5 Makanan Ini Bisa Membuat Suasana Hati Memburuk

kopi-suasana-hati-doktersehat
Photo Source: Flickr/jonathanrh

DokterSehat.Com– Makanan atau minuman tertentu tak hanya akan membuat kita menghilangkan rasa haus atau dahaga. Dalam realitanya, ada beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi suasana hati dengan signifikan. Hal ini berarti, kita memang harus lebih cermat dalam memilih makanan.

Makanan yang Bisa Membuat Suasana Hati Memburuk

Jika kita sedang stres atau mengalami banyak masalah, ada baiknya lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman demi mencegah suasana hati menjadi semakin memburuk.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

  1. Kopi

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa memberikan semangat, khususnya jika dikonsumsi di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan dan kafein yang bisa memberikan efek tambahan energi. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut kopi sebaiknya tidak dikonsumsi saat suasana hati kita memburuk. Bukannya menambah semangat, bisa jadi hal ini akan membuat kita uring-uringan dan semakin tidak karuan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang bisa meningkatkan hormon stres di dalam tubuh. Memang, hal ini akan berimbas pada hilangnya rasa kantuk dan membuat kita menjadi lebih bugar, namun hal ini juga akan membuat suasana hati menurun, mudah cemas, gelisah, hingga jantung yang berdebar-debar.

  1. Margarin

Margarin seringkali digunakan saat mengolah roti atau makanan-makanan lain yang cenderung simpel dan mudah untuk diolah. Meski bisa membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, hal ini ternyata bisa membuat jumlah lemak jahat di dalam tubuh semakin meningkat. Hal ini juga bisa membuat peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, di dalam margarin juga terdapat kandungan asam lemak omega 6. Berbeda dengan asam lemak omega 3 yang baik bagi jantung dan pembuluh darah, asam lemak omega 6 justru bisa memberikan dampak buruk bagi suasana hati kita.

  1. Minuman Beralkohol

Banyak orang yang menjadikan alkohol sebagai pelarian dari suasana hati yang kacau. Masalahnya adalah bukannya membuat suasana hati membaik, kita akan merasa semakin tidak karuan.

Memang, saat minum alkohol, kita seperti bisa melupakan banyak hal. Sayangnya, di dalam otak akan mengalami penngkatan hormon stres yang membuat kita menjadi lebih cemas. Kadar hormon serotonin yang bisa membuat suasana hati membaik juga semakin menurun akibat hal ini.

  1. Buah dan Sayuran yang Diproduksi dengan Cara Non-Organik

Buah dan sayuran memang bisa membantu meningkatkan suasana hati, namun jika buah dan sayuran yang dikonsumsi adalah yang diolah dengan cara non-organik, bisa jadi akan membuat suasana hati kita menjadi semakin memburuk. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan masih ada sisa pestisida pada bahan-bahan makanan ini yang bisa memperburuk kondisi mental kita.

  1. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Makanan dengan kandungan pemanis buatan seperti permen atau minuman botolan memang nikmat saat dikonsumsi, namun jika kita sedang memiliki suasana hati yang buruk atau bahkan sudah terkena stres dan depresi, sebaiknya menghindarinya.

Kandungan pemanis buatan akan membuat tubuh kesulitan melawan stres. Kandungan ini juga bisa menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Sering mengonsumsinya juga bisa membuat kita lebih rentan terkena migrain atau sakit kepala.

Makanan yang Direkomendasikan Saat Suasana Hati Kurang Baik

Selain menghindari makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya kita mulai mengonsumsi makanan layaknya buah pisang, daging ikan, cokelat, atau oatmeal yang jutru terbukti bisa membantu meningkatkan suasana hati dengan signifikan dan mencegah masalah kesehatan mental.

 

Sumber:

  1. Malicdem, Darwin. 2019. Foods That Give You A Bad Mood. medicaldaily.com/foods-give-bad-mood-444993. (Diakses pada 4 November 2019).