Makanan Terbaik untuk Penderita Pengapuran Tulang

Doktersehat-jenis-jenis-penyakit-tulang

DokterSehat.Com– Pengapuran tulang atau osteoartritis merupakan salah satu penyakit tulang yang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Sebab, menurut sebuah studi, pengapuran tulang juga bisa menyerang seseorang yang berusia 25 tahun dengan penyebab yang beragam, salah satunya adalah kelebihan berat badan. Penyakit yang satu ini memiliki gejala seperti tulang terasa kaku, sulit bergerak, dan bengkak.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala tersebut, Anda harus segera memeriksanya ke dokter karena bisa jadi Anda mengalami pengapuran tulang. Jika Anda mengalami pengapuran tulang, ada beberapa jenis makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi.

1. Udang

Udang merupakan salah satu hewan laut yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang sedang menderita pengapuran tulang. Hal ini dikarenakan udang mengandung glukosamina atau senyawa monosakarida. Menurut sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa glukosamina mampu memulihkan tulang rawan dan meredakan pembengkakan pada tulang.

2. Tahu

Siapa yang tidak pernah makan tahu? Anda tentu pasti pernah menjadikan tahu sebagai teman makan nasi, ataupun hanya sebagai kudapan. Tahu memiliki rasa yang cukup lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Tidak hanya itu, tahu ternyata juga bisa dikonsumsi oleh penderita pengapuran tulang. Hal ini dikarenakan protein yang terkandung di dalam tahun mampu secara cepat memulihkan peradangan pada lutut, serta mampu mengatasi rasa sakit di sekujur tulang.

3. Ikan Salmon

Selain udang, hewan laut lain yang menjadi makanan terbaik bagi penderita pengapuran tulang adalah ikan salmon. Kandungan omega 3 pada ikan salmon mampu mengatasi peradangan pada tulang dan juga bisa menjadi zat antiinflamasi alami. Oleh sebab itu, jika Anda mengonsumsi ikan salmon secara rutin, maka bengkak akibat pengapuran tulang bisa diatasi.