Terbit: 3 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Konsumsi makanan untuk diare dapat membantu mengurangi gejala, mencegah dehidrasi, dan membuat kondisi Anda lebih baik. Ketahui apa saja makanan untuk meredakan gejala diare dan makanan yang dilarang saat diare.

9 Makanan untuk Diare Agar Cepat Sembuh

Makanan untuk Diare Agar Cepat Sembuh

Diare adalah penyakit pencernaan yang umum terjadi hampir pada sebagian besar orang. Orang yang mengalami diare mengeluarkan feses lunak atau cair saat buang air besar. Umumnya, diare terjadi akibat salah makan, terlalu banyak makan pedas, keracunan makanan, atau penyakit pencernaan yang mendasarinya.

Anda dapat membantu meredakan gejala diare dengan konsumsi beberapa makanan yang menenangkan saluran pencernaan, seperti:

1. Buah

Makan buah-buahan yang mengandung serat larut dan potasium saat Anda mengalami gangguan sistem pencernaan. Serat larut dapat membantu menyerap cairan di usus.

Pilihan yang tepat adalah buah pisang, pir, atau saus apel yang dibuat dari apel tanpa kulit. Selain itu, konsumsi buah yang mengandung elektrolit seperti kelapa muda, lebih baik air kelapa muda murni untuk mengurangi risiko dehidrasi akibat diare.

2. Kentang

Diare akan membuat sistem tubuh jadi lemas karena keluarnya banyak cairan. Jadi, selama Anda mengalami gejala diare, sebaiknya hanya makan makanan yang mengandung tinggi serat, vitamin, dan mineral untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

Rekomendasi makanan untuk diare yang paling tepat adalah kentang rebus tanpa kulit. Kentang memiliki tekstur yang lembut untuk dicerna saat sistem pencernaan terganggu.

Kentang juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh. Kemudian, Anda harus menghindari sayuran yang menyebabkan gas di perut seperti sayuran berdaun hijau, jagung, kacang polong, kembang kol, brokoli, dan paprika.

Baca Juga: Diare: Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatan

3. Yogurt Rendah Lemak

Anda mungkin berpikir susu adalah minuman yang bagus untuk meredakan gejala diare, namun sebenarnya tidak. Sistem pencernaan Anda belum siap untuk menyerap laktosa (gula susu) saat diare, sehingga susu akan sulit dicerna.

Sebaiknya, pilih produk susu yogurt rendah lemak saat diare. Yogurt rendah lemak mengandung kultur bakteri hidup, aktif, dan baik untuk menyeimbangkan kondisi sistem pencernaan. Pilih produk yogurt rendah lemak tanpa pemanis buatan.

4. Biji-bijian

Ada beberapa jenis biji-bijian sehat yang mudah dicerna dan diperkaya nutrisi untuk mengurangi gejala diare. Anda dapat konsumsi gandum utuh, sereal, oatmeal, atau nasi putih polos.

Oatmeal mengandung serat untuk memperbaiki sistem pencernaan. Bila Anda memilih nasi putih, makan nasi putih hangat dengan tambahan kaldu ayam. Anda juga direkomendasikan untuk makan pasta terbuat dari gandum dan nutrisi yang diperkaya.

Walaupun demikian, sebaiknya batasi asupan makanan berserat tinggi selama diare. Serat memang dibutuhkan untuk saluran pencernaan, namun dapat memperburuk diare bila terlalu banyak.

5. Sup Ayam

Diare juga diikuti dengan gejala mual, muntah, dan lemas yang membuat Anda tidak napsu makan. Bila begitu, Anda jangan makanan padat terlebih dulu dan sebaiknya pilih makanan bertekstur lembut dan hangat.

Makanan yang paling direkomendasikan adalah kaldu atau sup bening. Anda mungkin memiliki sup ayam atau sup daging sapi tanpa lemak. Sup yang hangat akan membuat perut tenang, mencegah dehidrasi, dan menambah energi Anda.

