Terbit: 12 Februari 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada beberapa jenis makanan untuk kesehatan kulit untuk perawatan kulit alami. Perawatan kulit dari dalam tubuh melalui asupan makanan sehat untuk kulit berperan lebih luar biasa daripada penggunaan perawatan kulit harian dan kosmetik. Ketahui apa saja makanan sehat untuk kulit, vitamin untuk kulit, dan tips kecantikan kulit lainnya.

11 Makanan untuk Kesehatan Kulit (Sehat dan Cantik)

Vitamin untuk Kulit

Berikut ini adalah vitamin esensial yang berperan dalam meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit, yaitu:

  • Vitamin A: Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, membantu menyembuhkan luka, dan gangguan kulit lainnya.
  • Vitamin C: Berperan sebagai kolagen dan juga antioksidan yang kuat. Ini berperan untuk menangkal radikal bebas pada kulit.
  • Vitamin E: Berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti keriput, kulit kendur, dan kerusakan lainnya.
  • Zinc: Membantu menyembuhkan kulit dari luka atau cedera, bertindak sebagai antioksidan, serta melindungi kulit.
  • Selenium: Membantu antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.
  • Protein: Memproduksi kolagen dan keratin yang berperan untuk membentuk struktur kulit.
  • Antioksidan: Melindungi kulit dari bahaya paparan radikal bebas pemicu kanker kulit.

Semua vitamin dan nutrisi tersebut dijadikan bahan dasar produk perawatan kulit dan kecantikan, namun Anda dapat menemukannya secara alami di buah-buahan dan sayuran.

Makanan untuk Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi dan vitamin asli dari buah dan sayur lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit dan bahkan mampu mencegah berbagai gangguan kulit secara alami. Berikut ini adalah makanan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, yaitu:

1. Alpukat

Siapa yang tidak suka alpukat? Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur lembut dan kaya akan lemak sehat. Berdasarkan penelitian, alpukat dapat meningkatkan kelembapan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, serta membuat kulit jadi kenyal dan lembut.

Alpukat juga mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen yang merupakan protein utama untuk pembentukan struktur kulit. Vitamin C juga membantu memperbaiki kondisi kulit akibat kerusakan dari paparan sinar UV.

Sementara vitamin E memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kulit dari kerusakan oksidatif kulit yang memicu kanker kulit. Manfaat vitamin E lainnya adalah untuk mengatasi kulit keriput, kulit kering, luka, gangguan eksim dan psoriasis, serta mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 12 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

2. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai provitamin A. Beta karoten juga bersifat sebagai karotenoid yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Ini juga dimanfaatkan sebagai tabir surya alami.

Manfaat beta karoten adalah untuk mencegah kondisi kulit kering, keriput, terbakar, serta melindungi kulit dari sel-sel kulit mati. Kandungan ini juga memberikan efek kulit segar dan sehat.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini dipenuhi oleh kombinasi vitamin, mineral, dan beta karoten yang merupakan komponen esensial untuk kulit. Brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin C, zinc, dan senyawa sulforaphane untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit.

Sulforaphane adalah senyawa yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, menetralkan radikal bebas, dan potensial melindungi tubuh dari risiko kanker kulit.

4. Tomat

Tomat mengandung semua karotenoid utama yaitu beta-karoten, lutein, dan likopen. Kandungan ini sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar bahaya sinar UV, mencegah kerutan, serta menjaga kecantikan kulit secara keseluruhan.

Tomat juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas, mencegah keriput, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

5. Kacang Kenari

Tahukah Anda bahwa kacang kenari juga termasuk dalam jenis makanan untuk kesehatan kulit? Kacang kenari mengandung sumber lemak baik esensial, zinc, vitamin C, vitamin E, selenium, dan protein. Semua kombinasi nutrisi dan vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung senyawa tanaman isoflavon. Manfaat isoflavon adalah untuk meningkatkan kadar kolagen di kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi UV, dan dikatakan dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit.

Berdasarkan penelitian, isoflavon juga berperan efektif untuk mengurangi kerutan-kerutan halus di kulit wajah serta meningkatkan elastisitas kulit. Ini tentu saja akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan penampilan kulit.

7. Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak atau fatty fish dikenal kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan tubuh dan kulit. Manfaat asam lemak omega-3 untuk kulit adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatasi peradangan kulit. Kondisi ini juga dikaitkan dengan efektivitas untuk mengatasi penyakit autoimun pada kulit seperti psoriasis.

Ikan berlemak juga mengandung vitamin E yang diketahui memiliki fungsi sebagai antioksidan terpenting untuk kulit. Vitamin E ini akan melindungi kulit dari radikal bebas dan peradangan kulit.

