Suara Bebas dari Serak Dengan Konsumsi 3 Makanan Super Ini!

doktersehat_manfaat_jahe
Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengalami gangguan pada tenggorokan yang dapat menyebabkan suara menjadi serak atau mungkin hilang? Suara yang tiba-tiba serak atau bahkan hilang tentu sangat mengganggu, ya?

Biasanya kondisi ini terjadi karena beberapa hal, mulai dari kondisi kesehatan tubuh yang kurang fit, atau pemilihan makanan yang kurang tepat.

Hal ini tentu wajar mengingat keduanya bisa memengaruhi kesehatan tubuh yang dapat mengganggu kesehatan tenggorokan dan pita suara.

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

Mengontrol asupan makanan bisa menjadi salah satu cara ampuh yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya ganguan pada kesehatan tenggorokan.

Hal ini bisa menjadi cukup efektif karena kita bisa melakukan pemilihan bahan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tenggorokan.

Lantas, makanan apa saja yang bisa mengganggu kesehatan tenggorokan dan pita suara?

Seperti yang kita ketahui, asal memilih makanan dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Untuk kesehatan tenggorokan dan pita suara, makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan, adalah:

Makanan yang diolah dengan banyak minyak atau digoreng

Makanan yang banyak mengandung minyak, baik minyak alami yang terkandung dalam bahan makanan maupun saat pengolahan bahan makanan, dapat menggangu kesehatan tenggorokan.

Makanan-sebabkan-perut-buncit-puasa-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Anokarina

Hal ini akan semakin besar risikonya, apalagi jika minyak yang digunakan adalah minyak yang telah berulang kali digunakan.

Makanan yang terlalu pedas

Makanan yang diolah dengan banyak bumbu pedas, baik cabai maupun lada, merupakan bahan makanan yang rentan mengiritasi tenggorokan, sehingga akan semakin memperbesar risiko gangguan pada tenggorokan hingga pita suara.

Mananan dengan banyak bumbu

Masakan yang diolah dengan banyak bumbu, umumnya memiliki cita rasa yang kaya dan cenderung berlemak.

doktersehat-sayur-santan-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/dion gillard

Sama dengan makanan yang berlemak dan pedas, dapat menggangu metabolisme pencernaan, termasuk kesehatan tenggorokan.

Minuman yang mengandung alkohol dan banyak mengandung gula

Selain makanan, minuman yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan tenggorokan adalah minuman yang banyak mengandung alkohol dan gula.

Nah, itu dia 4 jenis bahan makanan dan minuman yang tidak boleh banyak dikonsmsi agar kesehatan tenggorokan dan pita suara bisa terjaga.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan pita suara

Lalu, makanan apa saja yang harus kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tenggorokan?

Ini dia 3 jenis bahan makanan yang bisa mendukung kesehatan untuk mendukung kesehatan tenggorokan, pita suara, hingga mampu menjaga kualitas suara!

Air jeruk nipis dengan perasan madu

Dua bahan makanan yang cukup mudah diperoleh ini ternyata super ampuh untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada keduanya, dapat memberikan imunitas tubuh yang optimal.

Madu-lemon-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

Sedangkan, kandungan vitamin dan zat fitonutrien yang ada pada jeruk nipis disebut bisa memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan tenggorokan dan pita suara, hingga bisa membuat suara lebih merdu dan nyaring.

Jahe dengan gula jawa

Sama-sama mudah diperoleh, jahe dan gula jawa merupakan kombinasi yang super untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tenggorokan.
doktersehat-jahe

Hal ini disebabkan jahe memiliki zat yang mampu memberi efek hangat pada tubuh. Kondisi ini membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman sehingga suara yang dihasilkan dapat lebih berkualitas.

Air putih yang cukup

Selain bahan makanan diatas, agar kondisi kesehatan tenggorokan Anda tetap optimal, selalu pastikan kebutuhan air putih Anda tercukupi, ya.
doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024Hal ini penting mengingat tenggorokan dengan kondisi yang sering kering, akan terganggu kelemababnya atau akan rentan mengalami infeksi.