Terbit: 26 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan penderita hipertensi untuk menjaga gaya hidup demi mencegah datangnya masalah kesehatan yang lebih serius layaknya penyakit jantung atau stroke. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi potasium.

7 Makanan Tinggi Potasium Penurun Hipertensi

Manfaat potasium bagi tekanan darah

Pakar kesehatan menyebut potasium mampu mencegah paparan buruk kandungan natrium yang bisa ditemukan di dalam garam. Dengan memperbanyak asupan makanan yang tinggi kandungan potasium, kinerja ginjal juga akan menjadi lebih efisien sehingga hal ini akan mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Hal ini tentu akan berimbas pada menurunnya tekanan darah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi setidaknya 3.500 mg potasium dalam sehari demi membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah datangnya hipertensi.

Beberapa jenis makanan tinggi potasium yang bisa membantu menurunkan hipertensi

Makanan tinggi potasium ternyata bisa ditemukan dengan mudah sehari-hari. Makanan-makanan ini juga memiliki rasa yang enak sehingga membuat kita tidak perlu ragu untuk rutin memakannya.

Berikut adalah makanan-makanan yang tinggi kandungan potasium tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Yoghurt

Salah satu bahan makanan yang lebih sering dikonsumsi orang-orang yang sedang diet ini ternyata juga tinggi kandungan potasium, lho. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi secangkir yoghurt, maka kita akan mendapatkan 380 gram potasium. Jika kita juga menambahkan potongan buah-buahan yang tinggi potasium seperti pisang pada yoghurt ini, maka manfaat kesehatannya juga akan meningkat.

Hanya saja, pastikan bahwa yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan gula yang tinggi demi menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Kacang edamame

Kacang yang memiliki bentuk mirip dengan kedelai ini ternyata juga tinggi kandungan potasium. Jika kita mengonsumsinya satu cangkir saja, maka kita sudah bisa mendapatkan 676 mg potasium. Selain itu, di dalam edamame juga tinggi kandungan protein dan mikronutrien esensial yang bisa menyehatkan otot.

Hanya saja, jika kita ingin menurunkan tekanan darah, sebaiknya tidak menambahkan taburan garam pada kacang edamame demi menurunkan asupan natrium.

  1. Kentang

Kentang dan ubi sangat nikmat untuk dikonsumsi dalam kondisi hangat. Tak disangka, keduanya juga tinggi kandungan potasium dan vitamin A yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sebagai informasi, di dalam kentang terdapat 438 mg potasium. Sementara itu, ubi memiliki kandungan potasium lebih tinggi, yakni 950 mg.

  1. Alpukat

Salah satu buah yang digemari banyak orang karena memiliki rasa yang gurih dan mengenyangkan ini juga bisa membantu mengatasi hipertensi. Hal ini disebabkan oleh keberadaan 975 mg potasium di dalam satu buah alpukat. Bahkan, alpukat juga tinggi kandungan lemak baik yang bisa menyehatkan pembuluh darah, jantung, serta mencegah datangnya stroke.

  1. Semangka

Banyak orang yang tidak tahu jika semangka yang menyegarkan ternyata juga tinggi kandungan potasium. Jika kita mengonsumsi dua potong buah yang tinggi kandungan air ini, kita sudah bisa mendapatkan 640 mg potasium. Selain bisa menurunkan tekanan darah, semangka ternyata juga tinggi kandungan lycopene yang bisa membantu mencegah datangnya kanker.

  1. Tomat

Tomat yang dijadikan pasta secara alami ternyata menyediakan 905 mg tomat. Hanya saja, saus tomat olahan yang bisa kita temukan di pasaran justru tinggi kandungan natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Karena alasan inilah kita harus lebih cermat dalam mengonsumsi sayuran dengan rasa yang menyegarkan ini.

  1. Buah bit

Di dalam secangkir buah bit terdapat kandungan 655 mg potasium. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan nutrisi sehat lainnya seperti vitamin B6 dan vitamin C, magnesium, zat besi, fosfor, serat, dan folat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi