Terbit: 20 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika ingin ginjal sehat, kita biasanya disarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Hanya saja, ternyata ada beberapa jenis makanan yang juga bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan ginjal, lho. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

6 Makanan Terbaik bagi Ginjal

Makanan yang Bisa Membuat Ginjal Sehat

Mengingat fungsi ginjal sangatlah penting bagi tubuh kita, sebaiknya kita menjaga gaya hidup sehat demi memastikan organ ini mampu menjalankan tugasnya dengan lancar. Salah satu cara untuk menjaga organ ini adalah mengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa membuat ginjal tetap sehat.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal luas sebagai salah satu bumbu yang paling sering kita gunakan saat memasak. Tak hanya membuat rasa dan aroma masakan menjadi lebih nikmat, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ginjal.

Salah satu senyawa di dalam bawang putih, yakni quercetin yang termasuk dalam sejenis flavonoid bisa memberikan efek layaknya antioksidan yang bisa melawan peradangan, iritasi, dan paparan buruk radikal bebas. Kandungan ini juga bisa memberikan perlindungan bagi ginjal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat fungsi ginjal dalam menyaring darah akan semakin membaik. Tubuh pun akan tetap sehat dan bugar jika kita rutin mengonsumsinya.

  1. Kacang Merah

Kacang merah sering dijadikan camilan, saus, atau dijadikan isian bagi roti. Rasanya yang manis disukai oleh banyak orang. Tak disangka, rutin makan kacang merah juga bisa memberikan perlindungan bagi ginjal kita, lho. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kacang merah bisa dijadikan makanan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

Beberapa jenis makanan dari kacang merah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sup kacang merah atau es kacang merah yang enak dan menyegarkan.

  1. Kayu Manis

Salah satu bumbu yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi ginjal lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah atau glukosa. Tak hanya berimbas pada menurunnya risiko terkena diabetes, hal ini juga bisa berimbas pada menurunnya risiko terkna masalah pada ginjal.

Banyak orang yang menggunakan kayu manis sebagai pengganti gula saat mengonsumsi minuman seperti teh. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen meskipun tentu saja sebaiknya sesuai dengan saran dari dokter.

  1. Putih Telur

Penderita penyakit ginjal ternyata tidak disarankan untuk sembarangan mengonsumsi kuning telur. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfor di dalamnya yang tergolong tinggi. Hanya saja, mereka masih bisa mengonsumsi putih telur yang tinggi protein namun cenderung aman bagi ginjal.

Mereka yang harus rutin melakukan cuci darah ternyata juga sangat disarankan untuk rutin makan putih telur meskipun tentu saja jumlahnya harus dibatasi agar tidak berlebihan.

  1. Buah Cranberi

Kandungan vitamin C dan mangaan di dalam buah cranberi sangat tinggi dan bisa memberikan manfaat bagi ginjal. Bahkan, rutin mengonsumsi jus dari buah ini disebut-sebut bisa membantu menurunkan risiko terkena infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ada 2012 silam di Afrika Selatan, disebutkan bahwa rutin mengonsumsi buah ini bisa membantu menurunkan kadar oksalat serta fosfat, dua nutrisi yang bisa menyebabkan datangnya batu ginjal.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa dijadikan pengganti minyak sayur karena kandungan nutrisinya sangat baik bagi ginjal kita. Penderita penyait ginjal kronis bahkan sangat disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

 

Sumber:

  1. Group, Edward. 2014. 7 Best Foods to Support Kidney Function. globalhealingcenter.com/natural-health/7-best-foods-support-kidney-function/ (Diakses pada 20 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi