Atasi Insomnia dengan Makanan Favorit Berikut ini

doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

DokterSehat.Com– Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merugikan tubuh.

Setiap orang normalnya membutuhkan waktu untuk istirahat sekitar 7 hingga 8 jam sehari. Sayangnya, tidak sedikit orang yang bisa tidur dalam waktu lama tersebut. Pasalnya, banyak dari mereka yang mengalami masalah sulit tidur atau yang  biasa disebut dengan insomnia.

Insomnia biasanya disebabkan karena stres dan suasana hati sedang tidak baik. Jika Insomnia terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, bagi Anda yang mengalami insomnia tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah insomnia, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini sebelum tidur. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung potassium cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang baik dikonsumsi saat sedang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, pisang ternyata juga bisa mengatasi masalah insomnia. Sebab, pisang mengandung relaksan otot alami berupa kalium dan magnesium. Kedua zat tersebut dapat membantu Anda tertidur dengan lelap.

2. Susu

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kepadatan tulang saja, susu juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang kerap dirasakan oleh banyak orang, khususnya insomnia. Hal ini dikarenakan susu yang dikonsumsi dalam kondisi hangat dapat membantu menenangkan tubuh sehingga lebih cepat tertidur. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu berperan penting dalam mengubah zat melatonin yakni zat yang akan membuat otak lebih rileks dan beristirahat.

3. Cokelat Hitam

Seperti yang Anda tahu bahwa cokelat dapat membuat berat badan Anda naik secara drastis, sehingga cokelat akan dihindari saat dalam proses penurunan berat badan. Namun, tidak semua jenis coklat memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebab, ada salah satu jenis coklat yang memiliki manfaat baik untuk tubuh, yaitu cokelat hitam. Cokelat hitam ampuh dalam mengatasi masalah insomnia. Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung serotonin yang membuat tubuh, otot, dan otak lebih rileks.