10 Makanan dan Minum yang Bisa Digunakan Kalau Mengalami Flu Perut

minuman-untuk-stomach-flu-doktersehat

DokterSehat.Com – Flu perut atau stomach flu adalah salah satu penyakit menular yang banyak dialami oleh masyarakat. Bahkan di Amerika saja sekitar 21 juta orang mengalami penyakit ini dalam satu tahun. Penyakit yang disebabkan oleh norovirus ini mudah masuk ke saluran cerna dari makanan atau tangan yang kotoran dan memicu nyeri, mual, muntah, dan diare.

Makanan dan minuman untuk stomach flu

Nyeri di perut yang intens dan kadang dibarengi dengan mual dan diare adalah tanda dari kondisi stomach flu. Anda bisa mengalami ini karena makan sembarangan dan ada virus yang masuk dari tangan yang kotor. Untuk membantu menangani kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

  1. Minum air putih yang cukup

Seseorang yang mengalami stomach flu akan cenderung mengalami diare. Kalau diare yang dialami cukup parah, kemungkinan besar seseorang akan kekurangan cairan tubuh. Sebisa mungkin untuk minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Begitu diare terjadi segera ganti air di tubuh agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selain air putih yang akan memberikan cukup banyak cairan dan mencegah lemas, beberapa orang ada yang menambahkan garam dan gula agar berfungsi seperti oralit. Anda bisa mengikuti hal itu juga kalau merasa tubuh terlalu lemas dan saat mau makan perut seperti enggan menerimanya.

  1. Minuman yang mengandung elektrolit

Seseorang yang mengalami diare dan perutnya terus terasa sakit akan cenderung kehilangan elektrolit dalam jumlah banyak. Kalau Anda masih bisa ke dapur untuk membuat air gula dan garam, tubuh tidak akan cepat lemas. Namun, kalau Anda tidak punya waktu atau tidak mampu, minum sesuatu yang banyak mengandung elektrolit.

Sesuatu yang mengandung elektrolit mudah sekali masuk ke dalam tubuh dan mengganti semua yang dikeluarkan dari diare dan keringat. Anda bisa minta tolong keluarga untuk membelikan minuman elektrolit, bukan minuman untuk penambah energi. Keduanya berbeda meski sering dianggap sama. Minuman berenergi cenderung kaya kafein dan memperburuk kondisi diare.

  1. Wedang jahe

Jahe adalah salah satu herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah mual dan muntah yang berlebihan. Kelebihan ini sering digunakan oleh mereka yang sakit atau ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Jahe bisa digunakan untuk membuat minuman hangat atau dibuat menjadi permen yang mudah dibawa ke mana saja.

Saat menggunakan jahe sebagai penghilang rasa mual dan membuat perut jadi nyaman, jangan memakai terlalu banyak atau konsentrasinya tinggi. Cukup pakai sesuai dengan kebutuhan saja. Jahe memiliki rasa pedas dan bisa menyebabkan diare lebih parah kalau dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Sup dari kaldu

Sup sayuran dengan kaldu dari ayam atau aneka tulang juga sangat baik untuk kesehatan. Kaldu mengandung cukup banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini bisa membuat tubuh tidak lemas. Anda bisa membuat sup dengan bahan yang masih segar bukan dari kaldu bubuk.

Tambahkan bahan lain seperti tahu atau sayuran yang lunak dan mudah dimakan. Jangan maka sesuatu yang sekiranya susah dicerna seperti daging merah. Perut akan terasa lebih sakit setelah memakannya.

  1. Pisang atau Nasi

Pisang dan nasi memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat pada pisang dan nasi cukup besar sehingga bisa memberikan energi dengan cepat dan membuat perut jadi nyaman. Anda bisa menggunakan nasi yang hangat untuk makan dengan apapun dan pisang untuk camilan.

  1. Puree apel

Apel yang dibuat puree bisa dikonsumsi secara langsung sebagai pengganti karbohidrat dan membuat nyaman perut. Apel yang digunakan usahakan yang memiliki rasa manis.

  1. Roti

Yang dibutuhkan oleh penderita stomach flu adalah makanan yang mudah dicerna dan memberikan energi yang cepat. Cara ini bisa dilakukan dengan makan roti yang lembut seperti roti tawar putih. Anda tidak perlu pakai roti yang memiliki berbagai aroma dan rasa.

  1. Kentang rebus

Kentang rebus memiliki fungsi sama dengan nasi. Tidak mengandung banyak bahan dan bisa membuat tubuh jadi lebih berenergi. Anda bisa merebusnya dengan atau dimasukkan ke dalam oven untuk dibakar.

  1. Telur

Telur baik dikonsumsi karena mengandung cukup banyak nutrisi mulai dari lemak dan protein. Makan telur akan memberikan suplai energi sehingga Anda tidak mudah lemas. Oh ya, meski telur bisa digunakan, ada baiknya untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng atau menggunakan mentega.

Telur cukup direbus hingga matang seluruhnya. Selanjutnya Anda bisa memakannya sebagai cemilan. Pilih telur jenis ayam kampung meski telur ayam ternak bisa digunakan meski harus dibatasi 2-3 butir saja sehari.

  1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran bisa digunakan untuk mengatasi masalah di perut karena membuat bakteri baik di dana jadi tubuh kembali. Beberapa sayuran ada yang mengandung prebiotik sehingga bisa digunakan sebagai makanan dari bakteri baik sehingga virus yang ada di sana jumlahnya bisa ditekan dengan cepat.

Kalau buah dicampur dengan yoghurt akan lebih baik lagi. Makanan dengan takaran yang benar agar perut jadi lebih nyaman dan nyeri yang menyiksa bisa segera diatasi. Buah dan sayur apa pun bisa dimakan asal tidak terlalu asam atau dimakan dengan sambal yang pedas.

Demikianlah beberapa ulasan tentang makanan dan minuman yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah flu perut. Makanan dan minuman di atas biasanya digunakan untuk mengatasi masalah atau tandanya saja. Untuk penyembuhannya tetap butuh obat dari dokter. Jadi, segera periksakan diri kalau memang rasa nyeri yang dialami semakin tidak nyaman.