Terbit: 2 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Manfaat behel gigi adalah untuk merapikan gigi yang tidak beraturan. Penggunaan kawat gigi di beberapa minggu pertama terasa sedikit menyakitkan dan tidak nyaman. Anda harus memilih makanan tertentu agar tidak menambah rasa sakit dan tekanan pada gusi dan gigi. Ketahui makanan untuk orang yang baru pasang behel dalam artikel ini!

11 Makanan untuk Baru Pasang Behel yang Aman dan Sehat

Makanan untuk Baru Pasang Behel

Pemasangan kawat gigi dapat membantu memperbaiki gigi Anda secara efektif, namun biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk beradaptasi terhadap rasa sakit dan tekanan pada gusi dan gigi.

Orang yang baru menggunakan kawat gigi harus menghindari beberapa jenis makanan karena dapat tersangkut di kawat gigi dan menyebabkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, simak pembahasan tentang apa saja makanan untuk orang yang baru pasang behel.

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang cocok untuk yang baru pasang behel, terutama untuk sarapan. Tekstur yogurt yang kental dan lembut membuat Anda tidak perlu mengunyahnya, sehingga menghindari gusi sakit.

Yogurt juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat mengganjal rasa lapar lebih lama. Jangan lupa menyikat gigi setelah makan yogurt untuk menghindari sisa gula dan melindungi kesehatan gigi Anda.

2. Sup Ayam

Orang yang baru pasang behel gigi dianjurkan untuk memakan makanan yang bertekstur lembut seperti sup ayam. Kandungan sup ayam yang terdiri dari protein, vitamin, dan mineral dapat membantu mempercepat proses pemulihan gusi dan mulut.

Anda dapat memakan sup ayam dengan roti atau biskuit yang direndam cukup lama agar teksturnya lembut dan mudah dimakan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menambahkan kandungan karbohidrat dalam asupan Anda.

3. Sayuran

Anda dianjurkan makan berbagai jenis sayuran yang sudah dimasak sampai teksturnya lunak, sehingga mudah dikunyah. Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus selembut mungkin.

Rekomendasi sayuran yang paling cocok adalah wortel, brokoli, zucchini, bayam, labu, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

4. Pisang

Pisang adalah makanan untuk baru pasang behel yang paling cocok.

Pisang memiliki tekstur yang empuk dan lembut, jadi gusi dan gigi Anda tidak akan ngilu saat mengunyahnya. Anda dapat memilih jenis pisang apapun seperti pisang susu, pisang mas, atau pisang cavendish yang sudah matang.

Selain enak, manfaat pisang adalah sebagai sumber energi yang baik, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kerja otak, dll. Pisang juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi, Anda dapat tetap makan enak dan sehat tanpa ngilu gusi.

Baca Juga: Behel Gigi: Jenis, Fungsi, dan Cara Merawat

5. Ikan

Tidak ada batasan berapa lama bisa makan setelah pasang behel. Hal yang terpenting adalah memilih jenis makanan lembut.

Apabila tekstur daging sapi atau ayam terlalu keras, Anda masih bisa makan daging ikan yang bertekstur lembut. Pilih jenis ikan yang tidak berduri banyak atau ikan fillet seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan gurame, dan lain-lain.

Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus, digoreng, dikukus, dipanggang, atau olahan sayur ikan lainnya. Selain mudah ditelan untuk orang yang baru pakai behel, manfaat ikan yaitu menjaga fungsi kerja otak, mendukung kesehatan tulang, menurunkan risiko kanker, mengandung protein, dan masih banyak lagi.

6. Scrambled Egg

Scrambled egg atau telur-orak arik adalah makanan yang cocok untuk yang baru pasang behel.

Telur orak arik memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah dikunyah. Selain itu, telur orak-arik juga mudah dibuat dan cocok Anda makan di waktu kapan saja.

Anda juga dapat memasak telur dalam olahan lainnya seperti telur dadar, telur ceplok, atau telur rebus. Semua bentuk olahan telur bertekstur lembut dan tidak akan membuat gigi dan gusi sakit saat memakai behel.

7. Mashed Potato

Mashed potato adalah olahan kentang rebus yang ditumbuk dan dicampur keju.

Mashed potato memiliki tekstur yang creamy dan sangat lembut, sehingga sangat cocok untuk Anda makan ketika gusi, gigi, atau rahang sedang sakit.

Mashed potato juga lebih sehat dan nikmat daripada kentang goreng. Manfaat mashed potato adalah sebagai sumber karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi harian Anda.

8. Makaroni

Makaroni adalah makanan untuk baru pasang behel yang paling cocok.

Anda dapat membuat berbagai olahan makaroni seperti sup ayam dengan makaroni, mac and cheese, pasta, dan makaroni skotel, namun jangan makan makaroni goreng karena teksturnya terlalu renyah.

Makaroni mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan asam folat. Makaroni juga lebih mengenyangkan dan cocok untuk makan siang Anda yang baru pasang behel.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Gigi Behel Tetap Sehat dan Tidak Kuning

9. Oatmeal

Anda sedang mencari makanan yang mudah dikunyah dan mengenyangkan? Oatmeal dapat menjadi alternatif makanan yang cocok agar gusi dan gigi tidak nyeri.

Oatmeal adalah makanan yang penuh dengan vitamin, mineral, nutrisi, dan kandungan antioksidan. Oatmeal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, menjaga kesehatan pencernaan, dll.

10. Seafood

Rekomendasi makanan untuk baru pasang behel selanjutnya adalah seafood.

Berbagai jenis seafood seperti ikan, kerang, cumi, dll memiliki tekstur yang lembut dengan olahan dan kematangan yang tepat. Seafood dapat menjadi alternatif makanan untuk gigi dengan behel yang mudah nyeri.

11. Makanan Lembut

Anda juga masih bisa makan-makanan enak setelah pasang behel. Rekomendasi makanan lembut untuk orang yang baru pasang behel adalah puding, smoothie, soft cheese, sup kaldu, pancake, bolu, dan lainnya.

Beberapa orang yang pakai behel juga suka mengkonsumsi es krim karena sensasi dinginnya dapat menenangkan rasa sakit, namun bila terlalu dingin maka akan menambah iritasi.

Baca Juga: Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan Makanan Manis dan Minum Es

Makanan yang Harus Dihindari Saat Baru Pasang Behel

Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari saat Anda baru pasang behel:

  • Potongan daging yang besar
  • Makanan pedas
  • Buah sitrus
  • Makanan bertekstur keras
  • Makanan yang terlalu renyah
  • Makanan yang kenyal atau lengket
  • Biji-bijian

Itulah pembahasan tentang makanan untuk orang yang baru pasang behel dan apa yang tidak dianjurkan. Hal yang perlu menjadi catatan adalah tidak memakan makanan keras, kenyal, atau renyah sesaat setelah Anda pasang behel karena akan menyebabkan rasa sakit dan behel mungkin akan rusak.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

  1. Higuera, Valencia. 2019. Foods You Can and Shouldn’t Eat If You Have Braces. https://www.healthline.com/health/what-can-you-eat-with-braces(Diakses pada 6 Desember 2019).
  2. Dr. Gemmi, Charles. 2016. The 10 Best Foods for New Braces. https://www.orthodonticslimited.com/braces/the-10-best-foods-for-new-braces/. (Diakses pada 6 Desember 2019).
  3. Dunn Orthodontics. 2019. 15 Soft Foods to Eat after Getting Braces or a Braces Adjustment. https://www.dunn-orthodontics.com/foods-to-eat-after-getting-braces/. (Diakses pada 6 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi