Buah dan Sayuran Rendah Kalori yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

doktersehat-makanan-diet
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu kiat untuk menjaga tubuh agar selalu sehat adalah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, khususnya menjaga pola makan. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung rendah kalori juga bagus untuk dikonsumsi agar tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan, seperti obesitas.

Umumnya, makanan berkalori tinggi sering dikonsumsi di waktu senggang, seperti keripik, es krim, junk food, dan masih banyak lainnya. Sehingga, tanpa disadari bahwa makanan tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan sehat seperi buah dan sayuran. Makanan tersebut dikenal memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuhberikut adalah beberapa jenis buah dan sayuran rendah kalori yang bisa dikonsumsi saat sedang diet, diantaranya:

1. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu jens buah yang masuk ke dalam kategori buah beri-berian. Buah ini dikenal dengan rasanya yang sedikit asam, namun masih terasa cukup segar. Umumnya, buah ini dijadikan sebagai pencuci mulut, atau hanya sekedar sebagai cemilan. Stroberi ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dalam 100 gram stroberi hanya mengandung sekitar 33 kalori, sehingga buah ini cocok dikonsumsi saat sedang dalam proses penurunan berat badan. Selain itu, buah stroberi kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Kandungan senyawa polifenol yang ada di dalam  uah stroberi juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit jantung.

2. Mentimun

Kandungan air di dalam buah mentimun mampu membuat tubuh tetap terhidrasi di musim panas.  Mentimun juga sering digunakan dalam perawatan kecantikan, khususnya saat menggunakan masker wajah. Mentimum bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di area mata atau yang biasa disebut dengan mata panda. Tidak hanya itu saja, mentimun juga cocok dikonsumsi ketika sedang diet, sebab buah ini hanya mengandung sekitar 22 kalori per irisan.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli biasanya dikonsumsi ketika sedang dalam penurunan berat badan. Sebab, jenis sayuran ini hanya mengandung sekitar 34 kalori salam satu cangkir brokoli. Cara mengonsumsinya pun bisa dijadikan berbagai olahan, seperti sup hangat, atau hanya sekedar direbus saja.