Kurangi Rasa Nyeri Akibat Asam Lambung dengan Mengonsumsi Makanan Ini

doktersehat-mens-haid-sakit-perut-1024

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang memiliki asam lambung, mungkin akan lebih sering kambuh ketika sedang berpuasa. Sebab, ketika perut dalam keadaan kosong, maka tingkat keasaman pun akan naik. Dengan begitu, bisa menimbulkan rasa nyeri pada pada perut yang sangat membuat tak nyaman.

Ketika asam lambung kambuh, mungkin Anda akan segera memeriksanya ke dokter dan mendapatkan resep obat yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut. Namun, sebenarnya Adan tidak melulu harus pergi ke dokter, sebab ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu Anda mengatasi rasa nyeri akibat asam lambung saat puasa, berikut diantaranya:

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangatlah baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam mengatasi nyeri akibat asam lambung. Anda bisa memilih sayuran hijau yang mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa memerangi H.Pylori. Kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah naiknya asam lambung. Cobalah untuk mengonsumsi satu cangkir sayuran hujau setiap hari. Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah studi yang meminta pasien yang memiliki masalah pada lambung untuk mengonsumsi satu cangkir sayuran hijau. Hasilnya terbukti bahwa setelah mengonsumsi sayuran hijau, pasien tersebut negatif terjangkit bakteri penyebab asam lambung.

  • Makanan Berserat

Makanan berserat tidak hanya baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan, karena berfungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama, serta dapat melancarkan pencernaan sehingga terbebas dari masalah sembelit. Makanan berserat juga bisa mencegah asam lambung dan maag. Sebuah penelitian juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan berserat dapat menurunkan risiko terkena asam lambung. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti gandum, buah-buahan dan sayuran.

  • Madu

Cairan yang hampir sama dengan sirup ini terkenal akan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Rasanya yang manis dan bisa dikonsumsi dengan apa saja ini juga sangat digemari oleh banyak orang. Madu bisa memerangi bakteri jahat di dalam tubuh, salah satunya adalah bakteri H.pylori penyebab asam lambung. Untuk itu, jika asam lambung Anda kambuh, sebaiknya mengonsumsi satu sendok madu alami di pagi hari dan malam hari untuk menenangkan perut.