Sederet Makanan yang Dianggap Sehat Padahal Justru Sebaliknya

kebiasaan-setelah-makan-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kita harus senantiasa menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan cara menjaga pola makan sehat yakni dengan memilah dan memilih jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Artinya, kita hanya boleh mengonsumsi jenis makanan sehat yang dianggap baik untuk tubuh.

Saat ini, ada banyak jenis makanan sehat yang bisa kita konsumsi setiap hari. Yang perlu kita tekankan adalah bahwa yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan lemak.

Namun, seringkali kita masih salah dalam menilai makanan. Berikut adalah sederet makanan yang seringkali kita anggap sehat tapi ternyata tidak sehat, diantaranya:

1. Keripik Pisang atau Pisang Goreng

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung potasium, vitamin C, dan serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh, kulit, serta tulang. Akan tetapi, kandungan nutrisi baik dari pisanh tersebut akan hilang jika diolah dengan cara digoreng atau dijadikan sebagai keripik pisang. Olahan pisang seperti itu justru dapat meningkatkan jumlah kalori di dalamnya sehingga sangat tidak disarankan jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Susu Beras

Banyak orang yang menjadikan susu beras sebagai alternatif dari susu sapi yang dianggap mengandung lemak tinggi. Mereka berpikir bahwa susu beras sama sehatnya dengan susu sapi. Padahal, susu beras yang dibuat dari beras ini mengandung karbohidrat tinggi dan sedikit protein dan kalsium. Sehingga, bisa dipastikan bahwa susu beras tidak lebih sehat dari susu sapi. Oleh sebab itu, kita harus tetap minum susu sapi dan jika takut akan lemak yang terkandung didalamnya, boleh pilih susu sapi rendah lemak.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang seringkali dikonsumsi saat sarapan. Tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja, oatmeal juga bisa membantu menyehatkan jantung. Namun, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih oatmeal. Sebab, jika kita memilih jenis oatmeal instant, maka kita tidak akan mendapatkan manfaatnya. Hal ini dikarenakan, oatmeal instant sudah ditambahi berbagai rasa seperti gula atau sodium yang merupakan bahan-bahan tidak sehat.