Kandungan zinc dalam ikan berlemak juga baik untuk kulit, yaitu untuk memproduksi sel-sel kulit sehat, menyembuhkan luka, serta memelihara kesehatan kulit secara keseluruhan. Contoh ikan berminyak adalah salmon, tuna, ikan herring, ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, dll.

8. Paprika

Baik paprika merah atau kuning mengandung sumber beta-karoten, vitamin A, dan vitamin C yang merupakan kebutuhan esensial untuk menciptakan kulit yang sehat. Dalam 149 gram paprika mengandung 92% vitamin A dan 317% vitamin C yang dianjurkan dalam asupan harian.

Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin ini berfungsi untuk mengatasi kulit kering, keriput, serta menjaga kulit agar lembap dan sehat.

9. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa katekin yang juga berperan sebagai sumber antioksidan. Berdasarkan penelitian, kandungan ini berfungsi untuk mengurangi 25% efek peradangan kulit akibat paparan sinar matahari. Kandungan teh hijau juga dipercaya dapat meningkatkan kelembapan, kelembutan, dan elastisitas kulit.

Baca Juga: 9 Manfaat Masker Teh Hijau dan Cara Menggunakannya

10. Coklat

Coklat mungkin menjadi makanan favorit banyak orang. Selain memiliki rasa enak dan dapat memperbaiki suasana hati, ternyata coklat juga termasuk dalam jenis makanan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 20 gram coklat jenis dark chocolate dengan kandungan antioksidan tinggi per hari dapat meningkatkan kekuatan kulit terhadap paparan radiasi UV.

Kandungan coklat juga dipercaya dapat mengatasi kulit kasar, keriput, bersisik, kulit kering, serta membuat kulit lebih lembap dan terhidrasi dengan baik, namun ini tergantung pada jenis dan campuran coklat yang Anda konsumsi.

11. Makanan yang Mengandung Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 atau disebut juga dengan CoQ10 adalah sumber antioksidan yang diproduksi oleh tubuh, namun kapasitasnya mungkin berkurang seiring bertambahnya usia.

CoQ10 bermanfaat untuk memproduksi energi, membantu fungsi kerja sel-sel, melembutkan kulit, dan mengatasi gejala penuaan dini. Contoh makanan yang mengandung CoQ10 adalah salmon, tuna, daging unggas, hati, dan biji-bijian utuh.

12. Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Kandungan omega-3 dan omega-6 termasuk dalam lemak sehat yang berfungsi untuk melembapkan kulit, mengatasi bintik atau noda hitam di kulit, serta sebagai penghalang minyak alami kulit Anda.

Asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 juga bermanfaat untuk membuat kulit jadi halus dan terlihat lebih awet muda. Contoh makanan sehat untuk kulit yang mengandung asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 adalah minyak zaitun, ikan air dingin seperti salmon, sarden, makarel, dll.

13. Makanan yang Mengandung Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A seperti jeruk, wortel, melon, sayuran hijau, telur, dan produk olahan susu rendah lemak berfungsi untuk perbaikan kulit. Ini bermanfaat untuk mengatasi kerutan, menghilangkan bintik-bintik coklat di kulit, serta meningkatkan penampilan kulit Anda.

Vitamin A disebut juga sebagai retinoid yang umum digunakan sebagai obat jerawat dan gangguan kulit umum lainnya.

14. Buah-buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus kaya akan sumber vitamin C yang jelas berperan untuk memperbaiki kerutan pada kulit dan meningkatkan kecantikan kulit secara keseluruhan. Contoh buah-buahan sitrus adalah jeruk, lemon, dan jeruk bali.

Hampir sebagian besar jenis buah dan sayur mengandung nutrisi dan vitamin esensial yang dibutuhkan untuk kulit. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi alami untuk kulit bukan hanya dari produk perawatan kulit, namun lebih penting dari buah dan sayuran alami.

Itulah makanan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Apa yang Anda makan berpengaruh besar untuk kesehatan kulit Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Dunn, Mackenzie. 2019. 14 Foods That Give You Glowing, Clear Skin. https://www.womansday.com/style/beauty/g1051/foods-good-for-skin/?slide=3. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  2. Jones, Taylor, RD. 2018. The 12 Best Foods for Healthy Skin. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  3. WebMD. 2019. Slideshow: Foods for Healthy, Supple Skin. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skin-foods. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  4. WebMD. 2019. Nutrients for Healthy Skin. https://www.webmd.com/beauty/nutrients-for-healthy-skin#1. (Diakses pada 12 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi