Ganggu Tidur, 4 Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dikonsumsi saat Malam Hari!

doktersehat-es-buka-puasa
Photo Credit: Flickr.com/Andrew Mason

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengalami gangguan saat tidur di malam hari? Terjadinya berbagai gangguan saat tidur, tentu membuat kualitas tidur menjadi buruk dan dapat menyebabkan tubuh tidak bisa beristirahat dengan optimal.

Secara tidak langsung, hal ini juga bisa memengaruhi performa tubuh keesokan harinya, karena tubuh yang kurang tidur umumnya menjadi lemas dan sulit berkonsentrasi.

Meskipun bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penggunaan obat hingga faktor stress, gangguan tidur ternyata juga bisa disebabkan oleh hal sepele, yaitu pemilihan makanan dan minuman saat malam hari yang kurang tepat, lho.
doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

Ya, makanan, yang kerap dianggap sepele, ternyata bisa juga mengganggu kualitas tidur. Hal ini disebabkan adanya berbagai kandungan zat pada makanan, yang bisa memengaruhi fungsi metabolisme hingga sistem tubuh, saat menjelang tidur.

Perlu diketahui, saat malam hari, umumnya tubuh bersiap untuk istirahat, hal ini tentu juga berlaku untuk kerja metabolisme tubuh yang cenderung melambat saat tidur.

Hal ini bisa sangat terganggu, jika pemilihan bahan makanan saat malam hari, atau saat makan malam, dilakukan dengan asal.

Apa saja pilihan makanan yang tidak boleh dkonsumsi agar tidak mengganggu tidur?

Berikut 4 bahan makanan dan minuman yang sebaiknya tidak Anda konsumsi pada malam hari, utamanya saat menjelang tidur!

1. Makanan yang bersifat asam atau pedas

Mengonsumsi makanan atau camilan yang memiliki rasa asam atau pedas saat makan malam atau jelang tidur, bukanlah hal yang sebaiknya Anda lakukan.

doktersehat manfaat makan pedas
photo credit: Pexels

Hal ini akan mengganggu metabolisme pencernaan tubuh, produksi asam lambung bisa meningkat saat tidur. Kondisi ini tentu menyebabkan gangguan pada pencernaan yang bisa membuat kualitas tidur Anda terganggu. Kalaupun tidak, risiko gangguan pencernaan bisa menghantui pagi hari Anda.

Untuk itu, konsumsi makanan yang bersifat netral saat malam hari, hindari memilih makanan yang sangat asam atau masakan berbumbu pedas pada malam hari, ya.

2. Makanan yang banyak mengandung gas

Perut kembung atau begah membuat Anda sering terbangun hingga tidak bisa tidur? Bisa jadi hal ini karena pemilihan makanan yang banyak mengandung gas.

khasiat-minyak-biji-brokoli-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Makanan yang banyak mengandung gas dan dikonsumsi pada malam hari, utamanya waktu makan malam. Akan membuat kondisi pencernaan Anda terganggu karena produksi gas berlebihan pada 3-4 jam pasca makan malam.

Untuk itu, hindari konsumsi makanan, utamanya sayuran, yang banyak mengandung gas pada malam hari. Beberapa contoh sayuran yang banyak mengandung gas adalah brokoli, sawi dan buncis.

3. Minuman dingin atau es krim

Mengonsumsi minuman dingin, atau makanan bersuhu dingin misalnya es krim, saat jelang tidur, bukanlah hal yang dianjurkan.
es-krim-doktersehatSelain bisa menggangu kesehatan tenggorokan yang menyebabkan radang atau flu, minuman dan makanan bersuhu dingin cenderung mengganggu pencernaan dan sistem perkemihan.

Anda bisa jadi sering buang air kecil pada malam hari karena konsumsi minuman dingin yang umunya lebih banyak mengandung cairan.

4. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi adalah minuman yang bisa menghalau ngantuk, sehingga mengonsumsi minuman kopi pada malam hari atau jelang tidur, tentu sangat mengganggu kualitas tidur Anda.

fakta-kopi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi, dapat menyebabkan metabolisme tubuh meningkat sehingga rasa mengantuk justru terusir

Mengonsumsi kopi, yang juga memiliki kandungan zat yang bisa menggangu produksi asam lambung, juga bisa membuat pencernaan menjadi terganggu pada malam hari. Anda tentu tidak ingin terbangun saat tidur, karena perut yang tiba-tiba merasa perih akibat iritasi, bukan?