5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah

ikan-salmon-doktersehat
Photo Source: pexels.com

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang makanan yang bisa menurunkan tekanan darah, satu-satunya makanan yang terpikir biasanya adalah mentimun. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apa sajakah makanan tersebut?

Makanan yang menurunkan tekanan darah

Sebenarnya, kita tidak bisa hanya mengandalkan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Gaya hidup harus benar-benar kita ubah menjadi lebih sehat jika ingin mengatasinya. Hanya saja, tak ada salahnya jika kita mulai rajin mengonsumsi makanan penurun tekanan darah karena tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan, bukan?

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Susu

Banyak orang yang berpikir jika susu hanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang saja. Padahal, minuman ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hanya saja, sebaiknya kita memilih susu rendah lemak, bukannya susu biasa yang cenderung tinggi kandungan lemak.

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa susu rendah lemak yang tinggi kalsium bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Bahkan, dampak ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Kita juga bisa mengonsumsi produk susu lainnya untuk menurunkan tekanan darah, yakni dengan rutin mengonsumsi yoghurt. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin makan yoghurt hingga lima porsi atau lebih setiap minggu mampu menurunkan risiko terkena hipertensi hingga 20 persen!

  1. Sayuran hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebagai contoh, kandungan seratnya akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan kalium dan magnesium di dalam sayuran hijau juga akan membantu menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh besar pada kondisi tekanan darah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rajin mengonsumsi sayuran hijau layaknya kangkung, bayam, lobak, dan bit hijau jika ingin menurunkan tekanan darah.

  1. Ikan salmon

Salah satu ikan yang memiliki rasa yang enak ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini sesuai dengan rekomendasi American Heart Association yang menyarankan kita untuk mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 layaknya ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu demi menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Kandungan di dalam ikan salmon juga akan membantu mencegah dan mengatasi peradangan di dalam tubuh. Selain itu, daging ikan salmon juga bisa kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dari berbagai macam makanan dan mencegah datangnya depresi.

  1. Cokelat hitam

Camilan dengan kombinasi rasa manis dan pahit ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavanol di dalam cokelat hitam yang mampu mengendalikan tekanan darah, kolesterol, hingga membantu menyehatkan kondisi otak. Hanya saja, bukan berarti kita bisa mengonsumsi cokelat hitam sebanyak mungkin demi menurunkan tekanan darah. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi cokelat hitam dengan kadar kakao mencapai 70 persen dan membatasi konsumsinya agar tidak sampai satu ons setiap hari.

  1. Buah beri

Cukup banyak jenis buah beri yang bisa kita konsumsi. Hanya saja, pakar kesehatan Sarah Johnson dari Florida State University, Amerika Serikat menyarankan kita untuk rajin makan blueberry karena bisa menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung dengan lebih baik.

Makanan-makanan ini mudah ditemui di berbagai tempat dengan harga yang terjangkau. Jangan ragu untuk rajin mengonsumsinya demi menjaga tekanan darah tetap normal.