Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Kombinasi-jus-cerahkan-kulit-doktersehat-1
  1. DokterSehat.Com– Makan dan minum setelah berolahraga memang sangat diperlukan. sebab, setelah aktivitas olahraga yang cukup melelahkan dan mengeluarkan banyak tenaga serta keringat, dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang membantu menggantikan energy yang hilang. Selain itu, juga untuk menjaga massa otot agar tidak terkikis setelah berolahraga.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan ketika makan dan minum setelah berolahraga adalah jenis makanan yang akan dikonsumsi, serta waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Umumnya, jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah makanan dan minuman yang kaya akan protein. Sedangkan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah 1 hingga 2 jam setelah olahraga. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bagus dikonsumsi setelah olahraga.

1. Susu Cokelat

Susu cokelat merupakan minuman pertama yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Minuman ini mengandung protein, karbohidrat, dan nutrisi penting seperti potassium. Kandungan tersebut dipercaya mampu memulihkan otot kembali setalah berolahraga. Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa susu cokelat merupakan minuman terbaik dibandingkan minuman khusus olahraga pada umumnya.

2. Keju

Keju kerap dijadikan sebagai topping makanan yang memiliki rasa gurih dan lezat. Umumnya, keju dikonsumsi di pagi hari saat sarapan yang dicampurkan dengan roti tawar. Keju mengandung protein tinggi seperti asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kembali pulih. Oleh sebab itu, keju merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

3. Jus Delima

selain susu cokelat, jus delima juga bisa menjadi pilihan minuman setelah berolahraga. Jus delima kaya akan antiosidan polifenol yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otot menjadi lebih sehat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dengan mengukur pengaruh jus delima pada kekuatan kaki dan lengan pada pria. Hasilnya, kekuatan otot pada pria yang meminum jus delima setelah berolahraga meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak meminum.