Terbit: 26 Januari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Salah satu mood booster yang paling mudah untuk didapatkan adalah makanan. Betul memang bahwa makanan memang bisa membantu meningkatkan mood, tapi jangan pilih sembarang makanan, ya! Ini dia makanan dan minuman sehat yang bisa jadi mood booster Anda!

mood-booster-doktersehat

Apa Itu Mood Booster?

Mood atau suasana hati dapat berubah-ubah seiring dengan kondisi yang kita alami. Mood dapat memengaruhi semangat kita dalam beraktivitas. Ketika mood kita baik, kita akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas, sedangkan apabila mood kita jelek, maka semangat untuk melakukan berbagai hal juga akan menurun.

Ketika mood sedang turun atau dalam keadaan kurang baik, kita membutuhkan mood booster untuk memperbaikinya. Mood booster artinya adalah peningkat suasana hati atau berbagai hal yang dapat membuat suasana hati membaik.

Mood booster dapat mengacu pada tindakan, instrumen, maupun aktivitas yang dapat membantu Anda melawan depresi, kecemasan, dan juga stres.

Makanan untuk Mood Booster

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mood booster dapat berbentuk tindakan maupun instrumen tertentu. Salah satu bentuk yang paling mudah untuk didapatkan adalah makanan. Ya, siapa sangka bahwa apa yang kita konsumsi ternyata dapat berpengaruh pada suasana hati kita.

Ini dia 10 makanan dan minuman untuk mood booster yang bisa Anda coba!

1. Cokelat

Popularitas cokelat sebagai makanan untuk mood booster sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cokelat terbukti dapat memicu otak untuk melepaskan endorfin dan meningkatkan kadar serotonin. Keduanya merupakan neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat menghasilkan hormon stres yang lebih sedikit dan tingkat kecemasannya juga menurun.

Meskipun begitu, hindari konsumsi produk cokelat yang terlalu banyak mengandung pemanis. Dark chocolate dapat menjadi pilihan cemilan mood booster terbaik Anda.

2. Salmon

Ikan salmon yang kaya omega-3 juga dapat menjadi mood booster.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memengaruhi senyawa kimia otak yang terkait dengan suasana hati seperti dopamin dan serotonin. Selain mengonsumsi ikan salmon, Anda juga bisa memilih jenis ikan lainnya yang juga kaya omega-3 seperti ikan makarel dan tuna.

3. Tiram

Makanan untuk meningkatkan mood selanjutnya adalah tiram.

Tiram memiliki kandungan zinc, mineral yang dapat membantu meredakan kecemasan. Zinc juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, tiram juga mengandung protein yang kaya asam amino tirosin. Zat ini dapat membantu otak memproduksi senyawa kimia yang dapat membantu meningkatkan fungsi mental dan suasana hati.

4. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan.

Pisang merupakan sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, fosfor, zat besi, karbohidrat dan serat. Pisang juga mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan serotonin sehingga suasana hati dapat membaik.

Karbohidrat dapat membantu penyerapan triptofan di otak, sedangkan vitamin B6 berperan mengubah triptofan menjadi serotonin. Selain memperbaiki mood, peningkatan serotonin ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Bayam

Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam produksi serotonin, sehingga kurangnya vitamin B kompleks sering kali dikaitkan dengan depresi.

Jenis vitamin B kompleks yang penting untuk produksi serotonin adalah seperti folat, vitamin B3, B6, dan juga vitamin B12. Salah satu sumber vitamin B kompleks yang dapat Anda dapatkan dengan mudah adalah bayam.

Selain bayam, sayuran hijau lainnya seperti brokoli, lobak hijau, hingga kedelai hijau juga dapat menjadi sumber vitamin B kompleks dan makanan untuk mood booster Anda!

Baca Juga: 17 Makanan Penambah Imun yang Enak dan Bergizi

6. Oat

Mulai hari dengan semangkuk oatmeal dan temukan diri Anda lebih bersemangat karena oat adalah salah satu makanan untuk meningkatkan mood yang bisa diandalkan.

Oat memiliki kadar indeks glikemik rendah, sehingga dilepaskan secara perlahan sebagai energi ke aliran darah. Hal ini dapat menjaga gula darah dan suasana hati Anda menjadi tetap stabil. Oat juga memiliki kandungan selenium, salah satu mineral yang dipercaya dapat menjadi mood booster.

Penelitian menunjukkan seseorang yang kekurangan selenium mengalami peningkatkan tingkat depresi, lekas marah, cemas, dan juga kelelahan.

7. Kacang Mete

Kacang mete juga dapat menjadi makanan untuk meningkatkan mood

Sama seperti tiram, kacang mete juga memiliki kandungan zinc yang memiliki peran penting dalam mengatur suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zinc dapat menyebabkan depresi, gangguan memori, dan agresi.

8. Telur

Makanan untuk mood booster yang kaya kandungan zinc lainnya adalah telur.

Telur juga lezat dan mudah diolah menjadi makanan apa saja. Hal ini yang membuat telur banyak dikonsumsi sehari-hari. Kandungan lain dalam telur yang bermanfaat menjadi mood booster adalah vitamin D.

Vitamin D yang banyak terkandung dalam kuning telur dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D merupakan salah satu faktor risiko depresi pada orang dewasa.

9. Yogurt

Yogurt adalah produk fermentasi dari susu yang kaya akan probiotik.

Probiotik membantu menjaga bakteri usus agar tetap terkontrol dan pencernaan tetap terjaga. Ternyata kondisi ini dapat terkait dengan suasana hati. Penelitian menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang seimbang dengan suasana hati yang lebih baik, stres dan kecemasan yang menurun, dan risiko depresi yang lebih rendah.

Selain dari yogurt, jenis makanan dan minuman fermentasi lain seperti kefir, kimchi, hingga tempe juga dipercaya dapat menjadi mood booster.

10. Teh Hijau

Teh hijau dapat menjadi minuman untuk mood booster ketika Anda mulai kehilangan semangat.

Teh hijau yang kaya antioksidan dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Konsumsi teh hijau secara rutin juga dikaitkan dengan berkurangan gejala depresi pada orang tua. Hal ini diduga karena teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang dapat membantu melawan kecemasan.

Teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang cukup untuk meningkatkan suasana hati, tanpa membuat Anda gelisah (konsumsi kafein berlebih dapat membuat Anda gelisah).

 

  1. Definitions.net. 2019. Definitions for mood booster. https://www.definitions.net/definition/mood+booster. (Diakses 26 September 2019).
  2. Gordon, Karen. 2019. The 11 best mood-boosting foods. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-eating/a25845/11-mood-boosting-foods/. (Diakses 26 September 2019).
  3. Herr, Laurie S. 2019. 7 Foods to Boost Your Mood. http://www.eatingwell.com/article/141652/7-foods-to-boost-your-mood/. (Diakses 26 September 2019).
  4. Hiss, Kimberly. 2019. 18 Foods That Are Proven to Boost Your Mood. https://www.thehealthy.com/mental-health/happiness/food-boost-mood/. (Diakses 26 September 2019).
  5. Wong, Cathy. 2019. 7 Ways to Boost Your Mood With Food. https://www.verywellmind.com/foods-for-a-better-mood-89889. (Diakses 26 September 2019).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi