Tak Suka Yoghurt? 4 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya!

doktersehat bahaya kedelai
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata probiotik, yoghurt pasti menjadi salah satu bahan makanan yang terlintas di benak Anda, bukan? Ya, yoghrut memang terkenal dengan manfaatnya sebagai bahan makanan sumber probiotik yang cukup mudah diperoleh.

Tak heran jika sebagian besar orang pasti memilih yoghurt jika ingin mendapatkan manfaat yang super dari probiotik.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan yang banyak mengandung probiotik ternyata bukan hanya yoghurt saja, lho.

doktersehat-manfaat-yoghurt
Photo Credit: Flickr.com/Jaro Larnos

Ada cukup banyak bahan makanan yang mengandung probiotik dan cukup mudah kita peroleh atau buat.

Hal ini tentu perlu diketahui mengingat manfaat yang super dari probiotik bisa Anda rasakan dengan maksimal jika dikonsumsi cukup rutin.

Manfaat rutin mengonsumsi probiotik

Seperti yang sudah kita ketahu, konsumsi probiotik dapat memberikan manfaat yang super untuk tubuh.

Hal ini disebabkan probiotik adalah bahan makanan yang mengandung banyak bakteri baik.

Bakteri baik yang ada pada probiotik ini, telah terbukti mampu memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah:

    • Menyehatkan pencernaan, mengingat asupan bakteri baik bisa mendukung fungsi pencernaan, utamanya usus dengan maksimal
      doktersehat-kanker-usus-besar-Inkontinensia-Usus-1024
    • Menjaga kesehatan tulang dan gigi karena adanya asupan bakteri baik yang lengkap
    • Menjaga kesehatan kulit, dan

      merawat-kulit-doktersehat-1
      Photo Credit: Pexels.com
    • Mendukung kesehatan sistem perkemihan serta sistem reproduksi wanita

Manfaat yang luar biasa tersebut dapat kita rasakan jika kita mengonsumsi berbagai jenis makanan sumber probiotik, yang umumnya mengandung dua jenis bakteri baik utama, yaitu jenis lactobacillus dan bifidobacterium.

Lantas, apa saja pilihan makanan sumber probiotik selain yoghurt?

Beberapa bahan makanan sumber probiotik adalah makanan yang diolah dengan cara fermentasi, sumber protein hewani serta olahan dari protein nabati.

Inilah 4 jenis makanan sumber probiotik selain yoghurt!

1. Kimchi

Apakah Anda penggemar makanan olahan fermentasi, yaitu kimchi? Jika ya, maka Anda sudah dapat mendapatkan asupan probiotik dari konsumsi kimchi tersebut, lho.

Ya, kimchi sebagai sayuran fermentasi ternyata mampu memberikan asupan probiotik yang cukup baik untuk tubuh.
Dengan adanya proses fermentasi pada berbagai jenis sayur, misalnya sawi, kandungan bakteri baik pada kimchi akan terbentuk.

Hal ini kemudian juga ditambah dengan adanya kandungan berbagai jenis vitamin yang ada pada olahan sayur kimchi, yaitu zat besi, vitamin A, B kompleks dan vitamin C.

2. Olahan dari kedelai, utamanya tempe

Tempe sebagai bahan makanan yang difermentasi dengan bantuan ragi, ternyata juga memberikan asupan probiotik yang cukup tinggi, lho.

Hal ini tentu cukup baik mengingat tempe adalah salah satu bahan makanan yang cukup sering kita konsumsi sehari-hari dan mudah perolehannya.
Manfaat tempe, yaitu protein nabati dan kandungan probiotiknya akan semakin maksimal jika Anda mengolahnya dengan metode yang rendah lemak seperti kukus, rebus atau panggang.

3. Kefir

Hasil fermentasi susu kambing dicampur dengan grain kefir ini memiliki kandungan bakteri lactobacillus yang cukup tinggi, kefir juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Hal ini tentu membuat kefir menjadi salah satu pilihan makanan yang banyak mengandung probiotik dan bisa dijadikan alternatif sumber probiotik harian.

4. Sauerkraut

Pernahkah Anda mendengar sajian sauerkraut? Sauerkraut adalah olahan sayuran fermentasi, umumnya menggunakan bahan baku kubis atau kol atau sayur lainnya, yang sajiannya mirip kimchi, namun berasal dari Eropa.

Hal ini membuat kandungan gizi dan bakteri fermentasi yang pada sauerkraut juga mirip dengan kimchi, sehingga sama-sama merupakan bahan makanan sumber probiotik yang baik. Anda tertarik mencobanya?