Anda mungkin hanya boleh makan sup bening selama beberapa jam selama gejala diare masih terjadi. Bila sudah merasa lebih baik, Anda boleh coba makanan padat sedikit demi sedikit.

6. Makanan Hambar

Selama diare, sebaiknya tidak konsumsi makanan apa pun yang mengandung bumbu, rempah, minyak, atau santan. Anda harus menetralisir sistem pencernaan terlebih dahulu hingga kemampuan mencerna sudah kembali normal dan mengurangi risiko iritasi usus besar.

Ada banyak pilihan makanan untuk mengatasi diare, seperti nasi putih, roti, pasta, telur, dada ayam tanpa kulit, biskuit, atau teh tanpa kafein. Anda harus pilih makanan yang mudah dicerna dan membantu menyerap air dari tinja.

7. Protein Makanan Tinggi

Perbanyak konsumsi protein saat sedang diare karena mudah dicerna. Anda dapat memilih daging ayam kukus, daging sapi, atau ikan tanpa lemak. Makanan berprotein dapat membantu mengembalikan energi yang hilang karena tubuh Anda kehilangan banyak cairan saat diare.

8. Es Stik

Ada dapat makan es stik sebagai camilan selama diare. Es stik dapat membantu Anda mencegah dehidrasi, namun pilih es stik yang dibuat dari buah tanpa pemanis buatan. Es stik juga dapat membuat perasaan Anda jadi lebih baik.

9. Elektrolit

Penting bagi Anda untuk menjaga asupan cairan karena diare rentan membuat Anda dehidrasi. Anda harus mengganti cairan elektrolit yang keluar dengan cairan elektrolit seperti air kelapa atau minuman olahraga. Anda juga dapat membuat cairan gula dan garam.

Itulah beberapa rekomendasi minuman dan makanan untuk diare. Selama diare, Anda harus banyak istirahat dan tetap menjaga asupan nutrisi walaupun Anda mungkin tidak napsu makan. Beberapa jenis makanan yang disebutkan sangat baik untuk mengembalikan kondisi sistem pencernaan.

Baca Juga: 13 Obat Diare Paling Ampuh (Alami dan Medis)

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Berikut ini beberapa jenis makanan yang akan memperburuk gejala diare Anda:

  • Makanan pedas, tentu saja makanan pedas akan semakin membuat iritasi saluran pencernaan Anda.
  • Gorengan, minyak dan lemak akan sulit dicerna mempersulit penyembuhan diare.
  • Makanan manis atau pemanis buatan, makanan manis akan membuat bakteri di saluran cerna menjadi sensitif.
  • Makanan dengan bahan pengawet umumnya memiliki efek pencahar, jadi harus dihindari saat sedang diare.

Makanan dan minuman lain yang harus dihindari saat diare, termasuk:

  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Makanan kaleng
  • Sayur mentah
  • Ikan berlemak
  • Buah sitrus
  • Jagung
  • Buah kering
  • Kopi
  • Kafein
  • Minuman soda
  • Alkohol
  • Sayuran yang mengandung gas seperti kembang kol, brokoli, dan kol
  • Produk susu dan olahan susu kecuali yogurt rendah lemak

Itulah pembahasan lengkap tentang makanan yang dapat meredakan gejala diare. Umumnya, diare akan sembuh dalam 3 hari dengan perawatan sederhana di rumah. Bila gejala bertambah parah dan diikuti dengan komplikasi lain seperti dehidrasi, segera hubungi dokter.

 

  1. Bolen, Barbara, PhD. 2020. What to Eat When You Have diarrhea. https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-for-diarrhea-1944822. (Diakses pada 3 September 2020).
  2. Olsen, Natalie, R.D., L.D., ACSM EP-C. 2018. What foods to eat if you have diarrhea. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320124. (Diakses pada 3 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi