kacang-kacangan. 

6. Makanan Tinggi Vitamin C

Setelah mengalami patah tulang, Anda juga harus konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat membantu produksi kolagen untuk penyembuhan patah tulang. Kolagen adalah unsur penting untuk membangun struktur dan jaringan tulang. 

Dokter mungkin menyarankan Anda untuk konsumsi vitamin C tambahan, namun Anda bisa mendapatkannya dari makanan alami seperti buah jambu, pepaya, jeruk, kiwi, kentang, tomat, sayuran hijau, dan lainnya. Pelajari tentang fungsi dan sumber vitamin C di sini

7. Makanan Tinggi Vitamin K 

Vitamin K memang tidak berperan langsung untuk meningkatkan kepadatan tulang, namun vitamin K dapat meningkatkan kadar osteocalcin. Osteocalcin adalah salah satu komponen protein nonkolagen yang penting untuk pembentukan tulang. Vitamin K banyak ditemukan dalam hati, daging, ikan, telur, kembang kol, dan sebagian besar sayuran berdaun hijau. 

8. Produk Susu

Apa makanan untuk tulang retak? Susu dan produk olahan susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, terutama untuk pemulihan patah tulang dan cedera tulang. Vitamin D dan kalsium adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang secara alami. 

Baca Juga: Patah Tulang (Fraktur): Jenis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

9. Ikan

Sumber vitamin D dan kalsium lainnya adalah ikan-ikanan, terutama jenis ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan cod. Ikan-ikanan tersebut juga kaya akan asam lemak omega 3 yang memproduksi formasi kolagen untuk tulang. Jadi, jangan lupa makan ikan agar cepat pulih dari patah tulang. 

10. Biji-bijian 

Makanan untuk patah tulang tangan adalah biji-bijian yang kaya akan mineral kalsium, magnesium, dan vitamin D. Jenis biji-bijian seperti chia seeds, biji labu, kacang hitam, kedelai, dan kacang-kacangan dapat berkontribusi pada kekuatan dan kepadatan tulang. 

11. Telur 

Telur mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, serta juga nutrisi penting seperti vitamin B kompleks dan protein yang semuanya berperan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Anda bisa mengolah telur dengan menu apapun dan rasanya enak. Telur juga makanan umum yang terjangkau dan menyehatkan. 

12. Sayur dan Buah 

Beberapa jenis sayur dan buah termasuk dalam makanan untuk patah tulang, termasuk: 

  • Kale: Mengandung vitamin K untuk mengikat kalsium dalam tulang.
  • Anggur: 3/4 cangkir anggur memenuhi kebutuhan 25% kebutuhan vitamin K harian. 
  • Peterseli: Mengandung vitamin K dan dapat menjadi pelengkap hidangan ikan yang kaya kalsium. 
  • Paprika: Kaya akan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk pembentukan tulang. 

Itulah beberapa jenis makanan untuk pemulihan patah tulang. Selain konsumsi makanan tinggi kalsium, vitamin D, dan mineral lainnya, konsultasikan ke dokter bila Anda membutuhkan suplemen makanan tambahan. 

Makanan yang Dilarang untuk Patah Tulang

Untuk mempercepat pemulihan patah tulang, hindari konsumsi makanan dan minuman berikut ini: 

  • Makanan yang mengandung garam tinggi atau terlalu asin dapat mengurangi kalsium dalam tubuh dan dikeluarkan melalui urine. 
  • Konsumsi lebih dari 4 cangkir kafein tinggi dapat memperlambat pembentukan tulang. 
  • Alkohol. Minum alkohol saat sedang patah tulang hanya akan memperlambat proses pemulihan tulang, bahkan meningkatkan risiko cedera tulang yang lebih parah. 

Pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi kalsium, vitamin D, dan beberapa mineral lain yang sudah disebutkan. Anda juga harus konsultasi ke dokter untuk rencana pola makan terbaik agar pemulihan patah tulang bisa lebih cepat dan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

  1. Dr. Geeta Buryok. 2017. WHAT SHOULD BE THE POST FRACTURE/TRAUMA DIET?. https://www.maxhealthcare.in/blogs/dietetics/what-should-be-post-fracturetrauma-diet. 
  2. Jung, Alyssa. 2018. 12 Foods That Heal Broken Bones. https://www.thehealthy.com/osteoporosis/foods-that-heal-broken-bones/. 
  3. WebMD. 2020. A Healing Diet After Bone Fracture. https://www.webmd.com/osteoporosis/osteo-fracture-diet#2-8. 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi