7 Minuman dan Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

makanan-untuk-otak-doktersehat

DokterSehat.Com – Otak sama dengan organ-organ lain yang Anda miliki. Organ ini membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk bisa berfungsi dengan maksimal. Kalau otak sampai mengalami gangguan, tubuh juga akan terdampak karena koordinasi semua organ di dalam tubuh berada di otak. Oleh karena itu, perlu perhatikan asupan makanan untuk otak.

Makanan untuk otak yang direkomendasikan

Otak juga butuh makanan yang bisa membuat organ ini semakin sehat. Kalau Anda ingin memberikan nutrisi yang cukup untuk otak, konsumsi beberapa rekomendasi makanan di bawah ini.

  1. Ikan laut berlemak

Ikan laut seperti salmon, sarden, dan sejenisnya memiliki kandungan lemak sehat yang cukup tinggi khususnya omega-3. Kandungan asam lemak ini menjaga otak dengan baik karena bisa membantu organ ini membangun sel dan saraf baru yang sedang rusak. Kemampuan ini akan membuat fungsi otak selalu maksimal.

Omega-3 juga menurunkan risiko tubuh mengalami penyakit Alzheimer dan juga gangguan koordinasi pada tubuh. Lebih lanjut, kekurangan omega-3 juga bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan mental seperti depresi.

  1. Kunyit

Kunyit yang selama ini dikenal sering digunakan untuk jamu mengandung cukup banyak manfaat, bahkan tergolong makanan yang baik untuk otak. Kandungan curcumin pada kunyit bisa digunakan untuk menjaga otak secara langsung. Artinya zat bisa langsung masuk ke otak dan memberikan manfaat pada sel.

Selanjutnya, kandungan antioksidan yang cukup besar pada otak juga bisa menurunkan risiko penyakit yang menurunkan ingatan. Depresi yang dialami juga bisa diturunkan perlahan-lahan hingga sembuh. Terakhir, curcumin juga bisa membantu sel pada otak untuk tubuh. Efek ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak hanya memberikan efek melek atau terjaga. Kopi yang kerap dikonsumsi pada pagi hari ini juga memiliki banyak manfaat untuk otak. Kopi memiliki kafein dan antioksidan yang bisa menjaga otak dan menurunkan risiko terjadinya penyakit yang menurunkan memori.

Kopi juga bisa meningkatkan konsentrasi dari seseorang saat bekerja sehingga kemungkinan terjadi masalah akan kecil. Mood dari seseorang juga akan terjaga sehingga tidak mudah marah atau emosional tanpa sebab.

  1. Biji labu

Biji labu juga baik sekali untuk kesehatan otak karena mengandung cukup banyak mikronutein seperti zat besi, magnesium, dan seng. Konsumsi biji labu sebagai camilan yang sehat sebanyak satu genggaman setiap hari. Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan asal tidak dicampur gula terlalu banyak.

  1. Brokoli

Brokoli juga salah satu makana untuk otak yang sangat baik. Mengonsumsi brokoli akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh khususnya suplai antioksidan dan anti inflamasi yang baik sekali untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin K dari brokoli juga menunjang kesehatan secara menyeluruh.

  1. Cokelat hitam

Cokelat mengandung flavonoid yang digunakan untuk melindungi sel dari otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengonsumsi cokelat dengan jumlah yang tepat juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan membuat mood selalu stabil.

  1. Telur

Makanan untuk otak yang berikutnya adalah telur karena mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan otak. Salah satu nutrisi yang bermanfaat itu adalah kolin. Zat ini bekerja sebagai neurotransmitter yang membantu meregulasi mood dan ingatan. Memiliki kolin dalam kadar yang cukup besar di tubuh berhubungan erat dengan fungsi mental dan memori yang kuat.

Telur juga mengandung cukup banyak lemak yang akan meningkatkan kebutuhan kalori harian. Batasi penggunaannya semisal 1-2 butir saja setiap hari. Dengan melakukan ini kebutuhan kolin akan tetap terjaga dan kemungkinan mengalami demensia jadi rendah.

Cara menjaga kesehatan otak

Menjaga otak tidak hanya dilakukan dengan menggunakan helm saat mengendarai motor dan makan yang benar setiap hari. Anda juga bisa menjaga organ penting ini dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Melakukan olahraga secara rutin setiap hari. Olahraga tidak harus yang terlalu intens, cukup yang ringan atau sedang asalkan rutin. Misal dengan jogging ringan atau berjalan cepat. Menurut penelitian yang dilakukan, melakukan olahraga minimal 3 kali seminggu bisa menurunkan risiko demensia hingga 40 persen.
  • Mulai kurangi konsumsi alkohol setiap harinya. Kalau Anda bisa menghentikannya akan lebih baik lagi.
  • Jangan mengonsumsi gula terlalu banyak dan karbohidrat sederhana lainnya. Gula yang berlebihan akan memicu kondisi demensia dan Alzheimer. Lebih lanjut gula yang berlebihan bisa memunculkan diabetes tipe 2.
  • Sebisa mungkin untuk menghindari stres berlebihan hingga yang memunculkan depresi. Otak yang dipaksa untuk memikir terlalu kuat juga bisa mengalami gangguan sehingga peluang terjadi masalah akan besar.
  • Selama bangun dan bekerja, otak akan digunakan tanpa henti. Kalau Anda tidak beristirahat dengan cukup setiap harinya, kemungkinan terjadi gangguan pada otak aka besar. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya.
  • Lakukan pengecekan kesehatan setiap setahun sekali. Lakukan pengecekan hingga ke otak diketahui ada gangguan atau tidak. Kalau ada gangguan bisa segera diatasi.

Demikian ulasan tentang pilihan makanan untuk otak dan cara menjaga kesehatan otak yang sering sekali kita lupakan. Mulai sekarang mari jaga semua organ yang ada di dalam tubuh dengan baik. Jangan biarkan salah satunya mengalami kerusakan dan mengganggu fungsi tubuh secara menyeluruh.