Terbit: 31 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Apa saja makanan untuk kesehatan vagina? Makanan yang mengandung probiotik, prebiotik, vitamin C, asam lemak omega 3, dan lainnya baik untuk memelihara kesehatan vagina secara alami. Ketahui apa saja makanan yang baik untuk vagina dan tips menjaga kesehatan vagina.

12 Makanan untuk Kesehatan Vagina secara Alami 

Makanan untuk Kesehatan Vagina secara Alami

Setiap wanita harus menjaga kesehatan vagina bukan hanya dari kebersihannya, namun juga dari asupan nutrisi sehari-hari. Beberapa makanan sehat dapat membantu menjaga keseimbangan pH, mencegah infeksi saluran kemih, dan mengurangi risiko infeksi jamur Candida.

Berikut ini makanan yang baik untuk vagina:

1. Makanan Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik Lactobacillus yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan manusia. Bakteri baik juga dapat membantu mencegah infeksi jamur vagina.

Selain itu, bakteri baik Lactobacillus juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan vagina, yaitu:

  • Meningkatkan tingkat keasaman vagina.
  • Membunuh bakteri jahat pada jaringan vagina.
  • Menghambat pertumbuhan vaginosis bakterial (BV) yang dapat mengacaukan keseimbangan pH vagina.
  • Mengatur mikroflora di vagina.

Anda bisa mendapatkan manfaat bakteri baik untuk kesehatan dari makanan fermentasi seperti yogurt, teh kombucha, kefir, kimchi, acar, atau tempe.

2. Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 3

Salah satu manfaat asam lemak omega 3 adalah untuk melancarkan sirkulasi darah area vagina sehingga vagina tidak kering. Kandungan ini juga membantu meningkatkan gairah seks.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat mengurangi gejala nyeri dan kram menstruasi. Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah jenis ikan berlemak seperti salmon dan tuna.

3. Apel

Apel mengandung phytoestrogen phloridzin yang dikaitkan sebagai senyawa untuk meningkatkan fungsi seksual dan kemampuan orgasme yang lebih baik. Sebuah studi dari Gynecology and Obstetrics juga menemukan bahwa wanita yang konsumsi apel setiap hari memiliki tingkat lubrikasi dan gairah seksual lebih tinggi.

Selain itu, apel juga mengandung antioksidan polifenol untuk meningkatkan aliran darah ke jaringan vagina. Kondisi ini akan membuat vagina wanita lebih lembap dan mudah mencapai klimaks saat berhubungan intim.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B6, dan kalium yang berpengaruh pada peningkatan libido. Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam buah alpukat dapat meningkatkan kadar estrogen, menjaga dinding vagina, serta meningkatkan pelumasan vagina.

5. Kedelai

Makanan yang baik untuk vagina selanjutnya adalah kedelai. Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen sebagai pelumas vagina alami. Fitoestrogen adalah senyawa yang serupa dengan estrogen untuk melembapkan vagina. Anda dapat mengambil manfaat fitoestrogen dari makanan seperti tahu, tempe, miso, kacang kedelai, dan edamame.

6. Cranberry

Cranberry mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin C, proanthocyanidins, anthocyanin, asam organik, fenolik, dan flavonol. Berdasarkan Urology Care Foundation, jus cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.

Kandungan alami pada cranberry dapat membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih yang umumnya berkembang setelah melakukan hubungan seksual. Anda bisa mengonsumsi cranberry dalam berbagai olahan seperti jus, smoothie, dimakan langsung, atau suplemen cranberry.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Vagina Kering dan Mengenali Berbagai Penyebabnya

7. Ubi

Ubi jalar kaya akan vitamin A dan beta karoten. Kandungan ini dinilai memiliki efek positif untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, kesuburan wanita, serta memperkuat jaringan otot rahim dan vagina. Beberapa pihak merekomendasikan konsumsi ubi jalar untuk wanita yang ingin hamil.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau adalah makanan untuk kesehatan vagina. Sayuran hijau mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin lengkap untuk meningkatkan sirkulasi darah vaginan, meningkatkan stimulasi, dan juga menjaga kesehatan otot vagina.

Maka dari itu, setiap wanita disarankan untuk konsumsi sayuran setiap hari seperti kale, bayam, lobak, sawi, dan lainnya. Makan sayur secara teratur juga berdampak baik bagi kesehatan seluruh tubuh.

9. Makanan Tinggi Prebiotik

Prebiotik adalah serat yang tidak dapat dicerna tubuh namun berfungsi untuk mendukung probiotik, pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Senyawa prebiotik juga dapat menjaga kesimbangan pH vagina. Contoh makanan prebiotik adalah gandum utuh, kedelai, pisang, bawang putih, daun bawang, bawang bombay, dan asparagus.

10. Dark Cokelat

Dark cokelat mengandung antioksidan jenis flavonoid yang sangat tinggi. Kandungan ini dinilai berpengaruh positif untuk meningkatkan fungsi dan gairan seksual. Selain itu, coklat juga mengandung methylxanthines untuk meningkatkan libido dan dopamin untuk menciptakan efek bahagia.

11. Almond

Almond mengandung zinc dan vitamin untuk mengontrol hormon wanita. Manfaat almond juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menormalkan siklus menstruasi, dan menjaga kesehatan vagina secara umum.

12. Buah-buahan

Semua jenis buah-buahan segar mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi lengkap untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah juga baik untuk kesehatan vagina secara umum.

Contohnya, buah kiwi, jeruk, jambu, stroberi, dan apel mengandung vitamin C untuk meningkatkan stamina dan dorongan seks. Buah-buahan juga kaya akan sumber antioksidan untuk menahan radikal bebas penyebab keseimbangan tubuh yang akan berpengaruh pada kesehatan seksual.

Baca Juga: 13 Cara Merawat Vagina yang Baik dan Benar (Mudah Dilakukan)

Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Selain menjaga kesehatan vagina dari makanan sehat, setiap wanita juga harus menjaga kebersihan dan mengikuti gaya hidup sehat, seperti:

  • Membasuh vagina dengan bersih, jangan menggunakan sabun dengan bahan kimia kuat atau penyakit.
  • Membasuh vagina dari depan ke belakang.
  • Ganti pakaian dalam secara teratur setiap hari, terutama bila sangat berkeringat.
  • Bila sedang menstruasi, ganti pembalut dan bersihkan vagina dengan benar.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun.
  • Olahraga teratur.
  • Kurangi stres.

Nah, itulah pembahasan tentang makanan untuk kesehatan vagina. Pada dasarnya, Anda harus makan sehat setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Bedsider. 2014. Foods that make your vagina happy and healthy (yes, really). https://www.bedsider.org/features/591-foods-that-make-your-vagina-happy-and-healthy-yes-really. (Diakses pada 31 Agustus 2020).
  2. Huizen, Jennifer. 2020. Can diet improve a person’s vaginal health?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327507. (Diakses pada 31 Agustus 2020).
  3. LaForge, Tiffany. 2019. 8 Bites for Your Bits: Your Vagina’s Favorite Foods. https://www.healthline.com/health/womens-health/food-for-vagina#dark-leafy-greens. (Diakses pada 31 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi