Terbukti, Inilah 4 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Penuaan Dini

doktersehat-mencegah-penuaan-dini
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki kulit wajah yang kencang dan sehat adalah impian bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Sebab, dengan kulit wajah yang kencang dan sehat, setiap orang pasti akan terlihat selalu awet muda dan hal tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri, terlebih ketika berhadapan dengan orang lain.

Namun, sayangnya ada sebuah masalah yang kerap menjadi problem bagi wajah, yakni penuaan dini. Ya, penuaan dini adalah sebuah proses atau kondisi wajah yang mengalami keriput dan menua walau di usia muda. Sebenarnya, penuaan adalah hal yang wajar terjadi jika seseorang telah lanjut usia. Tapi, jika penuaan dini adalah sebuah proses tak alami sehingga membuat banyak orang menjadi takut jika mengalaminya.

Namun, Anda tidak perlu cemas akan hal itu. Sebab, ada banyak cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini, salah satunya adalah menerapkan pola makan sehat. Ya, perlu diketahui bahwa ada beberapa makanan yang bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Makanan tersebut antara lain:

1. Delima

Delima adalah salah satu jenis buah-buahan yang memang terkenal fungsinya sebagai kesehatan wajah. Hal itu dikarenakan delima memiliki kandungan polifenol dan vitamin C yang bisa melawan radikal bebas serta mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi delima, wajah juga bisa terlindungi dari paparan sinar matahari yang bisa membuat kusam.

2. Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang seperti almond, kacang merah, kacang, tanah, sebagainya adalah jenis makanan yang dipercaya bisa mencegah penuaan dini secara alami. Selain kaya akan protein, kacang-kacangan juga banyak mengandung omega 3 sehingga bisa menjaga kulit dari radikal bebas dan paparan sinar matahari.

3. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang terbilang cukup populer dan digemari oleh banyak orang. Sayur ini memang cukup baik bagi kesehatan, khususnya membantu dalam peremajaan kulit. Selain itu, kandungan fitonutrien pada bayam juga bisa menangkal sinar matahari yang membahayakan kulit.

4. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan manis yang sangat digemari oleh sebagaian orang, khususnya wanita. Di balik rasa manisnya, ternyata cokelat bisa digunakan sebagai pencegah penuaan dini. Tapi disarankan untuk mengonsumsi dark chocolate yang sedikit kandungan gula dan lemaknya.