Terbit: 28 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sarapan bukanlah sebuah kewajiban untuk semua orang. Jadi, semua orang boleh melakukannya atau tidak. Namun, kalau Anda ingin melakukannya, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Kalau Anda salah mengonsumsi makanan saat sarapan, kemungkinan besar tubuh akan mendapatkan efek samping seperti mengantuk sepanjang hari.

8 Jenis Makanan Terbaik untuk Sarapan Setiap Pagi

Alasan melakukan sarapan setiap pagi

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk melakukan sarapan saat pagi hari. Alasan itu terdiri dari beberapa poin di bawah ini.

  • Banyak melakukan pekerjaan berat sejak pagi hari. Kalau Anda bekerja di kantor dan hanya duduk saja mungkin menunda sarapan tidak masalah. Namun, mereka yang bekerja di gudang dan sering mengangkat benda berat akan butuh energi besar di pagi hari.
  • Sering mengalami gangguan lambung kalau tidak segera mengonsumsi makanan sejak pagi hari. Beberapa orang memiliki lambung yang sensitif sehingga telat makan sedikit saja bisa menyebabkan masalah yang besar.
  • Terlalu lemas saat pagi hari dan butuh asupan energi. Beberapa orang ada yang tidak bisa bekerja saat tubuhnya terlalu lemas dan butuh asupan energi yang cukup banyak.
  • Olahraga di pagi hari. Kalau tidak sarapan, olahraga tidak bisa semangat dan maksimal.

Makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat sarapan

Kalau Anda terbiasa sarapan saat pagi hari, ada baiknya untuk tidak salah makan. Kalau Anda sampai salah makan setiap hari, tubuh malah jadi lemas, apalagi sarapannya banyak mengandung karbohidrat sederhana. Oleh karena itu, hanya gunakan beberapa makanan di bawah ini untuk sarapan.

  1. Telur

Telur adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat sarapan. Di dalam telur terdapat banyak sekali nutrisi seperti lemak dan juga protein. Dua nutrisi ini merupakan sumber energi yang besar. Anda bisa mengonsumsi telur sebanyak 1-2 butir di pagi hari. Pengolahan bisa dilakukan dengan digoreng atau direbus.

Dengan mengonsumsi telur secara terbatas setiap pagi, Anda akan mendapatkan banyak sekali nutrisi yang bermanfaat. Nutrisi ini tidak hanya digunakan untuk mencegah tubuh mudah lapar saja, nutrisi juga bisa digunakan untuk melindungi tubuh sebagai antioksidan yang cukup kuat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Oatmeal

Anda membutuhkan oatmeal setiap pagi untuk mendapatkan asupan karbohidrat dalam jumlah banyak. Oatmeal dibutuhkan untuk sarapan karena bisa mengganti nasi putih yang sering kita makan sebagai sarapan. Saat mengonsumsi nasi putih kita memang mendapatkan energi, tapi tubuh jadi lebih lemas dan mengantuk.

Kalau Anda mengonsumsi oatmeal, perasaan mengantuk tidak akan ada karena makanan ini berjenis karbohidrat kompleks. Gula darah akan susah sekali naik dan mengenyangkan karena kandungan serat yang sangat tinggi. Oatmeal bisa dimakan dengan susu atau dengan buah-buahan.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond atau walnut memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk. Kacang mengandung lemak sehat dan juga protein. Dua kombinasi ini akan meningkatkan penyerapan energi pada tubuh di pagi hari tanpa membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

Meski diperbolehkan, pastikan Anda hanya mengonsumsi sekitar satu genggam tangan saja setiap pagi atau kurang dari itu. Kombinasikan dengan sayuran atau buah sesuai dengan preferensi.

  1. Kopi

Kopi dikonsumsi bukan untuk memberikan energi besar dari nutrisi yang diberikan. Kopi dikonsumsi karena mengandung kafein yang cukup besar dan bermanfaat untuk tubuh. Kafein bermanfaat untuk tubuh karena bisa membuat tubuh menjadi lebih semangat, terjaga, dan berenergi.

Kalau Anda suka berolahraga setiap pagi, kopi mungkin bisa menjadi salah satu minuman yang harus dicoba. Dengan mengonsumsi kopi, Anda bisa membakar lemak lebih banyak. Oh ya, tidak semua orang cocok dengan kopi. Ada yang merasakan nyeri di perut hingga pusing saat meminumnya.

  1. Buah beri

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang mengonsumsi buah beri apa pun jenisnya untuk sarapan. Pertama buah ini mengandung antioksidan yang sangat kuat dan bisa menjaga tubuh dari penyakit. Kedua, buah beri mengandung banyak serat yang akan membuat Anda jadi kenyang lebih lama.

Buah beri juga memiliki rasa nikmat dan bisa diolah menjadi apa saja. Bahkan bisa dimakan langsung dalam kondisi segar. Oh ya, kalau makan buah ini pastikan tidak menambahkan terlalu banyak gula.

  1. Protein kocok

Protein kocok berjenis whey atau kasein mengandung protein dalam jumlah banyak dan mudah diserap tubuh. Mengonsumsi minuman jenis ini di pagi hari akan membuat Anda menjadi lebih kenyang tanpa takut mengantuk. Selain itu, tubuh juga akan kenyang lebih lama hingga siang hari.

  1. Teh hijau

Teh hijau bisa dikonsumsi untuk sarapan dengan fungsi mirip dengan kopi. Kalau Anda tidak tahan minuman dengan kafein terlalu tinggi, teh hijau adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengonsumsinya dengan ditambah madu atau tanpa campuran apa pun.

  1. Buah-buahan

Berbagai jenis buah selain beri juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, buah juga mengandung serat tinggi sama dengan berbagai jenis sayuran yang sering kita makan.

Semua jenis buah bisa digunakan untuk sarapan. Pisang menjadi salah satu yang terbaik karena bisa memberikan kenyang lebih lama. Aneka jeruk dan buah berair lainnya juga baik untuk menghidrasi tubuh.

Sekali lagi, sarapan memang bukan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Namun, dengan melakukan sarapan, Anda bisa mendapatkan cukup banyak nutrisi yang bisa digunakan untuk seharian dan saat siang dan sore hari kita tidak kalap makan apa saja yang diinginkan. Nah, bagaimana menurut Anda? Lebih baik sarapan atau langsung melakukan bruch?

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi