Terbit: 12 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain wajah dan rambut, ada satu lagi aset berharga yang dimiliki oleh setiap orang dalam menunjang penampilan, yakni kuku. Ya, kuku adalah bagian tubuh yang letaknya pada ujung jari, baik tangan ataupun kaki.

Yuk, Jaga Kesehatan Kuku dengan 3 Jenis Makanan ini!

Kuku sendiri tumbuh dari sel yang serupa dengan gel mati dengan bentuk mengeras yang fungsinya melindungi selaput serta jaringan pada jari dari ancaman luar, misalnya benturan ataupun kotoran.

Sampai saat ini, begitu banyak orang yang menjaga serta merawat kukunya demi menunjang penampilan, khususnya wanita. Oleh karenanya, ada sebuah metode perawatan kuku yang cukup populer, yaitu pedikur dan manikur. Tentu saja tidak murah, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam sebab terapi ini dilakukan oleh tenaga ahli.

Jika Anda enggan mengeluarkan biaya untuk itu, jangan khawatir. Nyatanya, ada beberapa makanan yang dipercaya ampuh dalam menjaga kesehatan kuku. Apa saja makanan tersebut? Berikut di antaranya:

1. Jus Wortel

Wortel memang sangat terkenal akan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Maka dari itu, wortel sangat direkomendasikan untuk kesehatan mata. Tidak sampai di situ saja. Pasalnya wortel juga kaya akan kalsium dan phosphorus yang bisa menguatkan kuku dari dalam. Agar rasanya tidak hambar, Anda bisa mengolahnya menjadi jus dengan tambahan madu ataupun gula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Rumput Laut

Pernahkah Anda mengonsumsi rumput laut? Tumbuhan yang satu ini memang sangat segar dan nikmat jika diolah menjadi sebuah makanan. Selain lezat, nyatanya rumput laut juga kaya akan zinc, silica, dan vitamin B yang baik untuk melindungi kuku dari kekeringan serta kerapuhan pada bagian ujungnya.

3. Brokoli

Sayuran yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya dalam urusan kecantikan, tak terkecuali pada kuku. Hal tersebut dikarenakan brokoli kaya akan sulfur yang bisa membuat kuku menjadi lebih sehat dan tampak segar (tidak pucat). Selain itu, rutin mengonsumsi brokolo juga bisa menhilangkan bercak putih atau noda pada kuku.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi